Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

27 Dec 2014

Penyebab Akun Google AdSense Dibanned


Ads

Ads
Penyebab Akun Google AdSense Dibanned - Tidak sedikit blogger, terlebih mereka yang pemula mengeluhkan terjadinya Banned pada akun Google AdSense (GA) mereka. Padahal, mereka sendiri mengungkapkan tidak melakukan pelanggaran yang menyebabkan terjadinya dibanned.

Sebenarnya, jika kita telusuri lebih dalam, banyak penyebab akun AdSense dibanned yang kita tidak ketahui. Itu karena kita sering menganggap sepele terhadap peraturan yang diberikan kepada kita dan terkadang kita tidak membaca peraturan tersebut sama sekali. Sangat mubazir bukan jika kita sudah susah mendaftarkannya namun seiring berjalannya waktu harus berada dalam kondisi seperti yang telah dijelaskan?


Penyebab Google AdSense Dibanned


Saat anda mendaftarkan situs anda atau bahkan sebelum mendaftarkannya, alangkah baiknya anda harus mengetahui persyaratan yang harus dipatuhi agar tidak terjadi hal yang tidak inginkan suatu saat nanti. Dengan cara ini, situs anda yang telah diterima penuh untuk memasang iklan akan selalu aman dan terhindar dari yang namanya banned.

Beberapa Penyebab Akun AdSense Dibanned

1. Klik Tidak Valid

Klik tidak valid di sini memberikan maksud bahwa klik yang terjadi pada iklan AdSense di dalam situs anda merupakan klik yang dapat dianggap dengan klik secara sengaja. Entah itu oleh kita sendiri ataupun orang-orang. Terlebih, kita tidak boleh mengklik iklan AdSense milik kita sendiri. Ingat, Google memiliki kemanan yang tangguh dan tinggi yang kadang tidak terfikirkan oleh kita.

Iklan AdSense itu sendiri harus benar-benar murni di klik oleh pengunjung yang datang menjelajahi situs dan melihat ada sebuah iklan yang bisa disebut pengaturan iklan yang begitu menarik, dan untuk selanjutnya mereka pasti tertarik untuk mengklik iklan tersebut. Salah jika anda menggunakan jasa orang untuk mengklik iklan AdSense.

2. Memberitahukan Kepada Orang-orang untuk Mengklik Iklan

Dalam poin kedua ini masih ada sangkut pautnya dengan poin pertama Klik tidak valid. Menganjurkan orang di sekitar anda bahkan orang yang sedang menjelajahi situs anda untuk mengklik iklan AdSense merupakan perbuatan yang tidak perlu dilakukan dan harus dihindari jika tidak ingin terkena banned. Terlebih, anda memberikan iming-iming bahkan tidak main-main, iming-iming yang anda berikan berupa uang jika orang tersebut mau untuk mengklik iklan AdSense pada situs anda. Ini tentu tindakan yang sangat salah!

Contoh penerapan yang salah seperti :
  1. Untuk membuka tombol unduh, mewajibkan pengunjung mengklik iklan
  2. Harus mengklik iklan agar muncul password untuk membuka file yang diunduh
  3. Dengan memberikan tulisan Sebagai donasi, silakan klik iklan di bawah ini dan tulisan-tulisan yang melanggar lainnya

3. Memasang Iklan Tidak Sesuai Penempatan yang Benar

Penempatan iklan pada situs pun perlu diperhatikan dan sangat berpengaruh bagi akun AdSense. Perilaku penempatan iklan yang baik boleh dipasang di sidebar, di atas maupun bawah artikel situs dan sejenisnya.

Namun, buruk jika penempatan harus dipasang dengan iklan melayang di sisi kiri dan kanan situs serta bagian sejenisnya. Terlebih jika iklan tersebut muncul tepat di tengah situs dengan keadaan melayang yang sangat mengganggu orang-orang yang sedang menjelajah situs serta mewajibkan orang-orang untuk mengkliknya. Tentu, perbuatan ini seiring berjalannya waktu pasti akan ketahuan. Seperti pepatah, Sepandai-pandai tupai melompat pasti akan jatuh juga.

Contoh pemasangan iklan yang buruk misalnya :
  1. Iklan popup
  2. Meletakannya di sidebar dengan dipasang elemen sticky widget
  3. Iklan pada tengah-tengah artikel
  4. Iklan teks yang menyerupai tautan dalam artikel
  5. Menyamarkan iklan dengan elemen pada situs

4. Melanggar Kebijakan Program AdSense

Hal yang dilakukan oleh admin pada situsnya secara tidak wajar juga akan berdampak buruk bagi akun yang dibanned. Hal yang tidak boleh dilanggar seperti :
  1. Konten yang di dalamnya Copy Paste (Copas) alias bukan konten asli
  2. Memberikan kata kunci yang terlalu berlebihan di dalam artikel
  3. Situs yang memuat iklan saja dan tidak mementingkan kepentingan pengunjung dengan konten yang tidak padat
  4. Konten terlarang seperti perjudian, obat-obatan dan sebagainya
  5. Memberikan tautan iklan tersembunyi pada sebagian kalimat di dalam artikel
  6. Menyalahi peraturan penempatan iklan yang tidak sesuai dengan apa yang dianjurkan
Nah poin-poin di atas memang perlu diperhatikan agar Akun AdSense anda terbebas dari yang namanya banned. Melakukan sesuatu sesuai dengan aturan mainnya akan lebih berharga ketimbang anda bermain curang, tentu suatu saat nanti anda akan dicuranginya.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top