Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

11 Mar 2015

AdBlock bikin Publisher dan Advertiser Iklan Rugi!

Adblock Plus si Pemblokir Iklan Website bikin Rugi para Publisher dan Advertiser! - Kalian tahu AdBlock Plus? Orang yang benci akan iklan di sebuah website tentu tahu apa itu AdBlock dan sejenisnya. AdBlock ini akan menghalangi iklan di Website, ini juga merupakan salah satu Ekstensi Browser kalian. Memang ekstensi ini membantu bagi orang yang menjelajah di Internet, tapi, tidak bagi para pengiklan!

AdBlock

Tentang AdBlock Plus dan Sejenisnya

AdBlock Plus tahu? AdBlock merupakan salah satu ekstensi yang tersedia di browser milik Anda untuk menghilangkan iklan yang ada di dalam sebuah website agar website nampak rapi dan nyaman untuk dibaca dan dijelajah. Memang, fungsinya menjanjikan, menyingkirkan semua iklan. Dan tidak tanggung-tanggung, semua iklan tersingkir hingga tiada tersisa satupun!

Bagi kalangan yang suka menjelajah di dalam Internet, tentu akan merasa terbantu dengan hal ini. Namun nyatanya, tidak demikian bagi para publisher dan advertiser iklan! Adanya ekstensi seperti ini tentu akan membuat mereka rugi!

Bagaimana tidak? Website/Blog itu rata-rata mereka mendapatkan penghasilannya dari Iklan! Yap, memang benar. Simak ini jika kalian tidak tahu. Mereka menggunakan fasilitas iklan untuk blog mereka menambah motivasi semangat bermain blog.

Bagi Publisher
Hal ini tentu sangat merugikan. Publisher ini memang harus menampilkan iklan yang didapatnya dari berbagai macam periklanan di seluruh dunia. Jika Anda memasang Ekstensi AdBlock Plus, tentu Publisher iklan sekaligus pemilik blog akan merasa tersiksa dengan keadaan ini.

Bagi Advertiser
Hal ini juga berdampak pada Advertiser si pengiklan yang ingin iklannya agar muncul di blog yang telah terdaftar. Hal ini akan merugikan apabila seseorang saja menggunakan AdBlock. Jadi, iklan akan mustahil untuk nampak. Dan uang mereka akan sia-sia karena produk mereka tidak tampil selama Anda memasang ekstensi itu.


Melihat 1 buah iklan saja memang terkadang sangat menyebalkan. Tapi, haruslah kita pahami dan mengerti bahwa Iklan itu sumber mereka mencari uang lewat Internet! Sadar diri, jangan cuma bisa ambil materi dari blog lalu tuliskan di buku. Kesalahan kalian fatal!

Bayangkan!
Bayangkan jika di Indonesia semisal ada 1 juta pengguna AdBlock, dan per harinya, 1 orang mengunjungi 10 situs yang memiliki Iklan. Per tayangan iklan itu sendiri dibayar seharga 200 rupiah. Bayangkan jika dalam 1 situs memiliki 2 buah iklan saja. Maka,

1.000.000 pengguna * 10 situs * 200 rupiah * 2 buah iklan per situs
= 4.000.000.000

Sehari saja, para publisher dan advertiser akan mendapatkan kerugian sebesar 4.000.000.000 (4 Milliar rupiah!)

Ingat! Kalian bagi para pengguna dan penjelajah Internet, haruslah sadar diri karena uang itu susah untuk dicari. Hargai mereka yang telah membuat situs dan membuat artikel serta anda baca dengan senang hati tanpa ada perasaan bersalah.


Di lain pihak, memang banyak situs yang memanfaatkan sebagai ladang iklan. Mereka terkesan seperti serakah. Iklan yang normal di dalam situs paling tidak maksimal 3-5 buah iklan. Tapi, malahan ada sekitar 10-20 iklan per situs! Mereka sungguh serakah akan uang!

Jadi kesimpulannya, bagi orang yang suka menjelajah di Internet, kita minta kesadarannya saja, kita tidak bakalan memaksa. Kalau iklan itu merepotkan ya sudah. Itu memang ladang usaha dan receh kami di sana. Paling tidak, hargailah usaha kami.

Sebaliknya bagi para publisher di blog, hargai pengunjung kamu yang datang. Pasang iklan sewajarnya, jangan terlalu banyak. Jangan neko-neko. Pengunjung juga tidak akan betah dengan adanya pasar iklan di blog kamu.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top