Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

2 Mar 2015

Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua


Ads

Ads
Keutamaan/Keuntungan atau Manfaat Berbakti pada kedua orang tua - Berbakti kepada kedua orang tua memang wajib hukumnya bagi seorang anak. Mereka tidak boleh membuat orang tua mereka sedih. Lalu, apa saja manfaat berbakti kepada orang tua itu?

Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua

Keutamaan Berbakti kepada Kedua Orang Tua

  • Merupakan suatu amal yang utama
Berbakti kepada kedua orang tua ini merupakan salah satu amal yang paling utama. Mengapa paling utama? Karenan adanya dasar dari Hadits Nabi yang telah disepakati oleh Bukhari dan Muslim, dari sahabat Abu Abdirrahman Abdullah bin Mas'ud berkata :
"Aku bertanya kepada Nabi tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah? Nabi menjawab, pertama Shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya), kedua Berbakti kepada kedua Orang Tua, ketiga Jihad di jalan Allah." (Hadits Riwayat Bukhari).
  • Akan mendapatkan Ridho Allah melalui Ridho Kedua Orang Tua
Allah memberikan ridhonya tergantung dari ridho kedua orang tua. Pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Tirmidzi Hakim bahwa Rasulullah bersabda :
"Ridho Allah tergantung kepada keridhoan Orang Tua dan murka Allah tergantung kepada kemurkaan Orang Tua."
  •  Penghilang kesulitan yang tengah dihadapi
Perbuatan berbakti kepada orang tua yang pernah kita lakukan untuk mereka, sapat digunakan sebagai bertawassul kepada Allah saat kita tengah mengalami kesulitan/kesusahan. Insya Allah, kesulitan tersebut akan segera hilang.
  • Menghapus dosa besar
Ibnu Umar meriwayatkan bahwasannya ada seseorang laki-laki datang kepada Rasulullah dan berkata :
"Saya telah melakukan suatu dosa besar. Apakah mungkin dosa itu diampuni?" Rasulullah bertanya, "Apakah kedua ibu bapakmu masih hidup?" Lelaki itu dengan sedih menjawab, "Keduanya telah meninggal dunia." Rasulullah bertanya lagi, "Apakah kau punya khallah (saudara ibu)?". "Ya, punya." Jawab lelaki itu. Maka Rasulullah kembali bersabda, "Baktikanlah dirimu kepadanya." (HR Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Hakim).

  • Usia yang dipanjangkan dan dilimpahkan rezekinya
Rasulullah bersabda :
"Siapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dilimpahkan rezekinya, hendaklah ia berbakti kepada Ibu Bapaknya dan memelihara silaturahim." (HR Ahmad).


  • Masuk ke dalam Surga
Rasulullah bersabda :
"Pintu tengah terbuka untuk orang-orang yang birrul walidain. Barangsiapa yang berbakti kepada Ibu Bapaknya, akan terbukalah pintu itu, dan siapa yang durhaka kepada keduanya, tertutuplah pintu itu baginya. " (Dikeluarkan oleh Ibnu Shahih dalam "At-Targib" dan oleh Ad-Dailami dalam Musnadil Firdaus).
  • Mendapatkan bakti yang sama dari anak keturunan
Rasulullah bersabda :
"Janganlah kalian mengganggu wanita milik orang lain, niscaya wanita milikmu tak akan diganggu orang, dan berbaktilah kepada Ibu Bapak kalian, agar anak-anakmu kelak berbakti kepadamu. Barangsiapa yang diminta maaf oleh saudaranya, hendaklah dimaafkannya, baik ia salah atau benar. Jika tidak ada yang mengamalkannya, maka ia tidak akan mendatangi Al-haud (sebuah danau) di surga," (HR Al-Hakim).

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top