Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

19 Nov 2014

Pengertian Aljabar Boolean


Ads

Ads
Pengertian Aljabar Boolean - Di sini, kita akan mempelajari tentang Materi Aljabar Boolean yang merupakan sebuah Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas 10 SMK. Kita akan mendefinisikan Pengertian Aljabar Boolean.


Pengertian Aljabar Boolean


Pengertian Aljabar Boolean
Aljabar Boolean merupakam rumusan matematika untuk menjelaskan sebuah hubungan logika antara fungsi dan pensaklaran digital. Aljabar Boolean memiliki 2 macam nilai logika. Hanya bilangan biner yang terdiri atas angka 0 dan 1 maupun pernyataan rendah dan tinggi.

Suatu fungsi logika atau operasi logika yang dimaksud pada Aljabar Boolean merupakan suatu kombinasi Variabel Biner seperti misalnya yang terdapat pada masukan dan keluaran dari suatu rangkaian digital yang dapat ditunjukkan bahwa di dalam Aljabar Boolean semua hubungan logika antar variabel biner dapat dijelaskan oleh 3 operasi logika dasar, yaitu :

  1. Operasi NOT
  2. Operasi AND
  3. Operasi OR
Operasi tersbut dijabarkan dalam 3 bentuk, yaitu :
  1. Tabel fungsi (tabel kebenaran) yang menunjukkan keadaan semua variabel masukan dan keluaran untuk setiap kemungkinan.
  2. Simbol rangkaian untuk menjelaskan rangkaian digital.
  3. Persamaan fungsi

Operasi Logika Dasar dalam Aljabar Boolean
  • Operasi Logika NOT. Fungsi NOT adalah untuk membalik sebuah variabel biner, misal seperti jika masukannya 0, maka keluarannya adalah 1. Operasi NOT juga disebut sebagai Operasi Invers. Operasi Invers adalah operasi yang mengubah logika 1 menjadi 0.
  • Operasi Logika AND. Fungsi AND ialah untuk menghubungkan paling sedikit 2 masukan variabel dan dapat lebih variabel masukannya mulai x0, x1 sampai xn dan satu variabel keluaran y. Variabel keluaran akan berlogika 1 hanya jika semua masukannya x0, x1 sampai xn dalam keadaan 1.
  • Operasi Logika OR. Fungsi OR ialah menghubungkan paling sedikit 2 masukan variabel dan dapat lebih variabel masukannya mulai x0, x1 sampai xn dan satu variabel keluaran y. Variabel keluaran akan berlogika 0 hanya jika semua masukannya x0, x1 sampai xn dalam keadaan 0.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top