Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

20 Mar 2015

Bingung Pilih SMA atau SMK? Ini Jawabannya!

Bingung Memilih SMA atau SMK? Inilah jawabannya! - Memilih SMA atau SMK terkadang membuat bingung siswa yang telah lulus kelas 9 SMP. Terlebih, keduanya memiliki kelebihan/keunggulannya masing-masing. Di SMA berorientasikan Teori, sedangkan itu di SMK berorientasikan Praktik. Jadi, pilih yang mana diantara keduanya? Yuk cari tahu!

Bingung Pilih SMA atau SMK?

0. Pengertian SMA/SMK

SMA

Sekolah Menengah Atas atau biasa disingkat dengan singkatan SMA (dalam bahasa inggris : Senior High School atau High School), merupakan jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal yang ada di Indonesia setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat. Sekolah Menengah Atas ditempuh dalam kurun waktu 3 tahun, dengan dimulai dari kelas 10 hingga kelas 12. [1]


SMK
Sekolah Menengah Kejuruan atau biasa disingkat dengan singkatan SMK merupakan salah satu bentuk satuan dari pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan yang ada di jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP ataupun MTs atau dari bentuk lain yang sederajat, atau lanjutan dari hasil yang diakui secara setara. Untuk di SMK sendiri terdapat banyak sekali Program Keahlian. [2]

1. Perbedaan SMA dan SMK

SMA

  • SMA mengedepankan akan adanya akademik, misal seperti jurusan Bahasa, IPA, IPS dan lainnya.
  • SMA memiliki teori yang lebih banyak dibandingkan praktik.
  • SMA memang lebih ditujukan kepada siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi.
  • SMA siswanya biasanya merata. [3]
  • Biaya SMA relatif murah apabila dikalkulasikan. [4]

SMK
  • SMK mengedepankan kemampuan atau skill yang dimiliki oleh setiap siswanya.
  • SMK memiliki lebih banyak praktik dibandingkan dengan hanya teori.
  • SMK lebih ditujukan untuk langsung bekerja, walaupun melanjutkan ke Perguruan Tinggi juga bisa.
  • SMK siswanya biasanya tidak merata, ada yang banyak laki-laki untuk jurusan tertentu, dan adapula yang banyak perempuan untuk jurusan tertentu.
  • Biaya SMK relatif lebih tinggi saat dikulkalasikan karena didukung dengan biaya praktik yang tidak murah.

2. Kelebihan SMA dan SMK

SMA

  • Sangat tepat untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni di Perguruan Tinggi.
  • Biaya sekolah di SMA relatif murah.
  • Ilmu yang diajarkan oleh guru akan lebih banyak didapatkan dengan lebih merinci. [5]

SMK
  • Sangat tepat apabila ingin setelah lulus langsung bekerja.
  • Praktik lebih ditekankan dibandingkan teori.

3. Tips Memilih SMA/SMK

A. Berdasarkan Teori atau Ilmu


Jawaban : SMA menang!

SMA
Untuk SMA sendiri memang merupakan sekolah yang lebih menekankan pada teori di mana siswanya siap lulus dengan hasil yang memuaskan. Selain itu, juga di SMA siswa akan mendapat ilmu yang lebih banyak dan berwawasan lebih tinggi. Sehingga, hal ini tidak heran jika banyak siswa lulusan dari SMA lulus dengan nilai yang bagus-bagus dan maksimal.

SMK

Untuk SMK sendiri yang ditekankan di sekolah ini adalah kemampuan (skill) yaitu praktik. Siswa SMK biasanya lebih condong bekerja apabila sudah lulus. Ilmu yang didapatkan di SMK juga tidak banyak seperti di SMA. Materinya sama saja sebenarnya, namun di SMK ditambah dengan pelajaran kejuruan.

B. Berdasarkan Kemampuan


Jawaban : SMK menang!

SMA
Sudah bukan rahasia lagi jika SMA lebih menekankan dalam teori dan kurang dalam praktik, menjadi siswa kurang memiliki skill yang cukup dalam praktik. Nah ini menjadi tantangan tersendiri bagi siswa SMA jika akan kerja, justru kepiawaiannya akan kalah dengan siswa lulusan SMK.

SMK

Berbeda dengan SMA, SMK lebih siap dan mapan dalam bekerja. Bisa dikatakan jika kualitas lulusan siswa SMK dalam pekerjaan akan lebih dihargai karena mereka mampu mengasah kemampuan mereka dan kemampuan tersebut tentu akan disalurkan langsung melalui pekerjaan yang digandrunginya.

C. Kuliah atau Kerja


Jawaban : SMA dan SMK seri!

SMA

Setelah selesai menempuh pendidikannya di jenjang SMA, siswa bisa menentukan jalannya masing-masing. Biasanya, siswa SMA lebih condong untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi. Namun, jika tidak melanjutkan juga tidak apa-apa, yakni dengan bekerja, tapi dalam masalah pekerjaan, prospek kerja bagi SMA masih kurang bagus.

SMK

Jika dengan SMK sendiri, bisa kuliah dan juga bisa kerja tergantung keinginan dari siswanya. Sebenarnya kuliah adalah hal yang sah-sah saja karena dengan kuliah bisa memperdalam kemampuan dari praktik yang kita peroleh di masa SMK silam.

4. Hal-hal yang Perlu Kalian Perhatikan

1. Awali dengan Niat

Sudah tentukan pilih SMA atau SMK? Awalilah dengan niat!

Bagaimana?

Terlebih dahulu posisikan dirimu dengan niat. Hal ini guna membuat kamu bertahan di sekolah yang akan kamu capai nantinya.

Misal, saya berniat di sekolah tersebut, selama tiga tahun, karena saya yakin di sekolah tersebutlah tujuan yang bagus dan baik bagi saya, saya akan betah di sana hingga lulus nanti.

2. Gali Bakat dan Minat
Jika kamu memiliki bakat yang cukup mumpuni di suatu keahlian, masuklah ke SMK, karena nanti kemampuan yang kamu miliki akan diperdalam dan diasah sehingga bisa menjadi seorang ahli yang ada di bidang tersebut.

Namun, misal saja kamu memiliki bakat dan bakat tersebut sudah dirasa cukup, sementara itu minat kamu ingin di SMA. Ini merupakan pilihan yang sulit, cobalah untuk bertanya kepada lubuk hati yang paling dalam, pilih di mana nantinya pendidikan kamu akan diteruskan.

3. Bertanya dan Terus Bertanya
Apabila kalian memiliki pertanyaan yang belum terjawab, cobalah tanyakan kepada Bapak/Ibu Guru di SMP kalian atau dengan orang tua kalian, atau juga bisa dengan teman-teman di sekitar rumah kalian yang istilahnya sudah senior dibandingkan dengan kamu.

Tanya terus hingga kamu sudah dapatkan jawaban dan coba simpulkan sendiri atau bisa simpulkan bersama dengan keluarga untuk mencari jalan keluar sekaligus jalan terbaik bagi masa depanmu.

4. Sudah Tahu Jawabannya, Lalu Apa?
Jangan cari jawaban hanya dari satu sumber saja, cari jawaban dari banyak sumber, karena kita ingat pendapat seseorang yang kita tanyai selalu berbeda-beda.

Hal selanjutnya adalah, simpulkan sendiri, tidak untuk terpaku dengan perkataan teman-teman yang mendorongmu ke sekolah yang tidak kamu inginkan, namun karena teman-teman mengiming-imingi dengan sesuatu yang buruk, kamu malah harus merasakan pahitnya selama 3 tahun.

Percaya dan tetap yakin terhadap diri sendiri, apabila kamu belum bisa menyimpulkannya, cari solusi bersama keluarga atau guru. Ingat, waktu adalah emas, dan waktu tidak bisa diputar ulang, jangan sampai kamu salah arah!

5. Sudah Ditentukan, Lalu Apa?
Carilah referensi tentang sekolah yang sudah kamu pilih itu. Cari sekolah yang bermutu dan berkualitas.

Biaya mungkin tidak terlalu dipertimbangkan karena apabila kamu sekolah dengan niat, Insya Allah orang tua akan membantumu. Tidak ada orang tua yang akan menghalangi kemajuan anak-anaknya.

Pilihlah sekolah yang berkualitas, siswa-siswanya yang rajin, disiplin dan tidak ada citra buruk dari sekolah tersebut. Fasilitas juga perlu untuk mendukung pembelajaran di sekolah nantinya. Pertimbangkan hal ini dengan baik dan matang.

6. Yes Sudah Pilih! Lalu Apa?
Mantapkan dan yakinkan jika kamu memang berniat dan bersungguh-sungguh sekolah di situ.
Jangan lupa untuk berserah diri karena yang tahu akan jalan terbaikmu hanyalah Allah SWT, tidak ada yang lain.

Tidak hanya itu saja, bersiaplah untuk menghadapi sekolah yang baru, dan mulailah mencoba aktif dalam berinteraksi, jangan sia-siakan masa sekolah, karena itu hal yang paling berharga di dalam masa depanmu nanti.

5. Sesi Pertanyaan

Q : Saya suka tentang komputer (IT), saya harus sekolah di mana?
A : Kamu bisa bersekolah di SMK mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, bahkan sekolah SMA juga bisa. Namun, jika SMA nanti akan melanjutkan kuliah Teknik Informatika, si siswa SMA tersebut harus mulai dari nol (0), karena belum memiliki skill.

Q : Saya ingin menjadi tentara, saya harus sekolah di mana?
A : Bisa bersekolah di SMA, di SMK pun juga bisa. Asalkan, kamu harus siap fisik dan mental. Untuk masuk Tentara dan Kepolisian, siapkan belajar dengan baik, dapatkan hasil yang maksimal untuk masuk ke sana.


Namun, di lain pihak jika kondisi ekonomi sedang krisis, jalan utamanya adalah Anda memilih SMK untuk langsung disalurkan kerja dan mendapat penghasilan untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Namun sebenarnya, SMA juga bisa kuliah sambil kerja, namun waktunya akan habis dan waktu istirahat kurang mencukupi.

Untuk penjelasan yang nomor Tiga bagian A, sebenarnya ilmu di SMA dan SMK sama saja. Namun, lebih mendalam di SMA, dan SMK hanya dasar-dasarnya. Ilmu tidak hanya bisa didapat di Sekolah saja, melalui Internet, Pengalaman yang bagus juga bisa untuk dijadikan Ilmu. Ilmu itu luas!

Jadi intinya, kembalilah pada diri masing-masing sesuai keinginan masing-masing. Jujur, saya lebih memilih SMK karena SMK selain pintar dalam keahlian, juga ada diseimbangi dengan porsi di bidang akademik dalam ilmunya. Nah mulai dari situ, kita bisa membagi waktu antara praktik dengan teori.

96 Komentar Bingung Pilih SMA atau SMK? Ini Jawabannya!

  1. Sudah ane tetapkan nanti lanjut ke SMK :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip. Memang perlu memilih SMK karena antara Praktik dan Teori cukup seimbang.

      Delete
  2. Replies
    1. Iya kalau SMK Skillnya tinggi. Berbanding terbalik dengan SMA karena mereka memiliki presentase sedikit dalam hal praktik.

      Delete
  3. enakan SMK...karena saya lulusan SMK TI :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang benar enak SMK. Terlebih lulusan IT seperti masnya. Sekarang, lulusan IT dibutuhkan di dalam atau juga di luar negeri sangat dibutuhkan.

      Delete
  4. Mau sukses di PPD ?
    Mau diterima di SMP/SMA NEGERI ?
    Ayoo konsultasikan dengan Kami
    Di Jamin Diterima !!!
    #Wilayah_Semarang
    Marketing :
    achiyar.prakoso@gmail.com

    ReplyDelete
  5. maaf gann ane mau tanya ane kan mau ulus tahun ini, misalnya ane mau ke smk jurusan multimedia, terus kalau ane mau nerusin kuliah tapi jurusannya beda sama jurusan smk itu susah gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurusannya apa dulu mas? Kalau ada keterkaitan pasti itu bisa kok.

      Delete
  6. Mau Tanya kalo smk jurusan administrasi perkantoran bisa masuk fakultas hukum ngga?? Trs kl jrsan d smk yg nyambung sma fakultas hukum2 gtu jurusan apa?mnta jwbannya segera boleh soalnya saya sedang kebingungan pilih jrsan buat bsk

    ReplyDelete
  7. Kalo misalkan smk masuknya ke jurusan farmasi, ketika kuliah bisa jadi ambil fakultas kedokteran ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah bisa. Tinggal kitanya aja yang mau berusaha atau tidak. Ayo semangat! :)

      Delete
  8. Mau tanya kak, kalo ambil smk jurusan farmasi kuliahnya bisa masuk fakultas kedokteran gaa? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  9. mending pilih smk yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, saya sudah menganjurkan lebih baik SMK :D

      Delete
  10. Setahu saya nih, yang lulusan SMK bisa aja kok kuliah dengan jurusan lain. Kenapa? Saya sendiri lulusan SMK jurusan admin kantor lalu saya lulusan kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Aneh kan ga nyambung?

    Tapi ternyata berdasarkan pengalaman ijazah terakhir yang menjadi tolak ukur persyaratan. Jadi selama kita mampu dan mengusai teori dan praktik dengan baik. Bisa aja terjadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Muhammad Adam Hussein, S.Pd, CM, terima kasih banyak atas infonya ya, semoga pertanyaan di atas bisa terjawab dan menambah wawasan dari komentar yang sudah diajukan ini :)

      Delete
  11. tapi klo mau jadi dokter bagusan sma atau smk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anonymous, tepat sekali! Untuk melanjutkan kuliah di kedokteran, harus lulusan dari SMA, itu juga biasanya mengambil yang IPA.

      Delete
  12. Saya lulusan sma, seandainya waktu bisa di ulang mungkin saya memilih smk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua pasti melewati jalan yang terbaik kok gan, kalau agan di SMA, pasti agan bakal punya kelebihan di situ dibandingkan di SMK.

      Mungkin itu takdirnya, barangkali nanti agan bisa jadi pengusaha sukses dari lulusan SMA, hayo gimana? Aamiin ya gan. Wallahu alam :D

      Delete
  13. gan mau nanya kalo' ambil jurusan TEI nanti dapet kerja apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Gufran Hadi, wah kalau soal jurusan lain kurang begitu paham gan. Mohon maaf ya :)

      Delete
  14. Replies
    1. Hai Wahyu Krisna, yap! SMK bisa kuliah ataupun juga kerja :)

      Delete
  15. Akhirnya bisa milih SMA/SMK xD
    Makasih banyak infonya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sofi Kamila, semoga sukses ya di sekolah yang baru :)

      Delete
  16. smk lebih baik jurusan apa yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Unknown, sesuai dengan skill (kemampuan) yang kamu miliki. Jika ingin mendalami belajar, pilih SMA. Ingat ya, jangan sampai salah pilih (y)

      Delete
  17. gan gw bingung mau masuk smk atau sma ada yg bilang smk ga boleh pake kacamata ,harus tes fisik dulu , kalo sma sih gampang cuman ikut ppdb online kelar dah,, kalo smk harus daftar dulu terus boleh ikut ppdb trus saya harus gmana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Zefan gabe69, kalau di SMK itu sah-sah saja pakai kaca mata. Tapi, biasanya kalau di SMK itu (seperti jurusan TKJ) nanti akan di tes buta warna, tes tersebut nantinya juga biar agan tidak kesulitan saat menjalani praktik di sekolah.

      Tes itu biasanya tergantung dari program keahlian/jurusan yang akan agan ambil. Kalau mau masuk TKJ harus dilakukan tes buta warna, itu agar kagiatan praktik nantinya seperti membuat kabel koneksi jaringan tidak kesulitan/tidak ada kendala.

      Kalau agan memiliki skill bagus, coba daftar dulu di SMK, atau jika ingin SMA ya silakan, tergantung hati nurani agan, tidak ada salahnya untuk mencoba. Semua pasti ada jalan terbaiknya. Yang penting niat untuk sekolah dulu di SMA atau SMK, tergantung pilihan agan. Semoga sukses ya ^_^

      Delete
  18. saya sudah putuskan untuk masuk SMK Jurus RPL :) ^_^ melanjutkan hobi saya sebagai coder, web developer, game dev, dll... moga ilmu ane makin bertambah nanti ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap, tetap kembangkan bakatmu hingga menjadi orang yang luar biasa. Jangan lupa, tetap pelajari pelajara-pelajaran lain :)

      Delete
  19. Besok waktunya daftar sekolah ni. Jujur aku masih bingung milih sma atau smk. Aku adalah peraih nilai un trtinggi di sekolah ku,tapi guruku mengharapkan ku k sekolah sma yg favorit,ya gimana lagi, karna gengsi Ku terpaksa mau masuk situ, tapi, aku suka nya matematika, hitung2ngan gitulahh. Lebih baik saya masuk mana ya? Tolong bantuannya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalau sukanya matematika, masuk ke SMA aja, nanti pelajaran lain bisa mengikuti kok. Kalau memang belum punya skill, ke SMA, kembangkan potensi akademik yang kamu miliki.

      Artikel ini hanya perantara dan perimbangan saja, tidak untuk membuat kamu mengacu pada artikel ini. Yang lebih pasti, ikuti nurani kamu :)

      Kalau ada pertanyaan mengenai teknis SMA/SMK dan lain-lain silakan komentar lagi di sini :)

      Delete
  20. Saya bingung harus masuk sma atau smk?, saya bercita-cita ingin menjadi polisi,saya suka pelajar yang berhitung jadi saya harus milih jurusan apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dio Syaputra, SMA atau SMK bisa jadi polisi, yang penting kuat fisik dan mental, nilai juga dibutuhkan :)

      Delete
  21. Kak, mau nanya nih.. Saya ini suka dengan hal yang namanya gambar, udh niat sih mau masuk jurusan multimedia soalnya kalo diterusin sma bener kata kakak, cuman punya teori doank, tapi katanya multimedia itu kata temen ku susah dan peluang di masa depan masuk ptn kuliahnya susah otomatis susah dan bla bla bla tapi aku tanya orang lain juga tanggapan nya beda beda,jadi kemaren sempat bingung,takut salah jurusan duh, menurut kakak kenapa bisa salah jurusan gitu? Ga disukai kah ato apa? Ah iya mata jurusan apa yang paling bagus itu ti kah ato balik ke kita nya lagi? Makasih kak.. Mohon di jawab dan kasih saran ya, bentar lagi pendaftaran nih /duh maaf jadi curhat gini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nisrina Salsabila, Begini, multimedia itu jurusan yang termasuk spesifik atau khusus, jadi yang dipelajari ya desain, animasi, dll, cuma itu-itu aja yang bersangkutan.

      Prospek dari multimedia itu ke depannya sebenarnya cukup baik, namun di dunia luar, masih dinilai sedikit yang membutuhkan multimedia. Jadi, dalam jangka panjangnya susah bagi multimedia. Tidak semua industri, kantor, sekolah maupun universitas nantinya membutuhkan ahli di bidang multimedia. Hanya di beberapa industri seperti pembuatan stiker, banner, dll itu bisa membutuhkan ahli multimedia (Photoshop, Corel Draw).

      Bukannya kurang bagus, tapi multimedia itu belum terlalu dikenal masyarakat luas.

      Untuk belajar sebenarnya bisa otodidak, ada juga kursus atau bisa beli buku untuk belajar multimedia lebih dalam, jadi tidak di SMK saja.

      Kalau jurusan di SMK yang sedang berkembang itu jurusan TKJ, karena industri, kantor, lembaga formal dll membutuhkan seorang teknisi yang ahli dalam komputer dalam jaringan. TKJ juga memuat multimedia, tapi hanya sedikit saja.

      Kalau masalah TI nya itu sendiri, saya kurang paham.

      Saran saya, masuk ke SMA bisa, kamu bisa tetap belajar multimedia via online atau sudah yang dijelaskan di atas, anggap saja multimedia itu hobi kamu. Banyak kok yang ahli multimedia walaupun otodidak (belajar sendiri).

      Kesimpulannya, multimedia itu belum terlalu dikenal masyarakat luas. Jadi, silakan pilih dan pertimbangkan, ikuti nurani kamu ya, dan tetap ikuti apa yang disarankan orang tuamu, komentar ini hanya sebagai tambahan saja, bukan mutlak untuk kamu ikuti :) Semoga sukses!

      Delete
  22. Ah iya kak, kalo punya minat tp bakat masih terpendam menurut kaka akhirnya bakal gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nisrina Salsabila, Kalau memiliki bakat terpendam, coba di ulangi dengan melakukannya, lalu tambahkan inovasi, sehingga bakat kamu menjadi prestasi :) Jangan dipendam terus-menerus.

      Di sinilah pentingnya kamu akan memilih jika :
      1. Bakat sebagai Hobi, atau
      2. Bakat sebagai Kemampuan

      Delete
  23. Aku juga masih bimbang mau pilih yang mana. Nem ku kecil jadi lebih baik pilih yang mana ya? Aku liat passing gradenya itu cukup untuk masuk sman tapi udah paling bawah, jadi takutnya kelempar duluan. aku juga ingin masuk jurusan tata boga, biasanya tata boga tesnya apa saja?

    aku minta pendapatnya ya, aku labil bgt. terimakasihhh, maaf nanya nya kebanyakan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan bingung-bingung, kalau ingin SMA juga bisa. Kalau ingin masuknya ke tata boga juga bisa.

      Hmm, maaf ya, belum tahu tentang tes tata boga. Coba saja mendaftar, istilahnya (mencabang), coba daftar saja, nanti kalau ada tes ikuti, tesnya gampang kok, nggak ribet :)

      Delete
  24. Bismillah mantapkan,tapi katanya masuk di sma susah kalo mau kuliah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Roozan Abid, presentase untuk kuliah bagi SMA, SMK atau MA itu seimbang asal lurus dengan jurusan sewaktu sekolah dengan saat akan mendaftar kuliah. Semoga membantu :)

      Delete
  25. gan gw bingung mau milih apa?. gw orangnya males belajar sementara gw juga blm tau skill gw apa. jdinya tuh gw masuk sma atau smk gan?????
    tolong du jwb gan thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Arkhananta Ariadilla, ayo dong tetap belajar dan jangan patah semangat! Mau SMA atau SMK itu sebenarnya prospek kok. Coba pikirkan lagi ya pilih SMA atau SMK, dengan hati yang lapang :)

      Delete
  26. Gan gw bingung deh. gw kan orangnya males belajar tpi gw juga blm tau keahlian gw apa???. jdinya gw bagusan sma atau smk tolong di jwb gan thx

    ReplyDelete
  27. Hai kak.
    Aku bingung mau pilih SMA atau SMK. Klo SMA aku lebih ingin milih IBB klo SMK aku milih Entrepreneurship. Klo jarak rumah ke SMA sih dekat trs klo SMK jauh di kota. Klo lulusan dari SMA:IBB kerjanya apa ya? klo SMK:Entrepreneurship kan jadi pengusaha. Tpi ibuku memberi saran klo SMA disyruh milih IBB karena kerja perlu penguasaan beberapa bahasa. Trs aku harus pilih yg mana ya?

    Jawab ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dewi Aprilyanti, coba pikirkan sekali lagi dengan matang, sebenarnya keduanya itu prospek dengan jurusan yang kamu pilih, mantapkan tujuan nanti lulus mau bekerja atau kuliah dan coba ambil langkah terbaiknya.

      Jika orang tua menyarankan SMA, berarti itu ada 1 poin buat kamu masuk ke SMA, semoga berhasil :)

      Delete
  28. Hai kak.
    Aku disarankan ibuku klo masuk SMA milih jurusan IBB. Sedangkan klo milih SMK aku masuk Entrepreneurship. Jarak rumah ke SMA deket klo ke SMK jauh apalagi sekarang gk boleh bawa sepeda motor.

    Mohon sarannnya ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dewi Aprilyanti, jika memang kamu disarankan begitu oleh orang tua, maka pilihlah SMA. Namun, asal jika kamu ada tekad bagus dan niat yang tinggi dengan SMK, silakan pilih SMK karena itu sesuai dengan passion kamu. Akan tetapi, jika dilihat dari komentarmu, kamu kemungkinan besar harus ke SMA, karena usia segitu juga belum memiliki cukup umur dan belum boleh membawa sepeda motor sendiri :)

      Delete
  29. Niat saya dri dulu memang udh mauu memilih lanjut SMK.
    karena Selain memiliki Ilmu bisa juga menggembangkan Skill kita.
    saya sih mau Lanjut SMK Penerbangan.. yg pasti fokus ke Mesin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Andrian Zoe, kamu mantap! Pertimbangan kamu jangan berubah lagi ya, namun kian mantapkan demi hasil yang akan dicapai nantinya. Sukses selalu :)

      Delete
  30. wahhh,masih bingung nih gann pilih sma atau smk tapi smk masih bisa kuliah kan gann walaupun bukan dari jurusan smk itu tadi tapi menurut agann masih bagus sma atau smk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bayu Wijaya, nanti untuk masuk kuliah baik SMA atau SMK itu bisa kok. Tapi dengan catatan atau contoh, SMK Otomotif tapi mau masuk kuliah kedokteran, itu yang nggak bisa dan nggak nyambung. Semoga membantu :)

      Delete
  31. terima kasih atas sarannya mas,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai BroMen, sama-sama. Semoga tidak bingung pilih SMA atau SMK ya. Mantapkan! :)

      Delete
  32. kak kalo kita smk pariwisata fo (front office) bisa masuk kuliah sastra inggris gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Abraham Gomezs, sebenarnya sih bisa saja. Tapi, dengan catatan penting, nanti kamu sewaktu daftar kuliah saingannya itu anak-anak SMA yang memiliki minat Inggris dan sudah memiliki modal bagus. Semoga membantu :)

      Delete
  33. truss kalo chef/tata boga bisa masuk kuliah sastra inggris gak

    ReplyDelete
  34. kak aku mau tanya. di setiap jurusan smk itu apakah sulit untuk dikuasai atau banyak saingan nya sehingga hanya yang punya skill terpilih untuk kerja sedangkan yang kurang tidak boleh ikut? lalu apakah bisa saya mengganti jurusan ketika saya sudah ditengah2 atau terlanjur masuk jurusan yang salah bagi saya?
    mohon penjelasanya dan saranya kak, karena saya masih amat bingung di smk itu seperti apa kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Suhendra Hendra, jangan ragu! Coba asah skill kamu di SMK. Jika memang skill yang dimiliki kurang, itu berdampak pada kegiatan pembelajaran juga berkurang atau nanti kamu kebingungan mengikuti mata pelajaran kejuruan karena kurangnya skill.

      Untuk bekerja nanti kan ada disalurkan lewat BK dengan nama Bursa Kerja Khusus, nanti coba minta ada lowongan dari perusahaan atau tidak, kan nantinya di tes lagi pas mau masuk perusahaan.

      Untuk mengganti jurusan, kemungkinan besar tidak bisa dan kasusnya juga kemungkinan tidak pernah terjadi selama SMK. Jadi kalau misal jurusan di SMK (contoh) sudah masuk di TKJ, ya nanti lulus kamu tetap jadi anak TKJ.

      Jika ada pertanyaan lain tentang SMK, tanyakan saja :)

      Delete
  35. pengen masuk sma sekalian belajar agama, tapi smk-sma-ma
    ada ga yang asrama negeri (biaya ringan) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Wiwid Chuarizmi, untuk masuk SMA, SMK atau MA, sebenarnya biaya yang dikeluarkan untuk mendaftar sebagian besar itu sama. Memang agak mahal, tapi coba cari tahu informasi dari orang-orang terdekat ya :)

      Delete
  36. hmm.. saya masih bingung nihh mau masuk SMA atau SMK nih gann.. pdahal teman2 udh pada tau kemana dia lanjut sekolahnya... kasih solusi dong gan.. cita cita saya jadi dokter..kira2 apa yg cocok nih.. makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rendy Joice Stefany, jika kamu berminat ingin melanjutkan kuliah menjadi Dokter, alangkah baiknya sekolah di SMA dengan jurusan IPA :)

      Delete
  37. saya mau tanya kalo saya masuk SMK jurusan TKJ nanti kuliahnya masuk jurusan apa? terus kalo masuk kuliah lulusan TKJ gampang gak? gampang mana antara SMA dan SMK kalo masuk kuliahnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dwitio Ahmad Pranoto, sekali lagi di sini ditekankan, baik itu SMA atau SMK itu bisa kuliah!

      Kalau kamu masuk jurusan TKJ ya nanti kuliahnya harus sesuai dengan jurusanmu. Nggak mungkin dari TKJ jadi dokter kan? Bisa di Teknik Informatika, Desain Komunikasi Virtual, Sistem Informasi, dll. Belajar yang rajin.

      Delete
  38. masih bingung nih milih smk atau sma ya. kalo hobinya gambar, desain gitu. kira-kira cocokan masuk jurusan mana ya, smk/sma?. bantu solusinya donk kak?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Elsa Septiani, untuk desain atau menggambar dengan menggunakan bidang komputer bisa masuk ke jurusan Multimedia jika ingin memperdalam lebih jauh lagi.

      Kalau SMA sebenarnya bisa, namun nanti belajar desain otodidak kalau di SMA.

      Delete
  39. pilih sma aja jadi masih ada waktu untuk pilih jurusan kuliahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anonymous, pilih SMA atau SMK itu sama saja, keduanya bisa kuliah 50:50 lah intinya.

      Makanya, tentukan sewaktu dini mau ke SMA atau SMK, biar nanti pilih Program Studi kuliah jadi tidak bingung dan yang pasti relevan dengan apa yang didapat saat masa putih abu-abu :)

      Delete
  40. Gan saya masih bingung nih milih SMA/SMK tapi saran dari kakak sama ortuku sih suruh di smk. Tapi kalau di SMK saya disuruh ambil jurusan mesin sedangkan saya belum ngerti bidang mesin. Tapi saya suka komputer/TKJ menurut agan pilih mana ya mesin atau tkj?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Unknown, ikutilah kata hati kamu dan ikutilah passion kamu. Sekarang banyak loh siswa yang salah jurusan karena omongan teman-temannya. Sekali lagi, ikuti kata hati kamu :)

      Delete
  41. Mas kalo misalnya smk ngambil jurusan multimedia,pake kacamata gapapakan trus kalo multimedia tuh ngapain aja ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ramdhan Gaming, untuk masalah itu saya masih belum mengerti. Tapi, kebanyakan sekarang yang memiliki passion di bidang komputer juga tak sedikit yang berkacamata :)

      Delete
    2. Untuk proses belajar multimedia nanti lebih lanjutnya mengenai desain grafis, seperti fotografi, videografi, editing, dan masih banyak lagi yang lainnya :)

      Delete
  42. Bang kalau lanjut di smk ngambil jurusan Teknik Sepeda Motor gimana tuh pendapatnya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anonymous, ya tidak apa-apa, asal itu sesuai dengan bakat kamu, jadi nantinya tidak 'kagok' sewaktu belajar :)

      Delete
  43. Klo SMK jurusannya TKR ntr kerjanya jd apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anonymous, bisa bekerja sebagai mekanik di bengkel kecil, menengah atau atas. Bisa juga bekerja di perusahaan atau industri otomotif :)

      Delete
  44. wahh jadi intinya yang paling dasar adalah niat insyaallah akan lancar dan betah di SMA atau SMK. jadi jangan takut deh Tuhan kan udah ada rencana bagi kita semua betul
    gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anonymous, betul! Yang paling pertama adalah niat dan kemauan kita untuk melanjutkan pendidikan demi belajar :)

      Delete
  45. Ane udah mantep pilih jurusan audio video apalagi bapak ane service elektronik ..
    Menurut kakak jurusan audio video biasanya kerja di mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ade Yulian77, jika ingin memiliki pengalaman baru dan wawasan yang luas, bisa bekerja di industri elektronik :)

      Delete
  46. Kalau masalah kuliah, sma lah yang menang apalagi dari jurusan ipa bisa milih jurusan apa saja yg ada di smk, tpi kalau smk gk bisa pilih jurusan lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Hans Maulana, benar sekali. Namun, SMK juga masih bisa berpeluang kuliah di Program Studi lain yang tidak ada sangkut pautnya, tapi itu kesempatannya sangat kecil dan sangat sulit :)

      Delete
  47. gan,saya mau bertanya,cita-cita berkeinginan untuk menjadi dokter,tapi saya masih bingung untuk memilih SMA/SMK dimana,tapi dalam hati nurani saya,saya sudah menjawab untuk masuk ke SMA,tapi Saya takut kalau nanti sudah lulus,gak ada lowongan kerja.dan sebaliknya dengan SMK,kalau ke SMK saya memilih jurusan pariwisata,tetapi saya ingin berlanjut ke jenjang perguruan tinggi jurusan kedokteran,apakah itu bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anonymous, jika ingin melanjutkan kuliah di program studi Kedokteran, alangkah baiknya untuk mengambil SMA. SMK memang difasilitasi muridnya untuk langsung bekerja dengan penyaluran melalui BKK.

      Jika memang kamu benar-benar berniat menjadi dokter, alangkah baiknya untuk mengambil SMA :)

      Delete
  48. Kalo pengen masuk sekolah penerbangan, mending pilih sma ato smk ya gan?

    ReplyDelete
  49. Min prospek yang Bagus buat jenjang karir kita di masa depan nanti.. lebih baik smk/sma? Jadi gini min ane udah masuk smk terus ane ngmbil jurusan tkj setlah ada kali 2 minggu ane minta keluar sekolah soal nya gabetah. Gabetahnya disana pendidikan nya terlalu disiplin dan aturan nya sangat keras dan terlalu fullday senin sampai minggu itu tetap sekolah dan minggu wajib ikut ekskul RTC.. ane gabetah karena pulang nya terlalu lama bisa sampai jam 4-5 kalo produktif sampai jam 6-7 itu sekolah apa di penjara min .. jadi ane putuskan untuk keluar sekolah tersebut min ..sekarang ane masih terlantar belum sekolah min masih bingung.. yang jadi intinya pertanyaan ane BAGUS MANA PROSPEK UNTUK BISA JADI SUKSES APAKAH SMK(apa jurusan yang Bagus untuk sukses)/SMK (SEBUTKAN JURUSAN YANG BAGUS MIN BUAT SUKSES DAN MENJAMIN MASA DEPAN NANTI)


    - mohon pencerahanya #saya Reggi dari Depok (salam)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Reggi, SMK memang kebanyakan memiliki tata tertib seperti itu. Hal ini dikarenakan agar muridnya bisa disiplin saat nanti masuk ke dalam dunia kerja. Akan tetapi, melihat proses belajar kamu, saya sendiri juga jadi bingung.

      Tapi itu semua kembali pada dirimu masing-masing, sesuai dengan niat. Jika memiliki bakat, lanjutkan di SMK. Jika memiliki keinginan belajar, cobalah untuk di SMA, semoga membantu :)

      Delete
  50. saya kan suka belajar bahasa ada niat juga mau kuliah jurusan bahasa.. saya bingung mau pilih sma atau smk soalnya kalo smk bisa langsung kerja tapi saya gak terlalu tau tentang smk. Kalo sma saya bingungnya milih jurusan ipa apa ips. Kira kira lebih baik smk atau sma ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Cicadas Bogor, jika memang benar-benar ingin melanjutkan kuliah di Program Studi Bahasa, alangkah baiknya untuk mengambil SMA. Namun, SMK juga bisa masuk ke Bahasa, tapi saya lebih menyarankan SMA :)

      Delete

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top