Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

2 Oct 2018

Pengertian Edmodo dan 8 Fitur Pentingnya



Dengan kian berkembangnya teknologi informasi, yang didukung oleh adanya atau kehadiran dari internet, tentu mempunyai berbagai macam dampak positif.

Salah satu contoh dari dampak positif tersebut dengan lebih mudahnya proses belajar-mengajar yang terjadi antara guru atau dosen dengan murid atau mahasiswa.

Contoh platform edukasi atau belajar itu adalah Edmodo. Edmodo menjadi contoh dari jejaring sosial yang mirip facebook, di mana mampu membantu guru dan siswanya dalam melakukan kegiatan belajar-mengajar menjadi lebih mudah.

Tidak hanya peranan penting antara guru dan murid, Edmodo juga menjadi platform yang bisa dipantau juga oleh orang tua. Lantas, mari kita memahami lebih dalam mengenai pengertian edmodo dan seluk-beluknya!

Pengertian Edmodo

Pengertian Edmodo
Edmodo, via edsurge.com

Edmodo adalah sebuah platform media sosial yang sering digambarkan sebagai Facebook untuk sekolah dan mampu berfungsi lebih jauh lagi, dengan berbagai macam kebutuhan.

Edmodo menjadi salah satu situs belajar yang menyediakan fasilitas belajar online antara guru dan siswa, tentu dengan bisa dipantau pula oleh orang tua masing-masing siswa.

Perlu diketahui, di dalam Edmodo, tersedia grup yang hanya bisa diakses atau dimasuki oleh para pelajar atau pengguna yang hanya memiliki kodenya saja. Jadi, tak sembarang orang, bisa masuk ke dalam grup tersebut.

Fitur grup tersebut juga bisa digunakan secara lebih jauh lagi sesuai dengan kebutuhan, seperti halnya kelompok grup, kelas, sekolah, atau bahkan beberapa sekolah di dalam 1 kota atau kabupaten.

Mengapa Harus Edmodo?

Mengapa Harus Edmodo?
Edmodo, via edsurge.com

Berbagai macam kelebihan atau keunggulan ditawarkan oleh Edmodo, seperti :
  1. Situs web belajar yang mirip seperti Facebook.
  2. Media belajar yang mudah untuk digunakan, bahkan bagi orang awam sekalipun.
  3. Bersifat closed group collaboration, yang berarti hanya untuk orang-orang yang mempunyai "group code" saja yang bisa mengikuti kelas tersebut.
  4. Gratis! Bisa diakses secara online dan bahkan sudah tersedia untuk smartphone.
  5. Tidak membutuhkan server sekolah.
  6. Edmodo menjadi platform yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja, sesuai dengan kebutuhan dari pengguna.
  7. Edmodo senantiasa diupdate sesuai kebutuhan oleh pengembang (developer).
  8. Edmodo tak hanya diperuntukkan bagi siswa dan guru saja, melainkan orang tua juga bisa memantau anaknya.
  9. Pengaplikasian edmodo yang begitu mudah, seperti halnya dalam 1 kelompok, 1 kelas, 1 sekolah, bahkan lebih meluas lagi yaitu antar sekolah dalam 1 kabupaten.
  10. Bisa juga digunakan sebagai sarana berkomunikasi dengan menggunakan model media sosial, learning material dan evaluasi.
  11. Edmodo memiliki fitur notifikasi atau pemberitahuan.
  12. Platform ini mendukung model team teaching, co-teacher dan teacher collaboration.
  13. Fitur lencana atau badge yang bisa meningkatkan motivasi belajar siswa.
  14. Dengan edmodo, antara siswa yang satu dengan yang lainnya bisa berinteraksi dengan mudah dan berdiskusi dalam pantauan langsung dari guru.
  15. Edmodo menjadi sarana yang tepat untuk dilakukan kuis ataupun ujian.
  16. Fasilitas yang diberikan adalah bahan ajar, berupa pertanyaan, foto, hingga video pembelajaran, sehingga bisa diunduh dengan mudah oleh siswa.

Fitur-fitur yang Ada di Edmodo

Fitur yang ada di Edmodo
Edmodo, via amazon.com

1. Polling

Polling merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengetahui pendapat umum. Biasanya, polling dilakukan menjadi sebuah ekspresi, sekaligus metode dalam mengetahui pendapat umum mengenai suatu isu atau masalah tertentu.

Nah, di Edmodo terdapat fitur polling. Fitur ini digunakan oleh para guru untuk bisa mengetahui tanggapan dari siswa akan hal tertentu.

Polling ini biasa digunakan untuk memperoleh feedback (umpan balik) secara instan, seperti :
  • Event yang sudah terjadi
  • Tugas
  • Karya paling menarik
  • dan lain sebagainya

2. Gradebook

Gradebook merupakan sebuah fitur yang hampir mirip seperti catatan nilai siswa atau mahasiswa. Fitur ini digunakan secara manual ataupun otomatis oleh guru.

Dengan gradebook, memungkinkan guru untuk melakukan manajemen penilaian hasil belajar dari seluruh siswa yang diampu olehnya.

Di edmodo, fitur ini bisa diekspor menjadi file berekstensi .csv. Untuk fitur yang satu ini, guru memegang akses penuh, sedangkan siswa hanya bisa melihat rekapan nilai berbentuk grafik dan penilaian secara langsung.

Fitur gradebook sangat membantu guru dalam membuat catatan nilai lebih terorganisir dan lebih efisien. Guru bisa dengan mudah menambah periode penilaian di progress book, menambah tugas dan nilai menggunakan komputer, setelah itu memantau nilai dari setiap murid dengan mudah.

Bahkan gradebook juga memungkinkan memantau progress atau kemajuan dalam proses belajar siswa, hingga bisa memantau peringkat siswa di suatu kelas.

3. File and Links

File adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dan tersimpan di dalam secondary storage, secara konsep, file ini mempunyai beberapa tipe data dan ada juga yang bertipe program.

Sementara itu, link atau biasa disebut dengan nama hyperlink merupakan acuan dalam dokumen hypertext ke dokumen lain atau mengacu ke sumber lain, seperti halnya suatu kutipan yang ada di dalam literatur.

File yang bisa disisipkan di edmodo seperti berekstensi :
  • .docx
  • .pptx
  • .xlsx
  • .pdf
  • dan lain-lain

Kadang, saat menjelaskan sesuatu, guru membutuhkan tambahan materi, seperti halnya gambar atau bahkan sumber referensi yang lengkap, sehingga siswa bisa lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan.

Hanya dalam waktu yang singkat, guru bisa mengunggah gambar, video, teks atau apapun yang menurutnya bisa meningkatkan rasa ingin tahu dari siswa saat sedang melakukan kegiatan belajar mengajar.

Tidak hanya materi berbentuk file, guru juga bisa menyisipkan link yang dijadikan sebagai sumber referensi yang bisa diakses oleh siswa dalam memahami suatu pelajaran lebih mudah lagi.

4. Quiz

Quiz, dalam bahasa Indonesia dinamakan dengan kuis, merupakan suatu bentuk permainan teka-teki.

Fitur yang satu ini hanya bisa dibuat oleh guru, sedangkan siswa tak memiliki akses sama sekali untuk membuat kuis. Siswa hanya bisa mengerjakan soal kuis yang sudah diberikan oleh guru.

Kuis sendiri digunakan oleh guru guna memberikan suatu bentuk evaluasi secara online kepada siswanya yang berupa pilihan ganda, isian singkat ataupun soal uraian.

Dengan menggunakan edmodo, perkembangan kuis juga lebih terarah dan bisa mengikuti perkembangan zaman, karena guru bisa membuat sebuah kuis dengan cara menyisipkan gambar atau video sebagai salah satu bahan pelengkap pertanyaan kuis.

5. Library

Seperti halnya perpustakaan, library mencakup buku-buku yang sudah disusun atau diatur sedemikian rupa, sehingga bisa mudah ditemukan atau digunakan oleh pengguna.

Di dalam library, guru bisa mengunggah bahan ajarnya, seperti :
  • Materi
  • Referensi
  • Presentasi
  • Gambar
  • Video
  • dan lain sebagainya

Fitur ini sendiri juga memiliki fungsi sebagai salah satu wadah guna menampung berbagai macam file dan link yang dimiliki oleh guru ataupun murid.

Fitur library sangat berguna bagi para guru yang kewalahan mempunyai ratusan bahkan ribuan file di komputer sekolah atau bahkan daftar bookmark yang sangat panjang untuk laman web yang digunakan sebagai materi belajar.

Library edmodo menyediakan kapasitas tanpa batas yang bisa membuatnya setiap guru untuk menyimpan, mengurutkan, membagi dan melakukan organisir terhadap berbagai macam dokumen hanya dalam 1 akun.

6. Assignment

Assignment atau tugas merupakan suatu kewajiban atau pekerjaan yang harus dilakukan oleh seseorang terhadap pekerjaannya.

Fitur tugas digunakan oleh guru yang memang digunakan sesuai dengan namanya, tugas, kepada siswa secara online. Kelebihan dari fitur tugas ini dilengkapi dengan adanya :
  • Deadline (batas terakhir mengerjakan)
  • Attach file (menyisipkan file)

Yang bisa memungkinkan siswa dalam berkirim tugas secara langsung kepada guru dalam bentuk file dokumen, baik itu docx, xlsx, pptx, pdf dan lain sebagainya.

Ada juga tombol "turn in" di kiriman tugas, yang memiliki fungsi sebagai penanda jika siswa sudah menyelesaikan tugasnya.

7. Award Badge

Lencana penghargaan merupakan salah satu bentuk dalam memberikan penghargaan kepada siswanya di edmodo.

Untuk memberikan suatu lencana penghargaan kepada siswa atau grup, biasanya guru akan menggunakan fitur ini. Dengan lencana penghargaan, maka bisa membuat track record (rekam jejak) siswa jauh lebih baik.

Guru bisa dengan mudah menyediakan berbagai macam lencana bagi siswa yang disiplin, tekun belajar, yang sudah mengerjakan kuis dan tugas lainnya dengan hasil yang sangat baik.

Tentu, dengan adanya lencana ini menjadi motivasi tersendiri untuk siswa dalam mengerjakan tugas dengan lebih baik lagi. Guru dimudahkan untuk mengatur dalam memberi lencana terhadap beberapa siswa secara sekaligus.

8. Parent Code

Setiap kali seorang siswa membuat akun sebagai siswa di edmodo, maka siswa tersebut otomatis akan memperoleh suatu parent code unik yang dapat dipergunakan oleh orang tua siswa tersebut dalam membuat akun khusus orang tua di edmodo.

Setiap orang tua hanya membutuhkan 1 parent account saja, yang mana bisa digunakan untuk memantau semua grup yang diikuti oleh siswa tersebut.

Dengan adanya fitur parent code, orang tua siswa bisa dengan mudah memantau berbagai macam aktivitas atau kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh anak-anaknya.

0 Komentar Pengertian Edmodo dan 8 Fitur Pentingnya

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top