Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

27 Nov 2014

Bahaya Mengikuti Kontes SEO

Bahaya Mengikuti Kontes SEO - Banyak blog atau website baru yang mengadakan Kontes Seo Terbaru. Padahal, ada yang lebih baik selain mengadakan Kontes SEO. Seperti beriklan di facebook dan lain-lain. Bahkan, banyak ratusan blog yang memosting mengenai Info Lomba SEO Terbaru ini. Mengapa Kontes SEO berbahaya?

Terkadang, Kontes SEO yang diselenggarakan mengiming-imingi hadiah dengan total Puluhan bahkan Ratusan Juta Rupiah agar dapat memikat Orang yang membacanya agar mengikuti Kontes tersebut.

Bahaya Mengikuti Kontes SEO

Bahaya Kontes SEO

Merusak Hasil Pencarian Google

Tentunya salah satu dampaknya ialah merusak hasil pencarian dengan kata kunci yang tidak baik. Sering kita ketahui, bahwa Kontes SEO itu pasti mencantumkan judul untuk Kontesnya. Terlebih, jika banyak yang ikut, hasil Pencarian akan rusak.

Bagaimana tidak? Disaat kita ingin mencari sesuatu dengan kata kunci yang telah tertarget, namun yang muncul pada halaman pertama itu Bukan Blog Asli pada kata kunci tersebut.

Melanggar Google Webmaster

Di sini dijelaskan jelas, bahwa kita menulis itu bertujuan untuk saling berbagi atau bertukar informasi. Dengan adanya Kontes SEO ini merupakan sebuah pelanggaran. Peraturan tersebut sebenarnya sudah tercantum pada Google Webmaster, seperti ini :
Pedoman Kualitas
Google Webmaster
Salah satu yang di beri kotak warna merah merupakan suatu Pedoman Kualitas yang berisi tentang Buat laman yang utamanya untuk Pengguna, bukan untuk Mesin Telusur.

Gambar tersebut menerangkan, buatlah konten/artikel dengan unik semenarik mungkin hanya untuk pengunjung yang membaca dapat betah di blog Anda, bukan melainkan untuk Mesin Telusur alias menjadi yang terbaik di Mesin Telusur.

Pengunjung yang nyaman di blog Anda pastinya akan mengurangi Bounce Rate, bahwa Pengunjung menyukai blog Anda begitu pula sama halnya dengan Google pasti akan lebih menyukai Blog Anda jika Konten yang disediakan memiliki Kualitas Tinggi di mata Pengunjung.

Begitulah sahabat, bahwa Kontes SEO ini tidak dilarang. Namun, bagi blog yang mengikuti dan sebagai penyelenggara Kontes SEO juga akan berbahaya, walau di atas hanya dicantumkan Pedoman Google Webmasternya.

14 Komentar Bahaya Mengikuti Kontes SEO

  1. Kalau menurut ane cenderung ke bounche rate gan..soalnya hasil di serp bukan niche asli blog tersebut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sobat, kalo bounce rate gede berarti kan reputasi blog tersebut jelek :)

      HB-1 (Owner)

      Delete
  2. Hehehehe baru tahu juga gan kalo ngikut konstes SEO ada hal nya yang berbahaya.
    benerut akang bener juga sih, menurut webmaster itu melanggar :v
    jadi gmana lebih baik solusinya gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan cuma pedoman yang enggak wajib atau bahkan wajib diikuti agar blog memiliki reputasi baik. Hendaknya kita hindari saja, bukan berarti dilanggar :)

      HB-1 (Owner)

      Delete
  3. Wah saya baru tau nih . . Mas, kalo ada kontes SEO dengan konten yang sudah diatur oleh penyelenggaranya, apakah tulisan di tiap blog akan dianggap plagiat oleh google?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja mas. Kan kalau kontes SEO banyak peraturan ini itulah. Terutama dalam judul yang ditetapkan

      Delete
  4. Love to read it,Waiting For More new Update and I Already Read your Recent Post its Great Thanks.

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Ok mas satriyo, terima kasih telah membaca bahaya mengikuti kontes SEO.

      Delete
  6. I high appreciate this post. It’s hard to find the good from the bad sometimes, but I think you’ve nailed it! would you mind updating your blog with more information?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai SEO, thank you for your appreciate (y)

      Delete
  7. Wah baru tahu saya kalau ikutin kontes SEO macam gini bisa bikin rusak hasil pencarian kita di SERP
    Untung aja kaga pernah ikut kontes macam gini hahaha ya meski duitnya gede tapi resikonya juga gede. Thanks for share om :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Masema, benar sekali dengan mengikuti kontes SEO bisa mengganggu blog kita dalam SERP. Saya juga belum pernah mengikutinya. Sama-sama, kunjungi lagi ya :)

      Delete

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top