Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

5 Dec 2014

Penyebab Utama Traffic Blog Menurun

Penyebab Utama Traffic Blog Menurun - Traffic blog yang turun memang menjadi salah satu permasalahan tersendiri bagi orang yang khususnya memiliki blog. Trafik blog yang turun dapat membuat jenuh dan kadang tidak bersemangat untuk kembali menjalankan aktivitas blog. Banyak faktor yang menjadi penyebab pengunjung blog turun. Entah itu faktor internal maupun eksternal.


Traffic Blog Turun


Penyebab Utama Traffic Blog Turun

1. Blog Terkena Google Sandbox

Apa Google Sandbox itu? Google Sandbox merupakan suatu hukuman yang diberikan pemilik blog yang telah terbukti menyalahi aturan. Menyalahi aturan tersebut dapat berupa Optimisasi yang berlebihan. Selain Optimisasi yang berlebihan, adapula Ping yang berlebihan karena terlalu sering memanggil Google untuk Situs kita.

Penyebab Google Sandbox ini yang paling utama ialah Artikel Tidak dapat Terindeks secara Optimal. Lalu, secara otomatis, blog akan mengalami penurunan traffic.

2. Artikel Blog Anda di Copy Paste Blog Lain

Penyebab Trafik blog menurun yang kedua adalah adanya Konten Blog yang di Copy Paste. Memang ada pengaruhnya? Tentu ada.
Jika blog yang terkena copy paste, apalagi blog yang mengcopy paste memiliki High Pagerank, maka Konten anda akan kalah saing di dalam SERP!

Namun, jika anda merasa tidak nyaman akibat ulah PengCopy Paste, anda dapat melaporkan situs tersebut ke pihak DMCA.

3. Sering Ganti Template Blog

Pada awalnya, template itu diibaratkan sebuah warna rumah yang anda huni. Maka, jika anda ganti template, yang tadinya fast loading, menjadi lambat, yang sudah peka terhadap tampilan situs anda menjadi asing terhadap situs anda. Diibaratkan kembali jika rumah anda telah menggunakan desain warna hijau, lalu anda menggantinya dengan warna merah dan ada sedikit perubahan, tentu saudara-saudara anda akan bingung apakah ini rumah yang dituju atau bukan.

Begitu pula dengan Robot Pencari Google. Jika blog yang mereka kunjungi, walau nama pemilik blog tersebut sama namun tampilan blog berbeda, tentu akan menyulitkan Robot Pencarian ini untuk mendeteksi situs anda.

4. Menambah Widget Tidak Penting dan Iklan yang Banyak

Tampilan blog yang baik tidak bertele-tele entah itu dari desain template atau dari kontennya. Penambahan suatu widget dapat berdampak buruk bagi blog. Blog yang tadinya fast loading, kini menjadi lambat untuk diakses pengunjung. Akibatnya, pengunjung blog tidak betah bertahan lama-lama di blog anda karena berat dan tentu akan mengurangi Kuota Internet lebih banyak.

Adapula halnya dengan Iklan. Penambahan iklan juga tidak masalah. Akan tetapi, jika anda menambahkan banyak sekali Iklan di dalamnya untuk mendapatkan uang atau ini itulah serta iklan tersebut berbentuk video dan langsung play jika ada orang yang mengakses, maka pengunjung akan merasa terganggu dan akan keluar dari Blog Anda.

Pasang iklan boleh-boleh saja asalkan jangan terlalu berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.


Itulah ada 4 penyebab utama trafik blog menurun. Adapula kalanya jika anda ingin Meningkatkan Pengunjung Blog, anda dapat melakukannya. Dimana ada penurunan pengunjung maka lain waktu pasti akan ada kenaikan pengunjung blog.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top