Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

1 Mar 2015

Hukum berdasarkan Sumber dan Bentuknya


Ads

Ads
Hukum berdasarkan Sumber dan Hukum berdasarkan Bentuknya - Untuk kali ini, admin akan membahas mengenai penggolongan atau pengklasifikasian hukum yang berdasarkan ilmu hukum. Seperti contohnya adalah berdasarkan sumber dan bentuknya.

Hukum berdasarkan Sumber dan Bentuknya

Hukum berdasarkan Sumbernya

Berdasarkan sumber, hukum dibagi menjadi :
  1. Hukum undang-undang. Adalah hukum yang ada atau tercantum pada peraturan perundang-undangan.
  2. Hukum kebiasaan. Adalah suatu hukum yang ada di peraturan kebiasaan.
  3. Hukum traktat. Adalah hukum yang ditetapkan oleh negara pada perjanjian antarnegara.
  4. Hukum yurisprudensi. Adalah hukum yang terbentuk karena adanya keputusan hakim.

Hukum berdasarkan Bentuknya

  • Hukum tertulis, dibedakan menjadi 2 yakni :
    • Hukum tertulis yang dikodifikasikan. Adalah hukum yang disusun secara lengkap, sistematis, teratur dan dibukukan sehingga tidak akan perlu adanya peraturan pelaksanaan. Misal, seperti UU Perkawinan, UU Agraria dan UU HAM.
    • Hukum tertulis yang tidak dikodifikasikan. Adalah hukum yang tertulis, namun tidak disusun dengan sistematis, dan terpisah-pisah sehingga masih sering memerlukan adanya peraturan pelaksanaan dalam penerapannya. Misal, seperti Traktat dan Perjanjian Bilateral.
  • Hukum tidak tertulis, yakni suatu hukum yang hidup dan diyakini oleh masyarakat dan sipatuhi serta tidak terbentuk menurut prosedur yang formal, namun lahir dan tubuh di masyarakat itu sendiri, semisal Hukum Adat.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top