Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

15 Jan 2015

Pengertian Mujahadah An Nafs (Pengendalian Diri)


Ads

Ads
Pengertian Mujahadah An-Nafs (Pengendalian Diri) - Tentu, untuk Agama Islam Kelas X (10) SMA, SMK, MA pada Kurikulum 2013 ini akan membahas mengenai Apa itu Mujahadah An Nafs alias Pengendalian Diri.

Pengertian Mujahadah An-Nafs

Mujahadah An-Nafs

Secara umum di dalam Al Quran bermaksud pengertian diri, pribadi, seseorang, individu namun ulama Psikologi Islam cenderung mengartikan sebagai jiwa. Mujahadah adalah kerja keras secara maksimal merupakan tahapan yang harus diupayakan untuk mencapai suatu keberhasilan. Kita ketahui bahwa sesuatu untuk meraih kesuksesan diperlukan adanya kerja keras yang tinggi.

Mujahadah An-Nafs adalah perjuangan sungguh-sungguh atau jihad untuk melawan ego atau nafsu pribadi. Jihad atau memerangi hawa nafsu pribadi merupakan salah satu hal yang penting, sampai Nabi menyebutnya sebagai Jihad Akbar yang nilainya bahkan lebih utama dibandingkan dengan jihad memerangi orang-orang kafir.

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah, bersabda :
"Sesungguhnya seorang mukmin, bila dia melakukan dosa, terdapat noda hitam di dalam hatinya, bila dia bertaubat benar-benar menyesali, dan minta ampun (atas dosa-dosanya tadi), dibersihkan hatinya dari dosa-dosa tersebut, tetapi, bila dia menambah dosanya, maka titik hitam itu semakin bertambah, sehingga memenuhi hatiya. Itulah yang disebut ar-raan" sebagaimana firman-firmanNya : "Sekali-kali tidak, bahkan hati mereka telah tertutupi (oleh tabiat buruk), terhadap apa yang mereka usahakan" (QS. Al-Muthaffifin (83): 14)." (HR. Muslim).

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top