Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

11 Oct 2014

Sejarah Pada Masa Klasik Hindu Budha

Sejarah Pada Masa Klasik Hindu Budha - Yang pertama kalinya, kita akan membahas mengenai Masa Hindu Budha di Indonesia. Masa Hindu Budha ini akan dipelajari di dalam Kelas X.

Agama Hindu Budha dapat masuk ke Indonesia dikarenakan dengan adanya hubungan perdagangan antara Indonesia dengan negara India, Tiongkok & Wilayah Timur Tengah.


Sejarah Pada Masa Klasik Hindu Budha
HINDU

Sejarah Kedatangan Agama Hindu di Indonesia
Agama Hindu mencapai dan datang ke Indonesia pada Abad Pertama. Ada beberapa teori yang menjelaskan kedatangan Agama Hindhu di Indonesia. Yang pertama Teori Vaishya. Teori Vaishya merupakan bahwa perkawinan yang terjadi antara Hindustan dengan Penduduk Asli Nusantara. Teori Kshatriya adalah bahwa para prajurit yang telah kalah dalam peperangan dari Hindustan, dan menemukan tempat penghapus lara, yakni di Nusantara. Teori Brahmana menyatakan, mengambil sudut pandang yang lebih tradisional, bahwa missionaris menyebarkan Agama Hindu ke sejumlah Pulau-pulau yang ada di Nusantara. Yang terkahir, Teori Bhumiputra ialah bahwa manusia pribumi Nusantara pergi ke dalam perjalanan yang jauh ke Hindustan.

Pada abad ke-4, Kerajaan Hindu yang pertama bermula di Kerajaan Kutai yang berada di Kutai, Kalimantan Timur, lalu Kerajaan Tarumanegara yang berada di Jawa Barat, dan Kalingga yang berada di Jawa Tengah.

Kerajaan Hindu yang menonjol di Nusantara ialah Kerajaan Mataram. Kerajaan Mataram yang terkenal akan Candi Prambanannya, dan diikuti oleh Kerajaan Kediri & Kerajaan Singasari.

Kepercayaan Agama Hindu
Sebuah keyakinan mengenai Trimurti, terdiri atas :
  • Brahma sebagai Pencipta,
  • Wisnu sebagai Pemelihara, dan
  • Syiwa sebagai Penghancur
Kitab Suci yang ada di Agama Hindu Dharma yakni Weda. Kitab Weda ini merupakan dasar dari Agama Hindu yang ada di Bali.

Acintya
Acintya
Sebuah keyakinan dalam satu keberadaan Maha Tinggi yang disebut "Ida Sang Hyang Widhi Wasa", "Sang Hyang Tunggal", "Sang Hyang Acintya".

Kerajaan Hindu di Indonesia
  1. Kerajaan Kutai. Kutai merupakan Kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan ini didirikan pada abad ke-4 Masehi. Raja Pertama ialah Kudungga. Dan Raja yang Terkenal ialah Mulawarman.
  2. Kerajaan Tarumanegara. Kerajaan ini merupakan Kerajaan Hindu tertua di Pulau Jawa. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-5 Masehi. Raja yang terkenal ialah Purnawarman.
  3. Kerajaan Kediri. Kerajaan ini terletak di Sekitar Kali Berantas, Jawa Timur. Kerajaan Kediri ini berjaya dibawah pimpinan Raja Kameswara yang bergelar Sri Maharaja Sirikan Kameswara.
  4. Kerajaan Singasari. Kerajaan ini terletak di Singasari, Jawa Timur. Kerajaan ini didirikan oleh Ken Arok.
  5. Kerajaan Majapahit. Kerajaan ini terletak di dekat Sungai Berantas, Jawa Timur. Dan puncak kejayaan agama Hindu di Indonesia ini pada masa Kerjaan Majapahit.
Peninggalan Agama Hindu di Indonesia

Yupa. Yupa merupakan prasasti penginggalan Kerajaan Kutai. Yupa dibangun pada masa Raja Mulawarman.

Prasasti. Prasasti peninggalan Kerajaan Hindu diantaranya :
  1. Prasasti Ciaruteun
  2. Prasasti Kebon Kopi
  3. Prasasti Jambu
  4. Prasasti Pasir Awi
  5. Prasasti Muara Cianten
  6. Prasasti Tugu
  7. Prasasti Lebak
  8. Prasasti Cidanghiang
  9. Prasasti Canggal
  10. Prasasti Kalasan
  11. Prasasti Dinoyo
  12. Prasasti Kedu
  13. Prasasti Sanur
Candi. Banyak sekali candi peninggalan Agama Hindu diantaranya :

Candi Prambanan
Candi Prambanan
  1. Candi Prambanan
  2. Candi Arjuna
  3. Candi Srikandi
  4. Candi Badut
  5. Candi Dieng
  6. Candi Canggal
  7. Candi Gedong
  8. Candi Penataran
  9. Candi Sawentar
  10. Candi Kidal
  11. Candi Singasari
  12. Candi Sukuh
Patung. Patung peninggalan Agama Hindu diataranya :
  1. Trimurti
  2. Dwarapala
  3. Wisnu Cibuaya I
  4. Wisnu Cibuaya II
  5. Rajasari
  6. Airlangga
  7. Ken Dedes
  8. Kertanegara
  9. Kertarajasa
Kitab. Kitab peninggalan Agama Hindu diantaranya :
  1. Cerita Parahyangan
  2. Kresnayana
  3. Arjunawiwaha
  4. Lubdaka
  5. Baratayuda


BUDHA

Sejarah Kedatangan Agama Budha di Indonesia
Agama Budha masuk ke Nusnatara pada abad ke 5 Masehi jika dilihat di dalam prasasti-prasasti yang ada di Nusantara. Pertama Kali dibawa oleh Pengelana yang berasal dari negeri China yang bernama Fa hsien. Kerajaan Budha yang pertama kali berkembang di Indonesia ialah Kerajaan Sriwijaya yang diperkirakan berdiri pada abad ke 7 sampai 1377 Masehi. Kerajaan Sriwijaya ini pernah menjadi suatu tempat pengembangan Agama Budha di Asia Tenggara. Dengan adanya buktipada catatan seorang Sarjana dari Cina yang bernama I-tsing yang melakukan perjalanan dari India ke Indonesia dan mencatat perkembangan Agama Budha di Indonesia itu. Juga ada biarawan budha yang mengunjungi Indonesia seperti Atisa, Dharmapala, Profesor yang berasal dari Nalanda dan Vajrabodhi penganut Agama Budha yang berasal dari India Selatan.

Kepercayaan Agama Budha
Ketahuilah para bhikku bahwa ada sesuatu yang tidak dilahirkan, yang tidak menjelma, yang tidak tercipta, yang mutlak. Duhai para bhikku, apabila tidak ada yang dilahirkan, yang tidak menjelma, yang tidak diciptakan, yang mutlak, maka tidak mungkin kita dapat bebas dari kelahiran penjelmaan, pembentukan, pemunculan dari sebab yang lalu. Tetapi para bhikku, karena ada yang tidak dilahirkan, yang tidak menjelma, yang tidak tercipta, yang mutlak, maka ada kemungkinan untuk bebas dari kelahiran, penjelmaan, pembentukan, pemunculan, dari sebab yang lalu.
Ungkapan di atas merupakan ungkapan dari Budha yang terdapat dalam Sutta Pitaka, Udana VIII : 3 yang merupakan sebuah konsep Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Agama Budha.

Kerajaan Budha di Indonesia
  1. Kerajaan Kalingga. Kerajaan ini berdiri sekitar abad ke 6 Masehi di Jawa Tengah. Pemimpin kerajaan ini dipimpin oleh Ratu Shima.
  2. Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan yang berdiri pada abad ke 7 Masehi dengan Raja pertama Sri Jayanegara. Kerajaan ini berpusat di Palembang, Sumatera Selatan di Muara Sungai Musi. Jaman keemasan kerajaan ini pada saat dipimpin oleh Raja Balaputradewa, putra dari Samaratungga.
  3. Kerajaan Mataram. Kerajaan ini diperintah oleh Dinasti Syailendra.
  4. Kerajaan Singasari. Kerajaan ini awal mulanya didirikan oleh Ken Arok. Di dalam kitab Pararaton. Ken Arok digambarkan sebagai pencuri dan perampok yang sangat sakti, sehingga Ken Arok menjadi buronan tentara tumapel.
Peninggalan Agama Budha di Indonesia

Candi. Candi peninggalan Agama Budha diantaranya :

Candi Borobudur
Candi Borobudur
  1. Candi Borobudur
  2. Candi Sewu
  3. Candi Plaosan
  4. Candi Mendut
  5. Candi Muara Takus
  6. Candi Jago
  7. Candi Sari
  8. Candi Pawon
  9. Candi Tikus
Prasasti. Prasasti peninggalan dari Agama Budha diantaranya :
  1. Prasasti Telaga Batu
  2. Prasasti Talang Tuwo
  3. Prasasti Kedukan Bukit
  4. Prasasti Karang Berahi
  5. Prasasti Kota Kapur
 Patung. Peninggalan patung agama budha di Indonesia diantaranya :
  1. Patung Budha
  2. Arca Bhumisparsa Mudra
  3. Arca Dhyana Mudra
  4. Arca Abhaya Mudra
  5. Arca Vitarka Mudra
  6. Dharmacakra Mudra
  7. Arca Vara Mudra
  8. Arca Budha
Kitab. Kitab peninggalan agama budha seperti :
  1. Negara Kertagama
  2. Sutasoma
  3. Pararaton
  4. Ranggalawe
  5. Arjunawiwaha


Dibuat pada tanggal 11 Oktober 2014
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top