Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

4 Dec 2014

Beberapa Penyebab Artikel Blog Sulit Terindeks


Ads

Ads
Beberapa Penyebab Artikel Blog Sulit Terindeks - Tidak sedikit Blogger yang mengeluhkan mengapa artikel tidak terindeks oleh google. Padahal katanya optimasi sudah dilakukan agar artikel terindeks di mesin pencari Google. Banyak sekali faktor artikel tidak terindex oleh Google. Setidaknya, faktor ini merupakan salah satu rintangan yang harus dihadapi blogger.

Artikel yang tidak terindeks google tidak akan masuk dalam SERP. Beda halnya dengan artikel terindeks, maka akan bersaing dalam SERP.


Artikel Sulit Terindeks


Penyebab Artikel Sulit Terindeks

Dengan terindeksnya artikel, maka secara otomatis akan muncul dalam Kueri Pencarian yang pengunjung targetkan. Artikel tidak masuk dalam Halaman pertama Google bukan berarti Tidak Terindeks. Bisa saja terindeks, namun Artikel Blog muncul pada halaman belakang Google.

Untuk mengetahui apakah situs kita terindeks, maka dapat dengan mengetikkan sebagai berikut
site:urlblog

Contoh : site:http://www.habibullahurl.com/2014/12/beberapa-penyebab-artikel-blog-sulit-terindeks.html

Setelah itu, searching lah. Apakah blog terindeks atau tidak. Biasanya, jika terindeks, maka akan tampil Judul Artikel dan Cuplikan deskripsi seperti pada hasil pencarian Google yang lain. Lain hal jika tidak terindeks, maka akan muncul pesan bahwa artikel tidak terindeks.
Untuk lebih jelasnya lihat perbedaan antara yang Terindeks dengan yang Tidak Terindeks.

Terindeks
Terindeks Google
Terindeks
Tidak Terindeks
Tidak Terindeks Google
Tidak Terindeks

Penyebab Utama Artikel Blog Tidak Terindeks

Ada beberapa penyebab yang harus blogger ketahui mengapa artikelnya tidak terindeks. Beberapa faktor tidak terindeksnya artikel karena :
  • Adanya Sanksi dari Google
  • Backlink yang kurang
  • SEO yang buruk
Adanya sanksi dari Google seperti Google Sandbox sangat memberatkan sekali bagi blogger. Salah satu efeknya, yaitu ini Artikel Susah Terindeks atau bahkan Tidak Terindeks sama sekali. Dan terkadang, sulit juga untuk keluar dari Google Sandbox ini.

Yang kedua backlink yang masih kurang optimal untuk Artikel Blog. Pendapatan backlink yang bagus dari Blog yang memiliki Reputasi Luar Biasa di mata Google tentu akan mendorong Situs anda untuk naik ke Halaman Pertama, atau bahkan menjadi Jawara Halaman Pertama dengan keyword tertarget.

Yang ketiga, SEO yang buruk pada blog anda. SEO yang buruk itu dapat berupa Artikel yang Tidak Berkualitas, Pengoptimalan Onpage dan Offpage yang jelek. Maka, jika SEO jelek, otomatis blog tidak dapat bersaing dalam Halaman Pertama Google. Jika terindeks, sejenaklah untuk menundukkan muka karena paling hanya akan terindeks di Halaman Belakang Google.


Nah sekarang sobat sudah tau kan bedanya Terindeks dan Tidak Terindeks?
Artikel tidak masuk Halaman Pertama bukanlah berarti Tidak Terindeks. Dan Artikel yang Tidak Terindeks perlu adanya perhatian lebih untuk blog yang diurus.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top