Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

18 Dec 2014

Penyebab Utama Artikel Blog Turun di SERP

Penyebab Utama Artikel Blog Turun di SERP - Adakalanya, artikel blog sulit, susah bersaing dalam SERP. Bahkan, bisa saja artikel blog hilang dari Posisi atas SERP. Dan SERP itu sendiri adalah kepanjangan dari Search Engine Result Page, yang memiliki maksud adanya Hasil Penelusuran dalam Kata Kunci terkait.

Dalam hal ini, dimaksudkan kembali bahwa agar Blog dapat bersaing penuh secara optimal dalam Page One/Halaman Pertama Google. Banyak faktor yang mempengaruhi artikel blog susah atau bahkan kalah dalam Posisi SERP. Mengapa? Apa saja faktor-faktornya?


SERP


Penyebab Artikel Blog Turun di SERP

Persaingan Kata Kunci yang Ketat

Persaingan kata kunci ini sebenanrnya sangat tidak dianjurkan bagi blog yang masih baru atau belum memiliki modal apapun untuk bersaing di dalam SERP. Jika anda nekat, maka blog akan tertindas masuk ke bagian belakang Halaman Google. Atau, secara langsung, kita wajib bersaing dan harus mampu bersaing dengan Postingan Blog lain yang telah berumur maupun belum untuk tetap bertahan dalam SERP.

Biasanya, kata kunci yang lebih cocok akan merangkak naik ke Posisi Pertama. Sedangkan itu, jika blog kurang optimasi tentu artikel akan ditendang turun secara perlahan. Lebih lanjut, pahami Cara Kerja Mesin Pencari Google.

Kurang Backlink

Backlink dari situs yang memiliki reputasi tinggi di mata Google, tentu dapat mendongkrak/membantu posisi artikel blog agar naik. Ini didasari, bahwa menurut Google, adanya kepercayaan situs tinggi yang memberikan kesempatan untuk membantu mendongkrak situs dalam SERP.

Dalam hal ini, tentu backlink yang diperlukan bukanlah backlink yang asal-asalan. Pemakaian backlink di dalam blog juga harus secukupnya tidak perlu berlebih.

Mencari backlink disarankan tidak perlu berlebihan, karena kita tahu sesuatu yang berlebih itu tidak baik dan pasti akan berakibat buruk. Carilah backlink dari situs yang tinggi namanya sudah cukup ketimbang kita mencari backlink dari ratusan situs rendah.

Blog Baru

Blog baru yang ingin bersaing di dalam SERP tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Penyebab utamanya, blog baru belum dapat dikenali oleh Google. Google memerlukan waktu untuk dapat merayapi dan mengenali blog baru itu.

Di dalam blog baru, Google akan melihat apakah artikelnya berkualitas, ataupun artikelnya acak-acakan. Jika dirasa, blog baru tersebut memiliki artikel yang berkualitas dan selalu update, maka artikel blog tersebut pasti mampu untuk bersaing dalam Peringkat Utama SERP.

Artikel di Copy Paste (Copas) oleh Blog Reputasi Tinggi

Artikel yang terkena Copas oleh blog yang namanya telah meroket, tentu akan mengalahkan posisi artikel anda dalam Peringkat SERP. Secara, artikel blog anda turun, kalah, bahkan hilang dalam SERP dikarenakan penyebab oleh blog yang tidak bertanggung jawab itu.

Alhasil, pengunjung akan lebih memilih untuk melihat artikel blog Copas tersebut dibandingkan dengan artikel asli yang ada pada blog kita karena kalah saing dalam SERP.

Ketahui juga, Banyak Kerugian Melakukan Copy Paste yang berdampak memperburuk blog. Dikarenakan pengunjung cenderung mengunjungi blog copas tersebut karena berhasil menjadi jawara, tentu akan menyebabkan Traffic Blog Menurun pada blog anda, dan menurunnya traffic sangatlah menjengkelkan!


Untuk selanjutnya, sebaiknya hindari perihal di atas agar artikel blog anda tetap bersaing dan dapat menjadi jawara SERP sesuai keyword tertarget.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top