Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

24 Dec 2014

Kerugian Melakukan Copy Paste (Copas) bagi Blog


Ads

Ads
Kerugian Melakukan Copy Paste (Copas) bagi Blog - Copy Paste merupakan suatu perilaku/perbuatan yang sangat buruk dan tidak dianjurkan. Dampak negatif Copy Paste (Copas) dapat menimbulkan efek yang yang jelek pada sebuah blog. Dengan melakukan Copy Paste dan menempatkan hasil Copy Paste tersebut artikel blog, tentu tidak akan memberi manfaat sama sekali.

Blog yang baik merupakan blog yang mampu memproduksi sendiri karya tulisnya, tidak melakukan Copas di berbagai Website yang ada pada Internet. Membuat artikel dengan kerja keras sendiri tentu akan membuat pengunjung senang untuk membacanya.

Terkadang, blog yang memiliki konten yang dimana konten tersebut hasil tulisan sendiri, akan dipandang baik oleh Pengunjung, terlebih lagi oleh Google. Google akan sangat menghargai postingan hasil karya sendiri ketimbang hasil Copy Paste dari berbagai sumber.


Copy Paste



Penyebab utama melakukan Copas biasanya dikarenakan karena blogger kekurangan ide atau bahkan tidak memiliki ide sama sekali untuk diposkan ke dalam blog mereka. Dan alhasil, jalur yang dilalui terpaksa untuk mempercepat proses posting dengan melakukan Copy Paste yang tidak dianjurkan sama sekali.

Tentu, Traffic Blog akan menurun, karena orang-orang tahu bahwa artikel tersebut hasil Copy Paste. Terlebih lagi, orang tidak akan sungkan untuk mengunjungi blog anda apalagi membaca isi artikel anda karena terbukti artikel blog anda merupakan artikel yang berasal dari hasil Copy Paste.

Beberapa Kerugian Copy Paste bagi Blog, diantaranya :

Dijuluki Blog Copas

Dengan memanfaatkan Copy Paste untuk membuat sebuah postingan untuk mengisi blog mereka secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama mereka melakukannya, seiring berjalannya waktu, orang-orang  bahkan teman blog anda akan menjuluki anda Tukang Copas! Tidak hanya orang-orang yang membencinya, Google pun akan membencinya juga.

Jika perilaku Copy Paste ini terus dibudayakan, jika pengunjung telah mengetahui kejelekan anda, pengunjung akan benci kepada blog anda. Dan lebih parahnya lagi, pengunjung mungkin tidak akan sudi untuk kembali mengunjungi blog anda lain waktu.

Blog Dihapus oleh Google

Saat ini, blog yang dihapus oleh Google tidaklah asing lagi. Mengapa Blog Copas dapat dihapus Google? Jelas bisa, karena Google sangat membenci Blog Copas, terlebih lagi jika Artikel yang di Copas memiliki Hak Cipta. Tidak jarang kejadian seperti ini terjadi.

Salah satu contohnya ialah Blog Terselubung yang sangat fenomenal!
Blog tersebut dihapus oleh Google karena telah terbukti artikel di dalamnya merupakan artikel hasil Copas! Mengenai Blog Terselubung ini, merupakan blog yang berbagi mengenai hal-hal unik.

Tidak Kreatif

Blog yang artikelnya hasil Copas merupakan blog yang dapat dibilang tidak kreatif. Pada nyatanya, mereka tidak dapat untuk mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki untuk membuat artikel mereka sendiri untuk dipublikasikan. Akhirnya, mereka hanya bisa mengandalkan usaha Copas dari blog lain dan menerapkan hasil Copas tersebut di blog mereka.

Tidak akan Diterima Google AdSense

Salah satu persyaratan mendaftar AdSense ialah memiliki Blog yang 100% terdiri atas artikel murni alias hasil tangan sendiri/original. Jika di dalam blog masih ada artikel Copas, jangan harap anda dapat diterima Google AdSense.

Walupun diterima, namun pada hari berikutnya, Akun AdSense anda akan langsung di banned oleh Google!
Google akan segera memutuskan kerjasama dengan Blog anda, karena blog dianggap sama sekali tidak mmemiliki nilai di mata Google.

Membuat Amarah Penulis Aslinya

Benar adanya jika Artikel yang di Copas oleh orang lain dapat membuat amarah Penulis Asli memuncak. Lihat saja Daftar Pencuri Artikel yang ada di blog saya. Mengapa saya memasangnya? Saya terpaksa memasangnya karena saya kesal dengan orang-orang yang mengCopas seluruh artikel saya dan lebih parahnya mereka tidak menyertakan sumber.

Mereka tidak kreatif, tidak mau berusaha dan hanya menginginkan segala sesuatu yang instan-instan saja. Coba sekarang anda bayangkan, jika artikel blog anda di Copas orang lain? Apa yang akan anda lakukan? Apakah diam? Tentu akan marah bukan?


Lebih baik untuk membuat artikel original/asli daripada hasil Copas. Karena yang kita tahu bahwa untuk bermain blog tidak begitu mudah, butuh proses dan tidak instan. Sekali lagi, bahwa perbuatan Copy Paste itu tidak akan memberikan keuntungan, melainkan akan menimbulkan kerugian pada blog yang anda miliki.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top