Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

28 Jan 2015

Pengertian Traktat dan Pengertian Doktrin

Pengertian Traktat dan Pengertian Doktrin - Pada sebelumnya, admin telah membahas mengenai Pengertian Yurisprudensi dan Penafsirannya. Namun, pada kali ini, akan melanjutkan yakni apa itu, apa yang dimaksud dengan traktat dan doktrin? Yuk kita simak bersama.


Pengertian Traktat dan Pengertian Doktrin

Pengertian Traktat

Traktat adalah suatu perjanjian yang dibuat oleh 2 negara atau lebih tentang persoalan tertentu yang menjadi sebuah kepentingan negara yang bersangkutan dalam pelaksanaannya.

Traktat ini dibedakan menjadi 2, sebagai berikut :
  1. Traktat Bilateral adalah suatu perjanjian yang dibuat oleh 2 negara. Pada traktat ini, memiliki sifat yang tertutup karena hanya melibatkan antara 2 negara yang berkepentingan. Misalnya adalah perjanjian Dwi Kewarganegaraan antara Indonesia dan Cina.
  2. Traktat Multilateral adalah suatu perjanjian yang dibuat oleh lebih dari 2 negara. Traktat ini memiliki sifat yang terbuka bagi negara-negara lain untuk mengikutkan diri. Misalnya seperti PBB, NATO dan lain-lain.

Pengertian Doktrin

Doktrin adalah pendapat/argumen dari para ahli hukum yang terkemuka dan dijadikan dasar aatau asas penting dalam hukum dan penerapannya. Misalnya dalam hukum tata negara, kita mengenal adanya doktrin Trias Politica dari Montesquieu.

Doktrin ini sebagai salah satu sumber hukum formal yang banyak digunakan oleh para hakim dalam memutuskan perkara melalui Yurisprudensi, bahkan memiliki pengaruh yang besar dalam hubungan internasional.

2 Komentar Pengertian Traktat dan Pengertian Doktrin

  1. Jadi inget pelajaran PPKN mas habib..:D


    salam unikajaib.blog

    ReplyDelete
  2. ulangan tadi ini sempat keluar, alhamdulillah saya jawabnya benar hehehe

    ReplyDelete

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top