Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

25 Nov 2018

Lengkap! 12 Cara Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia



Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Namun, sebagai seseorang yang mempunyai jiwa nasionalisme tinggi, sebagai seorang warga negara yang baik, kita hendaknya mampu menghargai jasa para pahlawan dan ikut serta dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Cara Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia


Cara Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Bendera Indonesia, via bersabda.com

1. Mendukung Perkembangan Produk Dalam Negeri


Jika beberapa tahun yang lalu, sempat heboh banyak yang menggunakan produk-produk dari luar negeri, namun ternyata sekarang semua itu bisa ditepis oleh para pengusaha lokal.

Walaupun memang benar, banyak produk-produk luar negeri yang bertebaran dengan kualitas yang tidak bisa dianggap remeh, namun Indonesia juga memiliki jenis barang yang serupa yang tak boleh dianggap remeh pula.

Indonesia di era milenial seperti sekarang ini sudah sangat pesat perkembangan dalam kewirausahaan, sehingga tidak menutup kemungkinan menjadi produsen handal dan mampu berekspansi dengan mengekspor produk-produk asli Indonesia yang berdaya saing internasional.

2. Ikut Serta Memajukan di Bidang Pendidikan


Sebagai seorang pelajar, kesuksesan di bidang pendidikan tak hanya terletak pada tenaga pengajarnya saja, melainkan peran serta dari peserta didik, kurikulum, menteri sebagai pemerintah dan lain sebagainya juga ikut ambil bagian atas hal tersebut.

Sementara itu, kita sebagai seorang peserta didik, untuk membantu memajukan sektor di bidang pendidikan, bisa dengan belajar giat dan tekun, demi meraih hasil maksimal.

Tidak hanya itu saja, generasi yang bagus juga tercipta dengan budaya sopan-santun dan keramahan yang terjalin, sehingga pelajaran yang didapat bukan hanya ilmu pengetahuan dan teknologi saja, melainkan juga ada pelajaran yang menyangkut soal kehidupan, salah satunya tata krama.

3. Melestarikan Budaya Asli Indonesia


Semakin maraknya budaya asing yang masuk ke Indonesia, harusnya kita sebagai warga negara yang baik bisa melakukan filter (penyaringan). Jika budaya asing tersebut baik, maka silakan diterima. Jika tidak, maka sebaliknya.

Budaya asing yang masuk ke Indonesia seharusnya dijadikan sebagai sebuah pelajaran atau introspeksi diri. Masalahnya, ada begitu banyak budaya di Indonesia, namun malah kita lebih peka terhadap budaya asing.

Setidaknya, kita tahu sedikit demi sedikit budaya yang ada di Indonesia. Jika tidak bisa menjaga atau melestarikan budaya Indonesia, setidaknya untuk tidak mudah menerima budaya asing dan tidak merusak budaya lokal milik Indonesia.

4. Berkompetisi dalam Meraih Prestasi


Peserta didik memang memiliki tujuan atau target untuk dididik menjadi pribadi yang cerdas dan intelektual di dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya itu saja, peserta didik dituntut untuk menjadi pribadi yang bermoral dan santun terhadap sesama. Setelah itu, terciptalah sebuah kebanggan tersendiri yang dinamakan dengan prestasi.

Prestasi bukan hanya saat berkompetisi dalam perlombaan, melainkan juga berkompetisi dalam kehidupan, berlomba-lomba menjadi orang yang baik dan berguna di lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

5. Menggunakan Produk Dalam Negeri


Seperti yang telah kita ketahui pada poin pertama, jika produk-produk Indonesia sekarang berdaya saing cukup tinggi.

Produk dalam negeri sudah terbukti memiliki kualitas yang tidak boleh diremehkan begitu saja. Bahkan, ketenaran produk dalam negeri hampir menyamai produk luar negeri.

Maka dari itu, banggalah menggunakan produk buatan dalam negeri. Contohnya banyak, seperti pada baju, sepatu dan lain sebagainya, justru malah lebih bagus produk dalam negeri.

6. Memperbaiki Sumber Daya Alam (SDA)


Sumber daya alam yang mampu dimanfaatkan dengan bijak atau baik, tentu mampu memberikan dampak yang baik juga bagi keberlangsungan hidup suatu individu atau suatu negara.

Jika sumber daya alam diolah dengan baik, seperti dimanfaatkan dalam hal yang positif dan masih dalam batas wajar, tentu itu akan sangat bermanfaat dan mampu mengurangi resiko terjadinya limbah.

Setidaknya jika menebang pohon untuk dijadikan kertas, alangkah baiknya alam diperbaiki lagi dengan ditanam kembali pohon yang serupa, agar ekosistem juga tetap terjaga.

7. Memperbaiki Sumber Daya Manusia (SDM)


Tidak hanya sumber daya alam saja yang perlu diperbaiki, melainkan sumber daya manusia juga harus cerdas dan professional dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Sumber daya manusia yang handal tentu akan berpikir dan tidak bertindak seenak jidat. Sumber daya manusia hebat akan menciptakan tenaga kerja hebat dan berdaya saing.

Jika sumber daya manusia hebat, tidak menutup kemungkinan Indonesia akan melahirkan sosok-sosok penting yang nantinya di generasi mendatang mampu membangun negara dengan pola pikir hebat dan kritis mereka.

8. Menghormati Antar Sesama


Sikap saling menghormati dan menghargai kepada sesama juga tidak boleh disepelekan begitu saja.

Jika kita disepelekan oleh orang lain, apa kita terima? Tentu tidak, bukan? Maka dari itu, belajar untuk menghormati dan menghargai orang lain terlebih dahulu.

Dengan menghormati dan menghargai juga membuat masyarakat lebih merasa aman, damai dan tenteram, sehingga tidak timbul konflik persaudaraan.

9. Menaati Peraturan dan Tata Tertib di Sekolah


Hidup di dunia tentu memiliki aturan masing-masing, yang sudah diatur dalam agama masing-masing.

Sama halnya dengan menimba ilmu di sekolah, ada peraturan dan tata tertib yang wajib ditaati oleh setiap individu di sekolah tersebut.

Demi tercipta peserta didik yang bermoral, maka peserta didik harus taat dan tunduk atas segala peraturan dan tata tertib yang sudah dibuat. Peraturan dibuat untuk ditaati, bukan untuk dilanggar.

10. Mengenalkan Budaya Indonesia Kepada Dunia


Tahu tidak, jika sebenarnya, orang asing itu memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan yang cukup besar dengan budaya Indonesia?

Mengapa demikian? Karena budaya Indonesia yang begitu beraneka ragam, unik dan tidak ditemui di negara para warga negara asing tersebut.

Maka dari itu, cobalah kita untuk mengenalkan kepada dunia tentang budaya yang kita miliki, agar budaya kita sendiri tidak diklaim oleh negara-negara lain, karena budaya adalah aset yang tak ternilai harganya.

Artikel terkait :

11. Siap Sedia dalam Membela Tanah Air


Jika dirasa ada ancaman dari luar yang masuk ke Indonesia, alangkah baiknya kita semua sebagai penduduk suatu negara harus siap sedia untuk mengatasi dan menolak ancaman tersebut.

Ancaman dari dalam maupun dari luar memang tidak bisa diprediksi kapan akan datang. Akan tetapi, jika kita membekali diri dengan ilmu, maka kita tidak akan mudah terprovokasi dan terhasut.

Maka dari itu, tidak hanya aparatur negara saja yang membela Tanah Air, melainkan kita semua sebagai warga negara yang baik juga harus siap saat dibebankan untuk membela Tanah Air.

12. Menolak Campur Tangan atau Intervensi Asing


Jika terdapat suatu masalah di dalam suatu negara, alangkah baiknya masalah tersebut ditutup rapat agar tidak luber ke negara tetangga, karena ini bahaya bisa dipelintir.

Selesaikan masalah yang ada dengan musyawarah, menerima masukan dari yang lain dan tidak egois dalam menanggapi suatu masalah. Yang terpenting, harus dengan pikiran yang terbuka.

Tolak saja jika ada campur tangan asing yang katanya membantu masalah, apalagi masalah vital tentang suatu negara, bisa-bisa mereka sedang memanfaatkan situasi untuk memecah belah kita.

Akan tetapi, lihat dulu campur tangan asing dalam hal apa? Jika mereka ikut serta membantu dalam hal bencana alam yang terjadi di Indonesia, maka diterima saja dan tidak boleh menolak.

Namun, jika sudah menyangkut persoalan suatu negara, seperti halnya pemerintahan, maka jangan sesekali mengikuti pola pikir dari campur tangan asing, karena bisa jadi itu adalah suatu jebakan.

Kesimpulan

Mempertahankan kemerdekaan Indonesia itu harus dimulai dari hati dan mengawalinya dengan niat. Tentu siapa saja bisa ikut serta dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Terlebih, kita sebagai generasi muda, generasi penerus bangsa, jangan mudah terprovokasi. Sebagai generasi muda, justru harus bisa cerdas dalam menyikapi segala sesuatu dan mengambil mana yang baik, membuang yang buruk.

7 Komentar Lengkap! 12 Cara Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

  1. Replies
    1. Hai Delia Siti, terima kasih banyak atas komentarnya ya :)

      Delete
  2. Izinkanlah saya menulis / menebar sejumlah doa, semoga Allaah SWT mengabulkan, antara lain mempercepat kebangkitan INDONESIA, memulihkan kejayaan INDONESIA, melindungi INDONESIA dari bencana. Aamiin yaa Allaah yaa rabbal ‘alamiin.

    Lebih dan kurang saya mohon maaf.

    Asyhaduu anlaa ilaaha illallaah wa asyhaduu anna muhammadarrasuulullaah

    A’uudzubillaahiminasysyaithaanirrajiim

    Bismillahirrahmaanirrahiim

    Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin,
    Arrahmaanirrahiim
    Maaliki yaumiddiin,
    Iyyaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin,
    Ihdinashirratal mustaqiim,
    Shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi ‘alaihim waladhaaliin

    Aamiin

    Bismillaahirrahmaanirrahiim

    Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin, hamdan yuwaafi ni’amahu, wa yukafi mazidahu, ya rabbana lakal hamdu. Kama yanbaghi lii jalaali wajhika, wa ‘azhiimi sulthaanika.

    Allaahumma shalli wa sallim wa baarik, ‘alaa Sayyidinaa wa Nabiyyinaa wa Maulaanaa wa Maulaanaa Muhammadin wa ikhwaanihii minal anbiyaa-i wal mursaliin, wa azwaajihim wa aalihim wa dzurriyyaatihim wa ash-haabihim wa ummatihim ajma’iin.

    ALLAAHUMMAFTAHLII HIKMATAKA WANSYUR ‘ALAYYA MIN KHAZAA INI RAHMATIKA YAA ARHAMAR-RAAHIMIIN.

    RABBI INNII LIMAA ANZALTA ILAYYA MIN KHAIRIN FAQIIR.

    RABBI LAA TADZARNI FARDAN WA ANTA KHAIRUL WAARITSIN.

    Rabbana hablana min azwaajina, wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw, waj’alna lil muttaqiina imaamaa.

    Allaahummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa

    “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada keturunanku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. Al-Ahqaaf: 15).

    Ya Allaah, percepatlah kebangkitan INDONESIA. Pulihkanlah kejayaan INDONESIA, Lindungilah INDONESIA dari bencana.

    Ya Allaah, jadikanlah INDONESIA baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur.

    Ya Allaah, terimalah amal saleh kami, ampunilah amal salah kami, mudahkanlah urusan kami, lindungilah kepentingan kami, ridhailah kegiatan kami, angkatlah derajat kami dan hilangkanlah masalah kami.

    Allaahumma innaa nas’aluka salaamatan fiddiini waddun-yaa wal akhirati wa ’aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wabarakatan firrizqi wa taubatan qablal mauti, wa rahmatan ‘indal mauti, wa maghfiratan ba’dal maut. Allahuma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil mauti, wannajaata minannaari wal ‘afwa ‘indal hisaab.

    Allaahumma inna nas aluka husnul khaatimah wa na’uudzubika min suu ul khaatimah.

    Allaahuma inna nas’aluka ridhaka waljannata wana’uudzubika min shakhkhatika wannaar.

    Allaahummadfa’ ‘annal balaa-a walwabaa-a walfahsyaa-a wasy-syadaa-ida walmihana maa zhahara minhaa wamaa bathana min baladinaa haadzaa khaash-shataw wamin buldaanil muslimuuna ‘aammah.

    ——(doa khusus untuk SELURUH RAKYAT INDONESIA YANG MENJADI KORBAN IMPERIALIS / KOLONIALIS 1511 – 1962 , semoga Allaah selalu mencurahkan kasih sayang kepada mereka).

    ALLAAHUMMAGHFIRLAHUM WARHAMHUM WA’AAFIHIM WA’FU ‘ANHUM
    ALLAAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRAHUM WA LAA TAFTINNAA BA’DAHUM WAGHFIRLANAA WALAHUM
    ———————

    Rabbanaa aatinaa fiddun-yaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw wa qinaa ‘adzaabannaar wa adkhilnal jannata ma’al abraar.

    Rabbanaa taqabbal minna innaka antassamii’ul aliimu wa tub’alainaa innaka antattawwaaburrahiim. Washshalallaahu ‘alaa sayyidinaa wa nabiyyinaa wa maulaanaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa ummatihi wa baraka wassallam.

    HASBUNALLAAH WANI’MAL WAKIIL NI’MAL MAULA WANI’MAN NASHIIR.

    Subhana rabbika rabbil ‘izzati, ‘amma yasifuuna wa salamun ‘alal anbiyaa-i wal
    mursaliin, walhamdulillahirabbil ‘aalamiin.

    Aamiin yaa Allaah yaa rabbal ‘aalamiin.


    Indra Ganie – Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Hai Alex Mercer, semoga bangsa dan negara kita, Indonesia tetap diberikan yang terbaik oleh Allah SWT :) aamiin.

      Delete
  4. Replies
    1. Hai Yudi Irawan, senang sekali bisa membantu Anda. Jangan sungkan-sungkan untuk singgah ke sini lagi ya! :)

      Delete

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top