29 Mar 2015

Penghasilan Rata-rata Blogger di Indonesia

Penghasilan/Pendapatan rata-rata Blogger di Indonesia - Pendapatan dari blog tentu merupakan upaya yang sangat mengagumkan. Penghasilan blogger ini dapat menjadi penghasilan tambahan atau bahkan penghasilan utama. Penghasilan jutaan rupiah dengan bermain blog bukanlah sebuah mimpi yang penting adalah usaha, kerja keras dan berdoa.

Sebanarnya, untuk mendapatkan penghasilan melalui blog ini, memang sangat banyak sekali upaya yang dicoba. Seperti memasang iklan, menawarkan jasa, membagikan produk orang lain di dalam Internet dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari semua jalan di atas, tentu juga memiliki penghasilan yang berbeda-beda. Jika Anda menguasai salah satunya, lakukanlah dan jangan dipendam karena bakat itu akan menjadi tambang penghasilan bagi Anda sendiri.

Penghasilan rata-rata blogger

Sehingga sangat banyak jalan yang kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan, maka, kita dapat mengungkapnya satu persatu seberapa banyak penghasilan yang didapat. Penghasilan di bawah ini bukan penghasilan mutlak, hanya berdasar Studi Kasus yang ditemui. Entah ada yang mengunggah foto penghasilan, membuat status penghasilan dan lain-lain. Dengan adanya artikel ini, menjadi motivasi untuk kita semua bermain sebuah blog dengan tekun.

1. Penghasilan dari Program Periklanan

Banyak sekali program periklanan internet yang menawarkan jasa ini. Besar kecilnya penghasilan terkadang dapat berdasar periklanan itu sendiri atau kualitas blog yang kita miliki. Penyedia Periklanan ini meliputi seperti :
  1. Google AdSense
  2. Chitika
  3. Sitti
  4. Kliksaya
  5. Iklanblogger
  6. idBlogNetwork
  7. Adplus
  8. dan sebagainya
Tidak sedikit blog yang menggunakan Penyedia Periklanan di atas. Yang paling besar penghasilan untuk saat ini adalah Google AdSense, program periklanan internet yang sangat terkemuka di seluruh dunia. Periklanan ini memberikan bayaran tertinggi dari semua penyedia iklan yang ada.

Paling kecil atau seminimal mungkin blogger mendapatkan penghasilannya adalah tergantung kualitas blog mereka sendiri. Paling tidak seminimal mungkin blogger memiliki penghasilan kurang lebih 100.000 dalam sebulan atau bisa dua bulan atau bahkan lebih.

Mengapa 100.000? Karena kebanyakan untuk minimal melakukan Pay Out / Gajian dari Blogger rata-rata 100.000 rupiah. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Google AdSense, karena minimal yang harus diambil adalah 1.000.000 rupiah, baru bisa gajian.

Namun, jika suatu blog memiliki kualitas konten yang sangat bagus di mata pengunjung, tentu penghasilan yang diberikan akan tinggi. Paling tidak, untuk blogger yang memiliki reputasi cukup dengan memiliki penghasilan sebesar 1.000.000 setiap bulan atau per dua bulan itu sudah sangat cukup baik.

Berbeda lagi jika sebuah blog memiliki kualitas yang tinggi, penghasilan yang didapatkan juga akan sangat tinggi pula. Bahkan dengan penghasilan ini, kita dapat menyaingi penghasilan orang kantor sekalipun. Paling tidak dengan mendapatkan 5.000.000 per bulan itu sudah sangat baik sekali.

Maka, dapat kita ambil kesimpulan berdasar kualitas blog dalam penayangan program iklan adalah sebagai berikut :
  • Blog yang kurang bagus dan kurang terawat = 50.000 per 1 atau 2 bulan
  • Blog yang kurang bagus dan agak terawat = 100.000 per 1 atau 2 bulan
  • Blog yang cukup bagus dan terawat = 500.000 per 1 atau 2 bulan
  • Blog yang bagus dan terawat = 1.000.000 per 1 atau 2 bulan
  • Blog yang bagus dan sangat terawat = 3.000.000 per 1 bulan
  • Blog yang sangat bagus = 5.000.000 per 1 bulan
  • Blog yang istimewa = 10.000.000 per 1 bulan
  • Blog yang sangat istimewa = 20.000.000 per 1 bulan
*Penghasilan di atas hanyalah sebagai pengetahuan saja (pendapat pribadi), bukan menjadi mutlak. Karena banyak blogger yang mendapatkan hasil di atas atau di bawah itu.

Penghasilan yang tertera di atas bukanlah penghasilan yang wajib didapatkan. Bukan! Penghasilan di atas hanya karena sebagian besar rata-rata blogger mendapatkan uangnya dari itu. Bahka ada yang mendapatkan penghasilan lebih dari sana. Jadi, untuk mendapatkan hasil yang lebih, kembali pada diri kita masing-masing untuk saling giat berusaha dan berdoa.

2. Menawarkan jasa Penulis Artikel

Sudah dibilang beberapa kali, bahwa mendapatkan penghasilan dari blog bukan hanya dari 1 jalan, namun banyak jalan, terutama salah satu contohnya adalah dengan membuka Jasa Penulisan Artikel. Mengapa memasang jasa ini? Karena kita tahu banyak blogger yang kurang merawat blog yang dimilikinya sehingga dengan adanya jasa ini tentu akan lebih membantu.

Beragam penghasilan yang dapat didapat dengan Jasa ini. Seperti uang, pulsa dan sebagainya. Tidak tentu memang, berdasar kesepakatan yang telah disetujui. Tapi, bisnis ini tidak kalah menjanjikan dengan bisnis di poin nomor 1 yakni Program Periklanan.

Anda memiliki kemampuan dalam menulis, salurkanlah bakat Anda ke dalam blog yang tengah membutuhkan seorang penulis. Tentu ini akan menjadi hal yang bermanfaat dan menguntungkan bagi keduanya. Harga yang dipatok akan lebih beragam, tergantung kualitas tulisan dan apalagi SEO yang baik.
  • Kualitas tulisan baik (100-150 kata) = 5000 per 1 atau 2 artikel
  • Kualitas tulisan baik (150-200 kata) = 7000 per 1 artikel
  • Kualitas tulisan lumayan baik (200-250 kata) dan SEO = 10000 per 1 artikel
  • Kualitas tulisan sangat baik (250-300 kata) dan SEO = 15000 per 1 artikel
  • Kualitas tulisan sangat baik (300-350 kata) dan sangat SEO = 20000 per 1 artikel
  • Kualitas tulisan Istimewa dan Berbakat serta SEO sekali = 30000-50000 per 1 artikel
*Penghasilan di atas bukanlah mutlak, kadang murah kadang mahal agar dapat menarik minat pembeli jasa tersebut. Penghasilan di atas hanya sebagai pengetahuan saja.

Jika Anda memiliki bakat kemampuan yang sangat baik dan Istimewa, sudah benar menurut EYD, penggunaan tata bahasa, kata baku dan tidak baku dan menguasai syarat penulisan yang baik, maka salurkanlah bakat kalian di dalamnya. Terlebih, jika konten bahasa Inggris akan dibayar lebih mahal sekitar 30%-70% daripada artikel bahasa Indonesia. Lebih mahal karena artikel bahasa Inggris tergolong sangat sulit untuk dibuat.


Memang hanya baru beberapa blogger yang mendapatkan penghasilan antara ratusan juta hingga milyaran per bulan. Tapi, janganlah berputus asa, kalian bisa memperolehnya dengan usaha yang keras dan tentunya berdoa.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!

52 komentar

Ohh, gitu ya mas ? berarti google adsense itu yang paling mendukung untuk mendapatkan uang ya mas

Artikel Bermanfaat mas .

Ditunggu kunjungan baliknya

Memang paling tenar hingga saat ini Google AdSense karena terbukti banyak Publisher yang telah mendapatkan gajinya, dan tidak sedikit yang gajinya gede.

Kalo blog ini penghasilannya berapa ya? pasti gede :D

Seberapapun penghasilannya mas, harus dan wajib untuk kita syukuri :)

Ulasan yg informatif. Go Indonesian bloggers!!!

Pengen daftar GA tapi blom ada persiapan yang matang..perlu waktu untuk itu...

Orang Indonesia juga memiliki SDM yang tinggi dan harus bisa memanfaatkannya.

Mencoba itu memang perlu, saya juga sudah mencoba dan ditolak hingga 4x dan Alhamdulillah diterima.

Nti uangnya gmna dkirimnya mas

Dikirimnya bisa pakai Bank dan bisa pakai Western Union.

Pengelompokkan pendapatnnya bagus sekali. Gambaran pada umumnya para pemilik blog personal.

Semoga blogger makin jaya dan menjadi profesi yang dipandang di indonesia, dan tidak hanya memandang pekerjaan orang yang pakai jas dan sepatu pantofel yang belum tentu gajinya lebih besar dari seorang blogger :)

Wuih jadi semangat ngeblog gan kalau hasilnya sebanyak itu

Hai Pojok Cyber, saat ini memang banyak yang sukses dari Personal Blog dan bersiap bersaing dengan Website Berita. Mereka berani berfikir untuk maju :)

Hai Tipe Pedia, membaca memang bisa menambah wawasan, informasi juga semakin bertambah :)

Hai Aries Asharry, menjadi Blogger kadang mudah kadang susah. Dan menjadi Blogger juga salah satu bentuk lahan pekerjaan lho, sehingga pengangguran yang menekuni hal ini, maka bisa menurun jika mereka serius :)

Hai Krisna Bara, artikel ini juga bisa menjadi pemicu naiknya semangatmu lho! Jangan hanya baca, praktikkan juga ya! :)

saangat membatu kang,, jadi semangat ngeblog kalau bisa menghasilkan

Nice share.. Go Indonesian blogger!

Alhamdulillah saya sudah praktek, meskipun belum menghasilkan... semangat blogger. :)

lumayan sedih juga, ga bisa ikutin dapat dolar, karena blog admin wordpress, padahal ada 30 ribu page view perhari, tapi untungnya misi awal ane bukan uang, jadi aman aja..

ane ngandalain jualan aja gan pengunjung blog cuman 100-200/hari hasil5-10 jt/bln

ada banyak jalan menujj ciamis ehh... maksudnya 'roma'. saya selain ppc juga memanfaatkan program affiliasi untuk menambah pundi2 receh.. sebagai blogger juga bisa jualan theme

ngandelin iklan kalau gak pakai adsense hasilnya dikit, jadi susah kalau belum diterima

Informasinya cukup menghibur gan, walaupun beberapa blog yg saya kelola belum menghasilkan, setidaknya msh punya semangat utk tetap menulis dan berbagi. Salam kenal

Sebenernya hitungan diatas menurut saya sih ga mutlak gan, kadang ada tuh artikel yng isinya 500 kata doank, traffik pembaca nya lebih banyak dari yang 2000 kata. klo menurut saya sih lebih baik mementingkan kualitas dibanding kuantitas..hehe , tpi info ini cukup bermanfaat gan, minimal untuk menambah pengasilan dari adsense, sebagi motivasi gitu maksudnya hehe

Nice info gan.. Tapi saya masih kurang paham agan mengambil acuan hitungan tersebut dari mananya. hehee.

Saat baru memulai pasti semua orang begitu, semua akan ada hasilnya di atas 7 bulan kok, paling cepat ya sekitar 5 bulan :)

Setiap usaha pasti menghasilkan kok tergantung dari niatnya aja :)

Wah saya jualan ga laris-laris gan, bisa share teknik jualannya gan? :D

Wah saya jualan ga laris-laris gan, bisa share teknik jualannya gan? :D

Saya belum nyoba afiliasi tuh, kayaknya memang bagus tapi belum sempat tertarik, alhasil fokus ke PPC dulu :D

Kalau trafiknya banyak coba pakai PopCash gan :)

Iya gan, dalam masa-masa proses pasti muncul rasa malas dan berada di titik jenuh, akan tetapi, semua itu akan indah pada waktunya. Salam kenal juga :D

Iya gan itu emang ngga mutlak cuma buat tolak ukur seseorang biar lebih semangat, menjadi motivasi gitu :) Tambahannya juga keren tuh gan

Saya juga kurang paham :D itu bukan mutlak seperti itu kok pendapatannya, tergantung hasil usaha gan

kapan web saya menghasilkan ya, sampai sekarang belum pernah mendapatkan pendapatan dari website

Semua butuh proses kok gan dan rintangan tersendiri, hasilnya pasti ngejar2 agan :)

gan penghasilan agan rata'' perbulan 1jt lebih apa kurang gan ?

Insya Allah :)

Soalnya penghasilan saya naik turun, tidak seperti karyawan selalu tetap lalu bertambah ;)

hi.. i am newbie nih.. masih belum paham peakaiannya dan penyebarannya.. MOhon petunjuknya dan lihat blog saya apa yang kurang dan salah disitu ya.. Mohon dukungan para pakar2 yg ganteng dan cantik2 disini,

Please Check ya guys n mohon kritik dan sarannya.

http://the7thskyprod.blogspot.co.id/

Heeemm, bagi saya seorang pelajar sudah mendapatkan 100rb / 1 bulan sudah sangat bangga mas :D

ada Yang Tau Gak Berapa Penghasilan Blog Juragan Cipir ??

Kalo agan udah masuk katagori penghasilan berapa ni dari blogging.?
saya juga mulai suka sama dunia blog ni visit ya bloog ane kasih pendapatnya yah.. http://abelricardo.blogspot.com/

Hai Androwsblog, tentu harus sangat bangga, karena seorang pelajar juga bisa menghasilkan uang :)

Hai Ayam, setahu saya, saat browsing di Juragan Cipir, incomenya di atas UMK Surabaya :)

Hai Arlita Fajarianto, dari 0 lah agan bisa mendapatkan 100, 1000, 10.000, 100.000, bahkan hingga 1.000.000 dalam sehari, tetap semangat! :)

Hai Abel Ricardo, wah kalau masalah itu rahasia perusahaan gan hehe. Bagus blognya gan, tapi agak berat :)

Wah! Orang-orang di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 850 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berpendapat!

Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

 
Admin - FAQ - Kontak Kami - Perjalanan - Privacy Policy - Tentang HabibullahURL
Back To Top