Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

1 Oct 2014

Definisi, Ragam & Perkembangan Umum Sistem Operasi

Definisi, Ragam & Perkembangan Umum Sistem Operasi - Bagi yang masih awam mengenai TKJ (Teknik Komputer & Jaringan) serta belum mengerti apa itu Sistem Operasi, kita akan membedahnya disini. Simak dengan rinci!


Sistem Operasi


Pengertian Sistem Operasi
Sistem Operasi (Operating System atau biasa disingkat OS) merupakan perangkat lunak (software) yang bertugas mengatur, mengendalikan, perangkat keras (hardware) dan memberikan kemudahan bagi para pengguna dalam menggunakan komputernya.

Ragam Sistem Operasi
Sistem Operasi terbagi menjadi 3 kelompok besar, diantaranya :
  • Keluarga Microsoft Windows
  • Keluarga Unix
  • Keluarga Mac OS
Perkembangan Umum Sistem Operasi
Menurut Tanebaum, Perkembangan Sistem Operasi dibagi dalam 5 generasi. Perkembangan Sistem Operasi menurut Tanebaum.
  • Generasi Awal (1945-1955)
Generasi Pertama merupakan awal dari perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik dikarenakan kecepatan manusia untuk menghitung sangat terbatas dan seringkali manusia membuat kecerobohan bahkan kesalahan.

Pada generasi pertama ini belum adanya sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung oleh penggunanya.
  • Generasi Kedua (1955-1965)
Pada generasi kedua ini, telah memperkenalkan Batch Processing System, yaitu sebuah Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.

Generasi ini, sistem komputer belum dilengkapi oleh sistem operasi, namun, beberapa fungsi sistem operasi telah ada, seperti contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS & IBSYS.
  •  Generasi Ketiga (1965-1980)
Sistem operasi pada generasi ketiga umunnya dikembangkan untuk melayani banyak pemakai.

Sistem operasi menjadi multi user (digunakan oleh banyak pengguna), multi programming (digunakan melayani program yang banyak sekaligus) dan multi tasking (melayani banyak tugas dan pekerjaan/Batch Processing System).
  • Generasi Keempat (1980-2000an)
Pada generasi keempat ini telah menggunakan GUI (Graphical User Interface) alias antar muka komputer yang berbasis grafis yang nyaman serta mudah digunakan.
Pada generasi ini juga dimulainya era komputasi tersebar, dimana komputasi tidak lagi berpusat pada satu titik, tetapi dipecah di abnyak komputer sehingga kinerjanya menjadi lebih baik.
  • Generasi Selanjutnya
 Pada generasi ini telah diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi dan Sistem Operasi Bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti PC, Laptop, Notebook. Pada masa ini diperkenalkan Visualization System yakni satu komputer dapat diclonning secara virtual menjadi lebih dari satu komputer yang dapat bekerja secara bersama, Cross Platform Operating System (multiboot system) yang dapat menggabungkan dua atau lebih Sistem Operasi yang berbeda seperti Linux dan Windows.

Pada generasi ini merupakan sebuah awal tren Mobile Computing yang perangkatnya didominasi Android, iOS, Blackberry OS, Windows Phone, Windows Mobile dan Symbian.



Dibuat tanggal 01 Oktober 2014, Pada jam 16:30 WIB
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top