Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

27 Dec 2014

Penyebab Akun Google AdSense Dibanned

Penyebab Akun Google AdSense Dibanned - Tidak sedikit blogger, terlebih mereka yang pemula mengeluhkan terjadinya Banned pada akun Google AdSense (GA) mereka. Padahal, mereka sendiri mengungkapkan tidak melakukan pelanggaran yang menyebabkan terjadinya dibanned.

Sebenarnya, jika kita telusuri lebih dalam, banyak penyebab akun AdSense dibanned yang kita tidak ketahui. Itu karena kita sering menganggap sepele terhadap peraturan yang diberikan kepada kita dan terkadang kita tidak membaca peraturan tersebut sama sekali. Sangat mubazir bukan jika kita sudah susah mendaftarkannya namun seiring berjalannya waktu harus berada dalam kondisi seperti yang telah dijelaskan?


Penyebab Google AdSense Dibanned


Saat anda mendaftarkan situs anda atau bahkan sebelum mendaftarkannya, alangkah baiknya anda harus mengetahui persyaratan yang harus dipatuhi agar tidak terjadi hal yang tidak inginkan suatu saat nanti. Dengan cara ini, situs anda yang telah diterima penuh untuk memasang iklan akan selalu aman dan terhindar dari yang namanya banned.

Beberapa Penyebab Akun AdSense Dibanned

1. Klik Tidak Valid

Klik tidak valid di sini memberikan maksud bahwa klik yang terjadi pada iklan AdSense di dalam situs anda merupakan klik yang dapat dianggap dengan klik secara sengaja. Entah itu oleh kita sendiri ataupun orang-orang. Terlebih, kita tidak boleh mengklik iklan AdSense milik kita sendiri. Ingat, Google memiliki kemanan yang tangguh dan tinggi yang kadang tidak terfikirkan oleh kita.

Iklan AdSense itu sendiri harus benar-benar murni di klik oleh pengunjung yang datang menjelajahi situs dan melihat ada sebuah iklan yang bisa disebut pengaturan iklan yang begitu menarik, dan untuk selanjutnya mereka pasti tertarik untuk mengklik iklan tersebut. Salah jika anda menggunakan jasa orang untuk mengklik iklan AdSense.

2. Memberitahukan Kepada Orang-orang untuk Mengklik Iklan

Dalam poin kedua ini masih ada sangkut pautnya dengan poin pertama Klik tidak valid. Menganjurkan orang di sekitar anda bahkan orang yang sedang menjelajahi situs anda untuk mengklik iklan AdSense merupakan perbuatan yang tidak perlu dilakukan dan harus dihindari jika tidak ingin terkena banned. Terlebih, anda memberikan iming-iming bahkan tidak main-main, iming-iming yang anda berikan berupa uang jika orang tersebut mau untuk mengklik iklan AdSense pada situs anda. Ini tentu tindakan yang sangat salah!

Contoh penerapan yang salah seperti :
  1. Untuk membuka tombol unduh, mewajibkan pengunjung mengklik iklan
  2. Harus mengklik iklan agar muncul password untuk membuka file yang diunduh
  3. Dengan memberikan tulisan Sebagai donasi, silakan klik iklan di bawah ini dan tulisan-tulisan yang melanggar lainnya

3. Memasang Iklan Tidak Sesuai Penempatan yang Benar

Penempatan iklan pada situs pun perlu diperhatikan dan sangat berpengaruh bagi akun AdSense. Perilaku penempatan iklan yang baik boleh dipasang di sidebar, di atas maupun bawah artikel situs dan sejenisnya.

Namun, buruk jika penempatan harus dipasang dengan iklan melayang di sisi kiri dan kanan situs serta bagian sejenisnya. Terlebih jika iklan tersebut muncul tepat di tengah situs dengan keadaan melayang yang sangat mengganggu orang-orang yang sedang menjelajah situs serta mewajibkan orang-orang untuk mengkliknya. Tentu, perbuatan ini seiring berjalannya waktu pasti akan ketahuan. Seperti pepatah, Sepandai-pandai tupai melompat pasti akan jatuh juga.

Contoh pemasangan iklan yang buruk misalnya :
  1. Iklan popup
  2. Meletakannya di sidebar dengan dipasang elemen sticky widget
  3. Iklan pada tengah-tengah artikel
  4. Iklan teks yang menyerupai tautan dalam artikel
  5. Menyamarkan iklan dengan elemen pada situs

4. Melanggar Kebijakan Program AdSense

Hal yang dilakukan oleh admin pada situsnya secara tidak wajar juga akan berdampak buruk bagi akun yang dibanned. Hal yang tidak boleh dilanggar seperti :
  1. Konten yang di dalamnya Copy Paste (Copas) alias bukan konten asli
  2. Memberikan kata kunci yang terlalu berlebihan di dalam artikel
  3. Situs yang memuat iklan saja dan tidak mementingkan kepentingan pengunjung dengan konten yang tidak padat
  4. Konten terlarang seperti perjudian, obat-obatan dan sebagainya
  5. Memberikan tautan iklan tersembunyi pada sebagian kalimat di dalam artikel
  6. Menyalahi peraturan penempatan iklan yang tidak sesuai dengan apa yang dianjurkan
Nah poin-poin di atas memang perlu diperhatikan agar Akun AdSense anda terbebas dari yang namanya banned. Melakukan sesuatu sesuai dengan aturan mainnya akan lebih berharga ketimbang anda bermain curang, tentu suatu saat nanti anda akan dicuranginya.

28 Komentar Penyebab Akun Google AdSense Dibanned

  1. Baru tau, mas, Thx For Share, Walaupun di blog ane Blum ada AdSense, saya belajar dulu :) Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, alangkah baiknya memang belajar dahulu sebelum melakukannya :)

      Delete
  2. mudah mudah an ane gk di banned , makasih ya gan informasi nya pas banget nih ane punya aku adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak akan dibanned selama situs yang mas miliki masih tetap mengikuti aturan yang berlaku :)

      Delete
  3. sebelum main adsense, harus tahu banyak tentang adsense. yang terpenting buat artikel asli. ok gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, memiliki ilmu dengan kegiatan yang akan ditekuni lebih baik :)

      Delete
  4. wah jadi karena faktor ini ga saya dibanned, makasih infonya gan. semoga nanti ga saya gak banned lagi setelah baca artikel agan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas, saya juga sudah pahami baik-baik semoga nanti tidak ada yang mengganjal agar AdSense tetap berjalan dengan semestinya :)

      Delete
  5. mau nanya kalau di baned google , yang di baned akun adsense nya , dan sudah di cek di situs baned tapi tidak di baned , pertanyaan saya :
    1.untuk banding misalnya sudah sekali banding tidak di terima , apa bisa mengirimkan banding lagi , dan apa ada makksimal untuk mengirimkan banding berapa kalinya
    2.jika membuat akun adsense baru dengan KTP baru ( ktp yang lain / beda alamat ) tapi masih alamat blog yang sudah di baned akun adsense nya tersebut masih ada peluang diterima ga ya.. ( bukan baned blog nya lho ya / tapi di baned akun adsense nya ) , bos2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang nomor petama saya kurang tahu jelas karena saya belum pernah merasakan banned mas. dan untuk nomor dua kayaknya sih masih bisa, coba di spin

      Delete
    2. mas spin itu apa dan bagaimana cara spin nya mas

      Delete
    3. Spin itu maksudnya memutar kalimat artikel. Atau bisa juga dengan mengaitkan satu kata dengan kata lain yang ada sangkut paut/sinonim. Contoh spin seperti

      "artikel" menjadi "konten" menjadi "isi artikel" "tulisan"

      begitu mas :)

      Kalau cara spin ada website yang mengaturnya..

      Delete
  6. nice inpo mas :D, saya sudah mencoba daftar adsense malah gk pernah di aprove :v . rencananya mau coba daftar lagi , ada solusi kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti di approve mas, baca mas artikel terdahulu "cara mendaftar google adsense agar diterima". tenang mas, saya juga sama seperti anda ditolak melulu, tapi kuncinya jika ada yang salah benarkan dan coba lagi :)

      Delete
  7. terus kalo sudah kebanned gimana cara mengembalikannya mas? saya sudah banding tapi belum dapat reply.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu saja balasannya mas, dan jangan lakukan kesalahan lagi, kalau banding diterima.

      Delete
  8. makasih infonya gan,,kebetulan baru diterima ga, jadi pingin cari tahu agar tdk kena banned,..oya gan sy mau nanya nih soalnya masih bingung ada yg saya baca dari berbagai sumber katanya boleh pasang iklan GA ditengah postingan,,tapi dipostingan agan tidak boleh, mana yg bener ya..?? trims..salam kenal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengantisipasinya, lebih baik masnya jangan di pasang di tengah iklannya, karena akan samar dengan artikel. Mendingan di awalan atau akhiran post aja, lebih aman. Alhamdulillah sampe sekarang saya ngga di banned, semoga masnya juga ngga di banned dan sukses dari adsense ya mas, aamiin :)

      Delete
  9. Gooodd. makasih min, infonya mantab banget

    ReplyDelete
  10. wah, akhirnya dapat ilmu baru nich.. terima kasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmu baru itu sebaiknya langsung dipraktekkan mas.

      Delete
  11. susah juga ya mempertahankan google adsense itu..hehe trims sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah namanya bekerja sama dengan Perusahaan Pengiklan Terbesar di dunia mas, kita juga harus tunduk dan patuh dengan Syarat Ketentuannya.

      Delete
  12. Saya tergoda untuk menggunakan sticky widget, melanggar tos ya gan. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan mas, rekomendasi saya jangan gunakan Sticky Widegt untuk Pemasangan Iklan Google AdSense.

      Delete
  13. Artikel ini pasang iklan di tengah-tengah tulisan. Melanggar:
    3. Iklan pada tengah-tengah artikel
    Atau bukan yg begitu maksudnya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang benar pemasangan artikel di tengah itu sangat buruk, di mana mengganggu konsentrasi pengunjung saat mereka tengah membaca. Sebenarnya kami salah, dan makanya menaruh ukuran iklan kecil di sana. Jadi alangkah baiknya, jangan paksakan tempatkan di tengah, atau boleh dipasangkan jika CTR sedang rendah-rendahnya :D

      Delete

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top