Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

24 Dec 2014

Cara Berkomentar dengan Baik dan Benar

Cara Berkomentar dengan Baik dan Benar - Memberikan komentar, mungkin merupakan salah satu hal yang dianggap sepele oleh sebagian orang maupun blogger yang mengomentari situs yang tengah ia kunjungi. Berkomentar dengan menggunakan tata cara yang baik, tentu akan sangat berpengaruh dan memiliki kaitannya dengan SEO. Berkomentar secara buruk tentu akan dianggap sebagai SPAM.

Banyak orang yang melakukan BlogWalking dan meninggalkan jejak berupa komentar yang biasanya sangat tidak relevan dan itulah salah satu penyebabnya. Mereka meninggalkan komentar seperti "Nice post, nice artikel" dan sebagainya. Bahkan, pemandangan yang lebih tidak mengenakan lagi ialah berkomentar sambil beriklan!
Padahal, forum beriklan sangatlah banyak, mengapa harus beriklan di dalam sebuah artikel situs?


Memberi Komentar dengan Baik dan Benar


Contoh berkomentar buruk itu seperti :
  1. Nice post!
  2. Nice artikel
  3. Beriklan
  4. Tidak relevan sesuai konten yang sedang dibahas
  5. Meninggalkan link
  6. Pertamax
  7. Thanks atas infonya
Berkometar buruk seperti itu disebabkan oleh faktor :
  1. Kesengajaan
  2. Tidak mengerti akan konten yang tengah dibahas
  3. Terburu-buru
  4. Ingin berpromosi
Sebagai catatan, sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk anda berkomentar dengan hal di atas pada situs orang lain. Terlebih, dengan mencantumkan link atau secara sengaja ingin berpromosi, pasti akan dianggan SPAM oleh Pemilik Situs yang dikomentaris. Bahkan, hal yang paling memalukan ialah anda, bahkan situs anda (sang pengomentar) akan dianggap orang dan situs SPAM oleh Google!

Anda tahu, Google memiliki teknologi yang sangat canggi dan tidak diketahui oleh kita. Lalu, bagaimana cara membuang jauh-jauh komentar buruk itu? Apakah ada tips lain untuk berkomentar dengan baik dan benar pada situs orang lain? Tentu ada!

Cara Berkomentar yang Baik dan Benar

1. Memberikan Pertanyaan

Tak ada ruginya jika anda meluangkan waktu sejenak walau hanya 30 detik untuk membaca sebagian isi artikel situs yang tengah anda kunjungi. Jika memang ada kalimat atau materi yang dibahas dan dijelaskan terasa membingungkan menurut anda, ini lumayan sebagai ladang komentar dengan mengajukan sebuah pertanyaan yang jelas maksudnya.

Mengajukan pertanyaan seperti ini akan sangat lebih bagus ketimbang anda hanya memberikan komentar secara ala kadarnya atau bahkan memberikan link untuk berpromosi situs.

2. Memberikan Tambahan/Masukan Jika ada yang Kurang

Memberikan tambahan di sini bermaksud memberikan tambahan kalimat yang sekiranya belum ada di postingan yang akan dikomentari. Memberikan tambahan tentu akan sangat membantu Pemilik Situs bahwa di dalam artikel miliknya masih ada tekanan atau kalimat yang perlu diperbaiki atau ditambahkan.

3. Berkomentar dengan Sopan

Berkomentar dengan sopan itu sama halnya dengan tidak mengandung perkataan negatif, menyinggung, sara, atau bahkan porno. Komentar ini haruslah tidak menyinggung perkataan orang atau bahkan amarah Pemilik Situs akan menggebu-gebu.

Berkomentar baik-baik dengan santun sangatlah diharapkan. Karena dalam penelitian saat ini, sudah semakin jarang orang yang berkomentar dengan sopan bahkan memberikan cacian yang dapat mengundang amarah.


Komentar yang buruk perlu ditinggalkan karena dengan komentar seperti itu dapat menjadikan sebuah permusuhan.

Dengan berkomentar secara bijak, anda juga bisa memperoleh backlink, Meningkatkan Pengunjung Situs, dapat membangun tali silaturahmi dan mempererat hubungan baik antar teman atau bahkan mendapatkan teman baru.

Komentar yang baik mencerminkan keProfessionalan seseorang dalam Mengelola Situs. Tinggalkan kebiasaan buruk berkomentar, dan lakukan hal baru dalam membangun komentar seperti 3 cara ygn telah saya lakukan dan bagikan.

25 Komentar Cara Berkomentar dengan Baik dan Benar

  1. Ternyata Begini ya, Cara Berkomentar yang baik, saya mau tanya, contohnya itu bagaimana ya??
    Saya Belum begitu paham :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Contohnya ya hindari perkataan yang biasa-biasa seperti Nice Post. Sebisa mungkin berkomentar dengan memberi pertanyaan seperti komentar yang sedang mas ajukan di situs ini :)

      Delete
    2. Owh, Ternyata Begitu ya, Terima kasih atas Pencerahannya :)

      Delete
    3. Iya sama-sama mas :) semoga membantu

      Delete
  2. Saya sering melakukan hal seperti diatas, mungkin setelah membaca posting agan tentang Cara Berkomentar dengan Baik dan Benar saya bisa lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas tentu semoga lebih baik. Karena komentar dengan bermodalkan ala kadarnya juga berdampak buruk bagi situs :)

      Delete
  3. alhamdulilah saya menemukan artikel yang bermanfaat buat saya pribadi :) sukses terus buat blog nya :) slm kenal :)

    ReplyDelete
  4. artikel menarik,. cukup membantu bagi yang sedang belajar blogging..

    Budidaya Kroto

    ReplyDelete
  5. Terus Bagaimana cara mengatasi komentar blog yang sukanya hanya promosi blog saya sering di komentar tapi dalam komentar tersebut selalu ditanamkan link. hal ini membuat saya sebel dan muak. Tolong beri penjelasan bagaimana cara menghapus link tersebut dari blog?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan komentar dengan sistem moderasi, maka akan muncul dalam dashboard blogger komentar yang menunggu. Hapus saja komentar yang tidak berguna sama sekali terlebih mencantumkan link.

      Delete
  6. Tambahkan juga semacam peraturan berkomentar di blog. Setidaknya kita sudah memberikan himbauan kepada pengunjung... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat setuju. Akan tetapi peraturan untuk berkomentar tidak terlalu banyak karena justru akan menjadi buruk bagi blog kita, di mana orang yang hendak berkomentar justru enggan berkomentar karena melihat peraturan berkomentar yang sangat panjang.

      Delete
  7. nice, artikel mas
    memang benar sekali terlalu banyak blogger yang hanya mengambil kesempatan hanya untuk mencari backlink dan tanpa memperhatikan perasaan pemilik blog

    padahal kita sebagai pemilik blog bereharap dapat suatu komentar yang berbobot dan mampu memberikan masukan maupun pertanyaan yang membangun.

    saya juga berharap kedepanya para blogger indonesia mampu menjadi blogger yang berkualitas bukan hanya kuantitas. semoga dengan adanya artikel-artikel topik seperti ini membuat sadar dan mampu memberikan motivasi bagi blogger khususnya blogger SPAM ...... salam kenal suksespenuh.blogspot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang begitu. Asal meninggalkan jejak hanya untuk kepentingan pribadi dan tidak melihat kondisi yang sedang terjadi sesungguhnya. Berkomentar dengan baik dan relevan tentu dapat menyenangkan si Pemilik Blog dan tentu akan sangat disegani.

      Delete
  8. Mantap, ini artikel secara tidak langsung kena di hati para spammer semoga saja yang membaca menjadi sadar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, semakin sedikit jumlah Spammer, semakin bagus. Bagaimana dengan kondisi di Blog Masnya? Apa masih ada Spammer? Yuk berantas sama-sama! :)

      Delete
  9. Kebetulan saya baru belajar ngeblog nih gan.... terimakasih jadi pengetahuan buat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Asep Rudini, setiap belajar pasti ada langkah-langkahnya kok. Yang penting setiap teori yang didapat, wajib untuk dipraktikkan. Terima kasih kembali atas komentarnya :)

      Delete
  10. betul sob membangun tali silaturahmi memang sangat penting buat para blogger Indonesia, karena hal tersebut bisa menambah wawasan kita sebagai blogger....salam kenal sob!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, mulai dengan melakukan hal yang kecil seperti berkomentar dengan baik dan sopan juga bisa membangun tali silaturahmi lho :)

      Delete
  11. permisi mas, si pemula mau bertanya, apakah saya boleh mengkritik artikel orang lain jika ada yang kurang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sugama, tentu saja boleh! Asalkan dengan sopan ya :)

      Delete
  12. jejak allah habibullah
    sukses bareng-bareng lebih keren dibanding sukses sendirian ,, saya doa kan anda semua sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rizki Fadilah Ichsan, semoga kita bisa sukses bareng, sukses bersama ya, aamiin :)

      Delete

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top