Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

7 Dec 2014

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Google?

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Google? - Proses Kerja suatu Mesin Pencari merupakan salah satu hal unik yang patut untuk ditelusuri. Tahap-tahap yang begitu panjang mereka kerjakan dengan waktu yang sangat singkat.

Cara kerja search engine Google yang begitu unik, dapat menghasilkan suatu hasil penelusuran yang berguna bagi orang yang mencarinya.

Spider


Proses Kerja Mesin Pencari Google

Hal pertama yang harus dipahami ialah saat melakukan suatu penelusuran Google, Anda sebenarnya sedang tidak menelusuri web, namun Anda sedang menelusuri Indeks web milik Google. Google melakukannya dengan perangkat lunak yang bernama Spider.

Spider memulai aktivitasnya dengan mengambil beberapa laman yang ada pada web, lalu Spider mengikuti laman-laman tersebut dan mengambil laman yang dituju, dan mengikuti semua tautan pada laman tersebut serta mengambil laman tertaut dan begitu seterusnya, sehingga Google mampu untuk Mengindeks Web yang cukup besar, milyaran laman disimpan pada ribuan komputer.

Katakanlah orang-orang mencari dengan mengetikkan kata kunci pada kotak penelusuran Google. Software Google akan menelusuri Indeks mereka untuk menemukan setiap laman yang mencakup kata kunci yang orang cari. Dalam hal ini, ada ratusan dari ribuan hasil yang mungkin dapat relevan.

Lalu, Bagaimana Google menemukan Laman yang benar-benar orang inginkan sesuai Kata Kunci yang mereka gunakan?

Salah satu caranya dengan menilai seberapa penting suatu laman web dengan berapa banyak jumlah tautan di luar yang menuju ke dalam sebuah laman tersebut dan seberapa pentingya tautan tersebut.

Dan akhirnya, Google akan menggabungkan semua faktor tersebut untuk dijadikan sebuah nilai keseluruhan tiap laman. Google berkomitmen untuk memberikan hasil penelusuran yang berguna, bermanfaat dan tidak memihak antara yang satu dengan lainnya.

Lihatlah kembali sebuah hasil penelusuran yang anda temui. Tiap entri terdiri atas judul, URL dan beberapa cuplikan teks untuk membantu orang-orang menentukan sendiri apakah laman web tersebut merupakan laman yang dicari. Maka, pentinglah sebuah Meta Tag Deskripsi untuk menampilkan sebuah cuplikan yang berguna untuk menunjang orang masuk ke dalam web anda.

Dan pada bagian bawah hasil penelusuran, merupakan salah satu saran dari Google atau pencarian terkait yang masih ada hubungannya dengan pencarian yang orang inginkan
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top