Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

18 Dec 2014

Penyebab Utama Artikel Blog Turun di SERP

Penyebab Utama Artikel Blog Turun di SERP - Adakalanya, artikel blog sulit, susah bersaing dalam SERP. Bahkan, bisa saja artikel blog hilang dari Posisi atas SERP. Dan SERP itu sendiri adalah kepanjangan dari Search Engine Result Page, yang memiliki maksud adanya Hasil Penelusuran dalam Kata Kunci terkait.

Dalam hal ini, dimaksudkan kembali bahwa agar Blog dapat bersaing penuh secara optimal dalam Page One/Halaman Pertama Google. Banyak faktor yang mempengaruhi artikel blog susah atau bahkan kalah dalam Posisi SERP. Mengapa? Apa saja faktor-faktornya?


SERP


Penyebab Artikel Blog Turun di SERP

Persaingan Kata Kunci yang Ketat

Persaingan kata kunci ini sebenanrnya sangat tidak dianjurkan bagi blog yang masih baru atau belum memiliki modal apapun untuk bersaing di dalam SERP. Jika anda nekat, maka blog akan tertindas masuk ke bagian belakang Halaman Google. Atau, secara langsung, kita wajib bersaing dan harus mampu bersaing dengan Postingan Blog lain yang telah berumur maupun belum untuk tetap bertahan dalam SERP.

Biasanya, kata kunci yang lebih cocok akan merangkak naik ke Posisi Pertama. Sedangkan itu, jika blog kurang optimasi tentu artikel akan ditendang turun secara perlahan. Lebih lanjut, pahami Cara Kerja Mesin Pencari Google.

Kurang Backlink

Backlink dari situs yang memiliki reputasi tinggi di mata Google, tentu dapat mendongkrak/membantu posisi artikel blog agar naik. Ini didasari, bahwa menurut Google, adanya kepercayaan situs tinggi yang memberikan kesempatan untuk membantu mendongkrak situs dalam SERP.

Dalam hal ini, tentu backlink yang diperlukan bukanlah backlink yang asal-asalan. Pemakaian backlink di dalam blog juga harus secukupnya tidak perlu berlebih.

Mencari backlink disarankan tidak perlu berlebihan, karena kita tahu sesuatu yang berlebih itu tidak baik dan pasti akan berakibat buruk. Carilah backlink dari situs yang tinggi namanya sudah cukup ketimbang kita mencari backlink dari ratusan situs rendah.

Blog Baru

Blog baru yang ingin bersaing di dalam SERP tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Penyebab utamanya, blog baru belum dapat dikenali oleh Google. Google memerlukan waktu untuk dapat merayapi dan mengenali blog baru itu.

Di dalam blog baru, Google akan melihat apakah artikelnya berkualitas, ataupun artikelnya acak-acakan. Jika dirasa, blog baru tersebut memiliki artikel yang berkualitas dan selalu update, maka artikel blog tersebut pasti mampu untuk bersaing dalam Peringkat Utama SERP.

Artikel di Copy Paste (Copas) oleh Blog Reputasi Tinggi

Artikel yang terkena Copas oleh blog yang namanya telah meroket, tentu akan mengalahkan posisi artikel anda dalam Peringkat SERP. Secara, artikel blog anda turun, kalah, bahkan hilang dalam SERP dikarenakan penyebab oleh blog yang tidak bertanggung jawab itu.

Alhasil, pengunjung akan lebih memilih untuk melihat artikel blog Copas tersebut dibandingkan dengan artikel asli yang ada pada blog kita karena kalah saing dalam SERP.

Ketahui juga, Banyak Kerugian Melakukan Copy Paste yang berdampak memperburuk blog. Dikarenakan pengunjung cenderung mengunjungi blog copas tersebut karena berhasil menjadi jawara, tentu akan menyebabkan Traffic Blog Menurun pada blog anda, dan menurunnya traffic sangatlah menjengkelkan!


Untuk selanjutnya, sebaiknya hindari perihal di atas agar artikel blog anda tetap bersaing dan dapat menjadi jawara SERP sesuai keyword tertarget.

30 Komentar Penyebab Utama Artikel Blog Turun di SERP

  1. Pantesan blog ane sepi,ternyata udah blognya baru trus artikelnya acak2an lagi..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog baru itu saat yang tempat untuk cari jati diri di Mesin Pencari ;)

      Delete
  2. Ane tambahin gan
    1.kurang promosi
    2.Pernah di blacklist DMCA
    3.Kurang update/blog kuburankuburan
    4.Template juga berpengaruh

    Membuka wawasan saya bro artikelnya. Jangan lupa minum kopi ke laoak ane Cinemajomblo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahan yang menarik mas, hehe malah belum terfikirkan saat itu :D

      Delete
  3. Kurang backlink memang bikin turun dari serp...artikelnya keren kang habib

    Salam admin satriyoku.blog

    ReplyDelete
  4. Mudah-mudahan aja konten blog saya bisa bertahan kan yang penting original, ^.^

    Makasih pendapatnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konten Asli lebih baik dibanding Copy Paste mas :D

      Delete
  5. om, kalau kita udah bikin artikel nih, nah muncul awal sendiri, kemudian ada yang menggeres posisi artikel kita, nah biar kembali ke awal lagi gimana om..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terapkan backlinknya. Cari backlink di website berkualitas.

      Delete
  6. sebenernya memang semuanya harus diperhatikan yah mas haha,
    kalau kita main di onpage juga gak terlalu maksimal, kalo kita cuman fokus di offpage kebanyakan memang konten kita mengejar mesin bukan kualitas buat pembaca, semuanya memang harus balance sepertinya :)

    thanks mas, nitip backlink yah mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang semuanya itu harus balance. Percuma kalau di sisi ini kuat tapi di sisi lain rapuh.

      Delete
  7. Cara menegtahui dan melindungi agar artikel tidak di copas orang lain gmn Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menggunakan Copyscape. Namun itu kayaknya berbatas layanannya. Perlu dicek secara berkala biar tahu siapa saja plagiatnya.

      Delete
  8. terimakasih gan atas informasinya, blog ane juga banyak yang turun gak ngerti kanap padahal tadinya banyak yang masuk page one :( cara penanggulangannya gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemanfaatan offpagenya masih kurang tuh mas.

      Delete
  9. wah blog ku turun drastis :( mantap lah artikel nya

    ReplyDelete
  10. Artikel saya juga udah di pejwan tapi melorot. Blog baru & artikelnya mungkin kurang bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog baru butuh yang namanya adaptasi. Akan ada masa di mana blog tersebut menjadi jawara. Artikel ditentukan oleh Kepuasan Pengunjung.

      Delete
  11. Pemanfaatan offpagenya gmn ya om??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk offpage saya submit di Google Search Console, dan masalah Backlink saya belum berani karena Algoritma Google semakin ke sini semakin membingungkan :)

      Delete
  12. mas saya mau tanya saya kalau posting artikel dalam persaingan rendah saya suka nembus langsung page one dalam hitungan jam, tapi kenapa yah ? suka turun lagi, bahkan semakin turun sampai ke page 3

    Kalau soal asupan backling lah saya beri sewajarnya saja ? apa yang terjadi pada artikel saya, lantas google dance kah ? atau spam kah ?

    mohon pendapatnya mass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, problemnya sama seperti saya. Saya juga seperti itu. Tapi selang 3 bulan pertama langsung naik ke Halaman 1 kok, semoga punya kamu juga seperti itu ya :D

      Dalam masalah backlink berikan yang wajar saja, 1 saja sudah cukup dari Situs dengan reputasi tinggi.

      Delete
  13. Oh rupanya kesalahan di atas bisa membuat artikel/entri ditendang oleh Google ke bawah. Ini perlu dihindari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hindari sekarang atau terlempar kemudian :D

      Delete
  14. selamat pagi mas.
    Apakah ada pengaruhnya kalau blog kita di copas oleh kompetitor lai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu ada, banyak malah. Bahkan ang lebih gila lagi, artikel copaser bisa mengungguli artikel kita di Search Engine :3

      Delete
  15. sekarang google lebih fokus pada kualitas artikel lebih tepatnya on page..untuk offpage masih berpengaruh tapi sangat kecil..jadi kesimpulan,,membuat artikel yang berkualitas dengan minimal 500 kata ori...lebih bagus 1000 kata..dijamin masuk page one...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Situs Motor, lebih tepatnya untuk onpage itu artikel yang langsung to the point tak bertele-tele. Banyak orang ingin membuat 1 artikel 2000 kata, tapi mereka kesusahan dan akhirnya menyisipkan dengan banyak kalimat tidak penting, itulah yang salah. Namun, algoritma Google saat ini juga sedang berubah-ubah -_-

      Delete
  16. perubahan algoritma google yang sekarang cenderung lebih mengutamakan kualitas konten itu sendiri...maka untuk blog dengan kualitas artikel kurang greget siap2 terlempar sama google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Situs Motor, yap memang benar, Google saat ini lebih mengutamakan artikel bersifat human-friendly karena yang membaca itu manusia, bukanlah robot :D

      Delete

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top