Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

14 Jul 2018

LAN Card: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja (Lengkap)



Dalam membuat suatu Local Area Network (LAN) di dalam suatu jaringan komputer, maka dibutuhkanlah beberapa perangkat atau piranti pendukung, sehingga jaringan bisa tetap terhubung dan berjalan dengan lancar.

Salah satu perangkat yang dibutuhkan dalam suatu jaringan komputer ialah LAN Card, atau bisa juga disebut dengan nama Network Interface Card (NIC).

Sementara itu, jaringan komputer itu sendiri mempunyai pengertian sekumpulan komputer, yang mana terdiri atas 2 komputer atau lebih, yang saling terhubung/terkoneksi/tersambung satu sama lain, dengan menggunakan media kabel atau sinyal, yang memang bertujuan untuk bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

Bisa dikatakan jika LAN Card menjadi salah satu media pendukung yang memang memiliki fungsi atau peranan yang cukup vital, dalam membangun suatu jaringan komputer.

Pengertian LAN Card

Pengertian LAN Card
LAN Card, via spaceku.com

LAN Card merupakan sebuah kartu yang dipasang pada mainboard atau motherboard, di mana menjadi alat untuk menghubungkan komputer ke dalam sebuah jaringan.

LAN Card ini sesuai dengan namanya, bersifat terbatas, atau bisa dinamakan berada dalam area atau situasi tertentu saja, sehingga tidak luas jangkauannya.

Nama lain dari LAN Card seperti :
  • Network Interface Card (NIC)
  • Ethernet Card
  • Kartu Jaringan

LAN Card berbentuk kartu ekspansi yang dipasang pada slot PCI di motherboard komputer. Untuk bisa mengkoneksikan jaringan komputer, LAN Card pada umumnya menggunakan port RJ-45.

Dalam pemasangan LAN Card itu sendiri, biasanya harus dilakukan instalasi terlebih dahulu driver dari LAN Card itu, sedangkan adapula LAN Card yang sudah otomatis terinstall, tanpa harus menggunakan driver.

Seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, peran dari LAN Card dalam suatu jaringan komputer mulai tergeser keberadaannya dengan hadirnya perangkat wireless yang dianggap jauh lebih efektif dan lebih efisien, yang mana tanpa harus menggunakan media kabel.

Akan tetapi, tak sedikit juga yang masih menggunakan LAN Card dalam jaringan komputer, karena memang memiliki kelebihan yang sangat berguna, di mana kecepatan transfer data jauh lebih stabil dan optimal, bila dibandingkan dengan perangkat wireless.

Fungsi LAN Card

Fungsi LAN Card
LAN Card, via blossomzones.com

Seperti yang sudah disinggung sedikit pada informasi di atas, fungsi utama dari LAN Card sendiri sebagai media penghubung dalam jaringan komputer, untuk melakukan suatu pertukaran data.

Itu baru fungsi utamanya saja, masih ada banyak fungsi pendukung lain dari LAN Card ini, seperti :
  1. Mengontrol aliran data antar host atau antar komputer di dalam suatu jaringan
  2. Mempersiapkan data dari komputer, sehingga bisa dilakukan suatu transfer atau dikirimkan ke komputer yang lain, sehingga bisa berjalan melalui media penghubung
  3. Menerima data dari komputer melalui kabel dan diterjemahkan ke dalam bentuk bit yang bisa dimengerti oleh komputer
  4. Bermain game multiplayer (sesama PC maupun laptop)
  5. Berkomunikasi dalam satu area tertentu yang saling terkoneksi satu sama lain
  6. Membagi koneksi jaringan internet
  7. Mempermudah dalam membantu file sharing sesama jaringan
  8. Sangat membantu jaringan internet lokal di area tertentu, seperti sekolah, instansi, perguruan tinggi, warnet, dan lain sebagainya

Jenis-jenis LAN Card

Jenis-jenis LAN Card
LAN Card, via ebay.co.uk

1. LAN Card ISA

LAN Card ISA merupakan jenis LAN Card yang pertama kali diciptakan oleh perusahaan, yang bergerak dalam bidang jaringan komputer.

LAN Card ini memiliki slot yang berwarna hitam. Ciri lain dari LAN Card ISA ialah konektor output yang support atau mendukung untuk BNC dan RJ-45.

2. LAN Card PCI

LAN Card PCI diproduksi di tahun 1992 dan masih banyak dipergunakan hingga sekarang ini. LAN Card PCI juga menjadi pengembangan dalam menggantikan jenis LAN Card ISA.

LAN Card PCI mulai digunakan pada komputer generasi pentium 1 dan masih banyak digunakan di komputer generasi yang sekarang ini.

Bedanya, jika komputer dahulu mempunyai banyak slot untuk LAN Card PCI, berjumlah kurang lebih sekitar 5 slot, maka berbeda untuk motherboard komputer sekarang, yang mana hanya memiliki 1 slot saja.

3. LAN Card USB

Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian maju dan zaman yang kian canggih, para produsen mengembangkan LAN Card untuk port USB.

Tujuan dari adanya pengembangan LAN Card ini juga memudahkan penggunaan dari LAN Card dalam jaringan komputer, tanpa harus repot-repot membuka casing komputer, hanya cukup dengan menancapkan saja pada port USB.

Cara Kerja LAN Card

Cara Kerja LAN Card
LAN Card, via deskdecode.com

Dua atau bahkan lebih komputer tak akan bisa terhubung satu sama lain, apabila tak menggunakan suatu perangkat atau piranti jaringan, dalam hal ini contohnya LAN Card. Perangkat keras (hardware) ini menghubungkan setiap komputer ke dalam jaringan dengan cara menggunakan MAC Address.

Kinerja LAN Card tak akan lepas pengaruhnya dari OSI Layer. OSI menjadi salah satu model teoretis pada sebuah jaringan komputer, yang mana terdiri atas sebanyak 7 macam lapisan.

Untuk 2 lapisan pertama pada OSI Layer adalah lapisan fisik dan lapisan data link. Masing-masing lapisan OSI tersebut memungkinkan lapisan lain untuk bisa tetap independen.

Upaya melakukan upgrade atau mengganti 1 layer tak akan mempengaruhi independensi dari lapisan yang lain. Hal ini berarti jika ada perangkat yang menggantikan LAN Card, elemen komputer yang lain, seperti halnya protokol, maka tak akan berubah.

Sementara itu, fungsi dari data link pada LAN Card yang mebyediakan fasilitas penerimaaan data biner dari jaringan untuk tataran perangkat keras. LAN Card bisa dengan mudah mengenali aliran ini dan bahkan bisa memeriksa segala kesalahan yang ada.

Saat seorang pengguna komputer yang terhubung dengan jaringan untuk menyalakan komputer, maka akan terlihat sebanyak 2 buah lampu, yang satu berwarna hijau dan yang satunya lagi berwarna jingga. Lampu jingga ini akan terus tetap menyala saat lapisan data link dihubungkan.

Hal ini mampu mengindikasikan jika kabel tersebut bekerja, ada jaringan dan terdapat aliran data. Ada lampu kedua, yaitu lampu hijau, yang mana akan muncul saat lapisan berikutnya diaktifkan.

Sebuah LAN Card mampu berkomunikasi satu sama lain di dalam suatu jaringan komputer apabila jaringan tersebut memiliki switch atau jika 2 atau lebih komputer.

Apabila komputer di dalam jaringan ingin terhubung satu sama lain, maka komputer tersebut harus dihubungkan ke dalam suatu router atau switch, yang mana juga berada di dalam jaringan yang sama.

2 Komentar LAN Card: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja (Lengkap)

  1. Apakah memang benar jika LAN Card itu memiliki koneksi yang reliable?

    ReplyDelete
  2. Hai, Anonymous!

    Benar sekali! LAN Card memiliki koneksi yang jauh lebih stabil, karena penggunaan dari kabel, walaupun sedikit ribet.

    Jika tidak ingin ribet, bisa dengan koneksi wireless, tapi terkendala banyak sekali, seperti angin, hujan, bahkan dinding atau tembok bisa menghalau adanya sinyal :)

    ReplyDelete

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top