Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

23 Dec 2014

Cara Ampuh Membuat Judul Artikel Blog yang Dapat Menarik Minat Pengunjung

Cara Ampuh Membuat Judul Artikel Blog yang Dapat Menarik Minat Pengunjung - Dalam segi membuat judul artikel situs ini, kita juga mempelajari tentang SEO. Ingat, Judul Artikel merupakan hal pokok yang paling penting. Judul artikel yang baik dan benar akan dapat menarik hati pengunjung. Berbeda jika judul yang biasa-biasa saja, akankah mereka mendatangi situs anda?

Trik hebat ini akan menerangkan bagaimana kalian akan dibimbing dengan judul yang berkualitas! Dan tentu kalian akan melupakan judul artikel yang buruk dan tidak menarik minat pengunjung. Cara ini memang terbukti ampuh!
Terlebih, jika anda membagikannya ke Media Sosial, siapa yang akan menolak untuk melihatnya? Tentu nihil! Yuk kita pelajari segera dan Tingkatkan Pengunjung Blog!


Cara Ampuh Membuat Judul Artikel Blog


Cara Ampuh Membuat Judul Artikel Blog

1. Gunakan Judul Artikel lebih dari 4 kata!

Judul artikel ini sangat baik untuk diterapkan. Terlebih jika situs anda merupakan situs yang masih belum memiliki usia tua dalam dunia blog. Dengan minimal 4 kata ini, situs dapat bersaing di dalam SERP bahkan tidak disangka-sangka dapat memuncakinya! Pelajari Penyebab Artikel Blog Turun di SERP.

Sama seperti situs ini. Dahulu sewaktu pertama kali menggunakan 4 kata untuk judulnya, ternyata tidak disangka trafik meningkat! Dan tak disangka-sangka, artikel tersebut menjadi tulang punggung situs ini.

2. Jangan Gunakan Kata-kata Umum

Kata-kata umum itu sendiri maksudnya ialah yang sering terdengar di dalam telinga kita. Entah beda topik namun, kata-katanya sudah umum alias tidak asing, tentu tidak akan memberikan penasaran yang tinggi untuk menarik minat pengunjung.

Lihat saja contoh ini :
Contoh 1 : Cara Membuat Judul Artikel Blog yang Baik
Contoh 2 : Cara Ampuh Membuat Judul Artikel Blog yang Dapat Menarik Pengunjung 
Pada kedua contoh di atas, manakah yang akan menarik minat pengunjung? Tentu contoh kedua bukan? Karena contoh pertama sangat terasa umum di telinga dan di baca tidak ada sedikit sentuhan sensasi. Beda dengan judul yang kedua.

3. Kurang dari 4 kata, relatif Tidak Optimal

Maksud tidak optimal di sini bahwa, situs kita akan jauh kalah tersaingi oleh Situs lain yang memiliki High PageRank, dan situs kita akan jauh terbelakang dalam posisi SERP. Apa yang akan dilakukan? Offpage? Tentu tidaklah cukup.

Terlebih jika situs berumur muda, haruslah pandai-pandai mendatangkan pengunjung dengan cara ini. Maksimalkan visitor dengan judul yang panjang, namun tidak diperkenankan kembali untuk judul yang terlalu berkepanjangan karena tidak baik.

4. Hindari kata Tidak Baku

Kata yang tidak baku pada sebuah judul artikel situs sangat berdampak dan sangat bepengaruh juga pada pengunjung. Mereka akan melihat judul situs dalam hasil penelusuran. Mereka mengira, jika judulnya saja tidak baku dan seimbang, terlebih saya akan mengunjunginya, tidaklah sudi saya berkunjung!

Prioritaskan yang maksimal untuk Pengunjung dan bukan untuk mesin telusur.


Gunakan saja kata-kata yang efektif dan tidak perlu berlebihan. Sekiranya, adapula Pembuatan Judul Artikel yang kurang baik.


Contoh Pembuatan Judul yang Kurang Disarankan :
  1. Menggunakan 2-3 kata saja
  2. Menggunakan kata yang sangat umum di dengar
  3. Judul yang sangat panjang
  4. Hanya memprioritaskan judul, sementara itu kualitas isi artikel tidak dibuat dengan baik
  5. Penggunaan Kapital yang salah
  6. Tidak menggunakan EYD dan Menghilangkan Kata Baku
Hindarilah 6 pembuatan judul yang sangat tidak disarankan. Yang pertama tentu dapat berpengaruh kepada Pengunjung. Pengunjung tidak akan mendatangi situs anda. Melihat judulnya jelek, apalagi isi artikelnya, begitu yang akan dipikirkan oleh pengunjung ketika menemukan situs dalam hasil penelusuran terkait.

Yang kedua tentu akan sangat berpengaruh dalam perayapan. Spider akan sangat kesulitan jika menggunakan kapital yang salah terlebih jika menggunakan judul yang lebih dan sangat lebih. Mungkin, untuk judul artikel ini hampir melampaui batas. Apalagi, URL artikel tersebut tidak disingkat dengan baik. Semaksimal mungkin, tidak harus melampaui 100 huruf karena dapat mengganggu pencarian.

19 Komentar Cara Ampuh Membuat Judul Artikel Blog yang Dapat Menarik Minat Pengunjung

  1. mantap tutor nya ane coba dlu ah thanks gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Alden Herdiana, silakan dicoba, segala bacaan yang telah dibaca wajib untuk dipraktikkan agar lebih mengerti :)

      Delete
  2. Bemer juga nih tipsnya, judul ke dua lebih menarik perhatian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, jadi gunakan ya judul artikel panjang yang unik dan menarik :)

      Delete
  3. Ternyata membuat judul tidak bolehnsembarangan juga ya, harus lebih hati-hati juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tips Kesehatan, yap! Judul harus mengandung inti dari artikel yang dibahas. Jangan membuat judul A, sedangkan artikelnya membahas B. Itu salah besar! :)

      Delete
  4. Berarti Kita Harus Menggunakan Kata Yang Mudah Dicari Orang Begitu Ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu beda topik mas, masuknya ke dalam kata kunci :) Bisa juga dijadikan judul biar lebih menarik..

      Delete
  5. Makasih gan info di tahun 2015 ini. Sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Muhamad Ramadani, coba terapkan sekarang! :)

      Delete
  6. Tapi menurut saya, dengan terlalu panjangnya judul artikel akan berpengaruh di SERPnya nanti, seperti judul artikel ini yang menurut saya terlalu panjang dan inti dari artikel tidak berada diawal kata dari judul artikel tersebut. Akhirnya judul artikel ini di SERP pun terpotong, dan pemotongannya pun tidak tepat karna inti atau point yang hendak disampaikan dari artikel ini belum dapat.

    Judul artikel blog ini di SERP terpotong hanya sampai "Cara Ampuh Membuat Judul Artikel Blog yang Dapat,," saya yakin calon visitor belum mampu mengidentifikasi dengan benar apa maksud atau poin inti yang akan anda sampaikan diartikel ini.

    Mohon maaf jika terlalu lancang..dan mohon koreksinya apabila pendapat saya salah :) salam dari Ulama SEO..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas, kan sudah tertera di atas bahwa judul boleh panjang namun jangan terlalu panjang sekali. Memang, judul yang panjang sekali dapat terpotong, contohnya artikel ini.

      Kita tidak hanya memprioritaskan SERP saja mas. Dari segi SEO yang lain kita prioritaskan. Walau di SERP terpotong dan tidak maksimal, tapi kami berusaha menutupinya di dalam faktor yang lain :)

      Sekali lagi lihat artikel di atas, judul panjang boleh tapi jangan panjang sekali, di bawah bagian tulisan merah...

      Delete
  7. kalo ane lebih doyan yang pendek gan :D namun intinya yang joz gandos hihihi

    salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Saneva, setiap orang memang memiliki prinsip yang berbeda, tinggal pilih saja jalan yang diinginkannya :)

      Delete
  8. Betul mas, judul dan konten harus selaras biar pembaca tidak kecewa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Numpang Promo, betul sekali! Tidak sedikit judul berbeda dengan isi artikel yang hanya untuk mencari rating di Mesin Pencari. Yuk coba berantas dan kalahkan! :)

      Delete
  9. selama ini judul saya tidak menarik mungkin gan<<<< jadinya sedikit sekali yang baca articel saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rendi, sebenarnya masih banyak faktor dari luar yang mendorong pengunjung datang di Blog Anda. Tidak hanya judul, artikel berkualitas juga berpengaruh lho :)

      Delete
  10. wah mantap nih sangat bermanfaat mas untuk saya terimakasih banyak sudah menulis , kunjungi blog saya juga ya mas http://www.tanyaprof.blogspot.com terimakasih.

    ReplyDelete

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top