Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

9 Feb 2015

Pengertian Demokrasi / Apa itu Demokrasi ?

Pengertian Demokrasi / Apa itu Demokrasi ? - Demokrasi ini adalah salah satu materi yang sering dibahas dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Demokrasi ini akan diberikan penjelasan lebih lengkap di bawah ini. Serta maksud dari demokrasi itu sendiri sebenarnya apa?

Pengertian Demokrasi atau Apa itu Demokrasi

Pengertian Demokrasi

Demokrasi ini merupakan salah satu kata yang berasal dari Bahasa Yunani, yakni Demos dan Kratos. Demos itu sendiri memiliki arti rakyat, sedangkan kratos ialah pemerintah/kekuasaan, sehingga dalam artian adalah Pemerintahan Rakyat.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa, Demokrasi itu sendiri ialah kekuasaan yang berada di tangan rakyat. Maksud dari pengertian ini bahwa rakyat adalah salah satu pemegang kekuasaan tertinggi.

Sedangkan menurut Abraham Lincoln, Demokrasi itu sendiri adalah pemerintah dari, oleh, dan untuk rakyat. Dan itulah yang menyebabkan bahwa dalam demokrasi, rakyat mendapat kedudukan yang sangat penting karena rakyat yang memegang kedaulatan

Pemerintahan demokrasi ini sangat berbeda sekali dengan bentuk pemerintahan yang hanya dipegang oleh satu orang saja, seperti Monarki ataupun Oligarki.

Sistem Demokrasi yang dianut oleh Indonesia itu sendiri adalah Demokrasi Pancasila, di mana pada sistem Demokrasi Pancasila ini mementingkan hal aspirasi ataupun suara hati nurani rakyat.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top