Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

12 Oct 2014

Pengertian dan Jenis Jaringan Komputer

Pengertian dan Jenis Jaringan Dasar - Penjelasan mengenai Konsep Dasar Jaringan Komputer beserta Jenis-jenis Jaringan Komputer. Kita akan menelaah jauh apa itu Jaringan Komputer dan Jenis jaringan Komputer.

DAFTAR ISI
  • Pengertian Jaringan Komputer
  • Tujuan membangun Jaringan Komputer
  • Manfaat Jaringan Komputer
  • Jenis-jenis Jaringan Komputer (PAN, LAN, MAN, dan WAN)

Pengertian dan Jenis Jaringan Dasar

Jaringan Dasar Kelas X SMK Kurikulum 2013

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan Komputer merupakan salah satu penghubung antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya untuk saling berbagi data maupun bertukar informasi.

Tujuan membangun Jaringan Komputer
Suatu Jaringan Komputer dibangun untuk membawa informasi secara tepat dan cepat tanpa adanya kesalahan dari pengirim menuju penerima (receiver) melalui media komunikasi.

Manfaat Jaringan Komputer
  1. Memungkinkan manajemen sumber daya menjadi lebih efisien
  2. Mempercepat proses bagi data/sharing
  3. Membantu usaha melayani client secara efektif
  4. Memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
  5. Multi User/Banyak Pengguna
  6. Mudah untuk melakukan Back Up data.

Jenis Jaringan Komputer
Jenis-jenis Jaringan Komputer terbagi menjadi 4, diantaranya seperti :

1. Personal Area Network (PAN)
Personal Area Network merupakan titik akses yang digunakan untuk berkomunikasi ke berbagai perangkat pribadi dengan menggunakan sistem yang berbasis komunikasi data personal ataupun perangkat komunikasi publik seperti Internet.

Seperti halnya tv, komputer, ponsel dan keamanan rumah dsb. Televisi dengan remote, Ponsel dengan Bluetooth, dan Keamanan Rumah lainnya seperti CCTV yang ada di dalam rumah. Jenis PAN ini hanya berjarak sekitar 1-10 meter saja, seperti halnya Bluetooth dan Remote.

2. Local Area Network (LAN)
Local Area Network merupakan titik akses yang sering digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi dan workstation dalam suatu kantor/gedung/perusahaan untuk memakai sumber daya secara bersama-sama dan saling bertukar data dan informasi dalam area tersebut.

Seperti halnya WiFi, Printer dsb. Karakteristik yang ada di dalam LAN adalah dengan radius maksimal 10km, dan umumnya berkecepatan tinggi 10Mbps hingga 1000Mbps.

3. Metropolitan Area Networok (MAN)
Metropolitan Area Network merupakan titik akses yang cara kerjanya hampir mirip seperti LAN namun MAN ini berukuran lebih luas dan dapat mencakup kantor-kantor/perusahaan dalam 1 kota untuk saling bertukar informasi. 

4. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network merupakan jaringan yang dapat mencakup daerah geografis yang lebih luas atau bahkan dalam 1 dunia agar saling bertukar data dan informasi sesama pengguna.


Dibuat pada tanggal 12 Oktober 2014
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top