Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

29 Mar 2015

Alat Produksi Kerajinan dengan Bahan Limbah Tekstil

Proses dan Alat Produksi Kerajinan dengan Bahan Tekstil - Ada 5 teknik yang tersaji di sini yakni Teknik Quilting, Teknik Aplikasi Perca, Makrame, Teknik Anyam, dan Teknik untuk bentuk tiga dimensi. Ya, pada pelajaran Prakarya ini dituntut agar lebih kreatif sehingga menghasilkan bakat-bakat terbaik yang telah mereka pelajari di dalam Prakarya dan Kewirausahaan, Semester 2 Kelas 10.

Alat Produksi Kerajinan dengan Bahan Limbah Tekstil

1. Teknik Quilting
Teknik Quilting ini merupakan teknik aplikasi imbuh yang dengan menyatukan potongan-potongan kain dengan pola yang tertentu. Kadang-kadang, kita perlu memberikan isi di antara lapisan kain sehingga pada saat proses penjahitan maka bagian yang tidak terjahit akan timbul dan menciptakan tekstur baru secara keseluruhan.

Langkah-langkah Teknik Quilting :

  • Buatlah gambar pola sesuai dengan ukuran yang diinginkan pada kertas kotak-kotak.
  • Jiplaklah gambar pada pola tersebut di atas kain perca dengan menggunakan kertas karbon.
  • Guntinglah kain perca sesuai dengan pola yang telah kalian buat.
  • Letakkan potongan kain perca di atas kain lain sebagai dasarnya.
  • Agar kain perca tidak geser ketika dijahit, potongan kain perca yang telah disusun ditempelkan pada kain dasar dengan jarum pentul.
  • Jahitlah semua potongan kain perca pada kain dasar dengan teknik jahit aplikasi.

2. Teknik Aplikasi Perca
Teknik Aplikasi Perca adalah dengan menempelkan kain perca pada produk lain untuk/sebagai penghias produk tersebut.

Langkah-langkah Teknik Aplikasi Perca :
  • Pilihlah motif pada kain.
  • Guntinglah motif atau buat gambar di sekeliling tepi.
  • Rekatkan motif atau gambar tadi pada produk yang ingin dihias dengan menggunakan teknik jahit.

3. Makrame
Makrame ini merupakan bentuk kerajinan simpul-menyimpul benang atau tali. Teknik yang digunakan di sini adalah anyam, pilin dan berbagai macam simpul. Teknik ini pada kehidupan sehari-hari seperti contohnya jaring ikan.

4. Teknik Anyam
Teknik anyam merupakan teknik yang menggabungkan atau menjalin bagian-bagian menjadi struktur yang lebih kuat. Teknik anyam biasanya digunakan untuk limbah yang panjang, serupa dengan tali, misal seperti sisa garmen dari bahan-bahan kaos.

5. Teknik Bentuk 3D
Kerajinan 3 Dimensi ini seperti contohnya boneka, tas, aksesoris pada pakaian, dan sebagainya. Teknik pembuatannya serupa dengan seperti membuat busana, yakni membuat pola, memotong bahan dan membentuknua dengan bantuan teknik jahit. Bagian dalam dapat diisi seperti menggunakan kapas, kapuk, dakron dan sebagainya sehingga membentuk 3 dimensi.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top