19 Mar 2015

Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Ciri kebahasaan pada teks prosedur kompleks - Bagi yang telah mengerti pengertian dan struktur teks prosedur kompleks tentu sekarang kita akan membahas apa itu ciri kebahasaan yang dimiliki teks tersebut. Teks ini ditandai ciri-ciri kebahasaan seperti berikut ini :

Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

  • Menggunakan kata kerja material. Kata kerja material ini merupakan kata kerja yang merujuk pada suatu tindakan fisik, seperti : (menambahkan) dan (diminum). Contoh : "Buatlah kopi dengan menambahkan 2 sendok penuh gula pasir" dan "Kopi siap untuk diminum".
  • Menggunakan kata kerja aksi dalam menjelaskan suatu perilaku. Kata kerja aksi ini adalah kata kerja yang mengacu pada perilaku yang tampak, seperti : (menolak, menerima, merelakan, menyetujui).
  • Menggunakan konjungsi syarat, pilihan dan pengandaian. Konjungsi syarat adalah konjungsi yang mengacu/merujuk pada syarat. Konjungsi pilihan adalah konjungsi yang dimana mengacu pada pilihan. Konjungsi pengandaian adalah salah satu konjungsi yang mengacu dengan pengandaian. Ketiga jenis konjungsi di atas menggunakan kata yang sama seperti : (jika, jikalau, kalau, manakala, apabila, seandainya).
  • Menggunakan konjungsi temporal yakni konjungsi yang merujuk pada urutan waktu dan sekaligus sebagai sarana kohesi teks. Seperti : (pertama, kedua, lalu, kemudian).
  • Menggunakan kalimat perintah. Seperti : (Buatlah, tulislah).
  • Menggunakan partisipan manusia dengan umum. Menyuruh untuk menulis dan yang diminta melakukan  sesuatu yang disuruh adalah setiap orang meskipun yang dimaksud dalam tekas ialah Anda sendiri.
  • Konjungsi syarat/pilihan/pengandaian kadangkala digunakan sebagai salah satu bukti teks prosedur kompleks tidak dijumpai di dalam teks.
  • Menggunakan kata sifat untuk menandai suatu kondisi.
Nah itulah beberapa ciri kebahasaan teks prosedur kompleks, selamat membaca dan semoga berhasil ya teman.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!

Wah! Orang-orang di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 850 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berpendapat!

Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

 
Admin - FAQ - Kontak Kami - Perjalanan - Privacy Policy - Tentang HabibullahURL
Back To Top