Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

31 Dec 2014

Fungsi Daftar Isi pada Blog


Ads

Ads
Fungsi Daftar Isi pada Blog - Daftar Isi memang perlu dicantumkan pada sebuah buku. Tidak hanya buku, bahkan situs/website pun juga memerlukannya agar tetap SEO Friendly.  Cara membuat daftar isi/sitemap itu begitu mudah. Kita dapat menggunakan script atau dapat membuatnya secara manual. Namun, di sini yang akan kita bahas adalah Fungsi Daftar Isi pada Situs.

Daftar Isi merupakan laman yang berfungsi untuk mempermudah pengunjung mencari artikel yang disediakan di dalam laman situs, dan bahkan dapat memuat konten situs secara berkeseluruhan.

Fungsi Daftar Isi

Fungsi Daftar Isi

1. Mempermudah Mencari Artikel

Dengan disediakannya peta situs, mempermudah pengunjung untuk mencari artikel lain yang ada pada halaman situs anda. Cara ini lebih efektif ketimbang pengunjung harus mencari kesana kemari, mengklik tautan older post atau artikel lainnya dan sebagainya.

2. Sebagai Alat Navigasi Situs

Daftar isi juga merupakan salah satu bagian dari sebuah alat navigasi yang dapat sebagai menjadi pelengkap sebuah situs. Dengan adanya navigasi lengkap, tentu akan mempermudah pengunjung untuk mencari-cari konten pada laman situs milik anda.

3. Mempermudah Pengindeksan

Tentu, selain mempermudah pengunjung mencari artikel situs, tidak ketinggalan pula bahwasanya daftar isi juga berpengaruh ke dalam pengindeksan. Adanya daftar isi, spider dapat dengan mudah melakukan indeks pada laman anda dan akan lebih cepat prosesnya.

4. Sebagai Internal Link

Internal Link atau dalam bahasa Indonesia merupakan Link yang masuk ke dalam Laman Situs milik senidir. Dengan adanya daftar isi ini tentu akan lebih membantu menaikkan situs anda di dalam hasil penelusuran google.

5. Memberi Gambaran Situs yang Baik

Adanya daftar isi dapat memberikan sebuah gambaran yang baik mengenai laman situs. Gambaran yang baik ini merupakan salah satu pertanda bahwa situs dibuat dengan kesungguhan nyata dan bukanlah sebuah lelucon yang dibuat secara main-main saja.

Sebenarnya, masih ada lagi fungsi daftar isi yang lain yang tidak kalah penting. Namun, saya ringkas dalam satu kesatuan yang utuh pada 4 poin penting di atas.
Dengan adanya daftar isi tentu akan sangat berpengaruh dalam proses penigndeksan spider yang dapat membantu dan mempermudah pengindeksan. Serta, dapat menghindari adanya duplikat posting di berbagai label/kategori situs.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top