Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

29 Mar 2015

Penghasilan Rata-rata Blogger di Indonesia


Ads

Ads
Penghasilan/Pendapatan rata-rata Blogger di Indonesia - Pendapatan dari blog tentu merupakan upaya yang sangat mengagumkan. Penghasilan blogger ini dapat menjadi penghasilan tambahan atau bahkan penghasilan utama. Penghasilan jutaan rupiah dengan bermain blog bukanlah sebuah mimpi yang penting adalah usaha, kerja keras dan berdoa.

Sebanarnya, untuk mendapatkan penghasilan melalui blog ini, memang sangat banyak sekali upaya yang dicoba. Seperti memasang iklan, menawarkan jasa, membagikan produk orang lain di dalam Internet dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari semua jalan di atas, tentu juga memiliki penghasilan yang berbeda-beda. Jika Anda menguasai salah satunya, lakukanlah dan jangan dipendam karena bakat itu akan menjadi tambang penghasilan bagi Anda sendiri.

Penghasilan rata-rata blogger

Sehingga sangat banyak jalan yang kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan, maka, kita dapat mengungkapnya satu persatu seberapa banyak penghasilan yang didapat. Penghasilan di bawah ini bukan penghasilan mutlak, hanya berdasar Studi Kasus yang ditemui. Entah ada yang mengunggah foto penghasilan, membuat status penghasilan dan lain-lain. Dengan adanya artikel ini, menjadi motivasi untuk kita semua bermain sebuah blog dengan tekun.

1. Penghasilan dari Program Periklanan

Banyak sekali program periklanan internet yang menawarkan jasa ini. Besar kecilnya penghasilan terkadang dapat berdasar periklanan itu sendiri atau kualitas blog yang kita miliki. Penyedia Periklanan ini meliputi seperti :
  1. Google AdSense
  2. Chitika
  3. Sitti
  4. Kliksaya
  5. Iklanblogger
  6. idBlogNetwork
  7. Adplus
  8. dan sebagainya
Tidak sedikit blog yang menggunakan Penyedia Periklanan di atas. Yang paling besar penghasilan untuk saat ini adalah Google AdSense, program periklanan internet yang sangat terkemuka di seluruh dunia. Periklanan ini memberikan bayaran tertinggi dari semua penyedia iklan yang ada.

Paling kecil atau seminimal mungkin blogger mendapatkan penghasilannya adalah tergantung kualitas blog mereka sendiri. Paling tidak seminimal mungkin blogger memiliki penghasilan kurang lebih 100.000 dalam sebulan atau bisa dua bulan atau bahkan lebih.

Mengapa 100.000? Karena kebanyakan untuk minimal melakukan Pay Out / Gajian dari Blogger rata-rata 100.000 rupiah. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Google AdSense, karena minimal yang harus diambil adalah 1.000.000 rupiah, baru bisa gajian.

Namun, jika suatu blog memiliki kualitas konten yang sangat bagus di mata pengunjung, tentu penghasilan yang diberikan akan tinggi. Paling tidak, untuk blogger yang memiliki reputasi cukup dengan memiliki penghasilan sebesar 1.000.000 setiap bulan atau per dua bulan itu sudah sangat cukup baik.

Berbeda lagi jika sebuah blog memiliki kualitas yang tinggi, penghasilan yang didapatkan juga akan sangat tinggi pula. Bahkan dengan penghasilan ini, kita dapat menyaingi penghasilan orang kantor sekalipun. Paling tidak dengan mendapatkan 5.000.000 per bulan itu sudah sangat baik sekali.

Maka, dapat kita ambil kesimpulan berdasar kualitas blog dalam penayangan program iklan adalah sebagai berikut :
  • Blog yang kurang bagus dan kurang terawat = 50.000 per 1 atau 2 bulan
  • Blog yang kurang bagus dan agak terawat = 100.000 per 1 atau 2 bulan
  • Blog yang cukup bagus dan terawat = 500.000 per 1 atau 2 bulan
  • Blog yang bagus dan terawat = 1.000.000 per 1 atau 2 bulan
  • Blog yang bagus dan sangat terawat = 3.000.000 per 1 bulan
  • Blog yang sangat bagus = 5.000.000 per 1 bulan
  • Blog yang istimewa = 10.000.000 per 1 bulan
  • Blog yang sangat istimewa = 20.000.000 per 1 bulan
*Penghasilan di atas hanyalah sebagai pengetahuan saja (pendapat pribadi), bukan menjadi mutlak. Karena banyak blogger yang mendapatkan hasil di atas atau di bawah itu.

Penghasilan yang tertera di atas bukanlah penghasilan yang wajib didapatkan. Bukan! Penghasilan di atas hanya karena sebagian besar rata-rata blogger mendapatkan uangnya dari itu. Bahka ada yang mendapatkan penghasilan lebih dari sana. Jadi, untuk mendapatkan hasil yang lebih, kembali pada diri kita masing-masing untuk saling giat berusaha dan berdoa.

2. Menawarkan jasa Penulis Artikel

Sudah dibilang beberapa kali, bahwa mendapatkan penghasilan dari blog bukan hanya dari 1 jalan, namun banyak jalan, terutama salah satu contohnya adalah dengan membuka Jasa Penulisan Artikel. Mengapa memasang jasa ini? Karena kita tahu banyak blogger yang kurang merawat blog yang dimilikinya sehingga dengan adanya jasa ini tentu akan lebih membantu.

Beragam penghasilan yang dapat didapat dengan Jasa ini. Seperti uang, pulsa dan sebagainya. Tidak tentu memang, berdasar kesepakatan yang telah disetujui. Tapi, bisnis ini tidak kalah menjanjikan dengan bisnis di poin nomor 1 yakni Program Periklanan.

Anda memiliki kemampuan dalam menulis, salurkanlah bakat Anda ke dalam blog yang tengah membutuhkan seorang penulis. Tentu ini akan menjadi hal yang bermanfaat dan menguntungkan bagi keduanya. Harga yang dipatok akan lebih beragam, tergantung kualitas tulisan dan apalagi SEO yang baik.
  • Kualitas tulisan baik (100-150 kata) = 5000 per 1 atau 2 artikel
  • Kualitas tulisan baik (150-200 kata) = 7000 per 1 artikel
  • Kualitas tulisan lumayan baik (200-250 kata) dan SEO = 10000 per 1 artikel
  • Kualitas tulisan sangat baik (250-300 kata) dan SEO = 15000 per 1 artikel
  • Kualitas tulisan sangat baik (300-350 kata) dan sangat SEO = 20000 per 1 artikel
  • Kualitas tulisan Istimewa dan Berbakat serta SEO sekali = 30000-50000 per 1 artikel
*Penghasilan di atas bukanlah mutlak, kadang murah kadang mahal agar dapat menarik minat pembeli jasa tersebut. Penghasilan di atas hanya sebagai pengetahuan saja.

Jika Anda memiliki bakat kemampuan yang sangat baik dan Istimewa, sudah benar menurut EYD, penggunaan tata bahasa, kata baku dan tidak baku dan menguasai syarat penulisan yang baik, maka salurkanlah bakat kalian di dalamnya. Terlebih, jika konten bahasa Inggris akan dibayar lebih mahal sekitar 30%-70% daripada artikel bahasa Indonesia. Lebih mahal karena artikel bahasa Inggris tergolong sangat sulit untuk dibuat.


Memang hanya baru beberapa blogger yang mendapatkan penghasilan antara ratusan juta hingga milyaran per bulan. Tapi, janganlah berputus asa, kalian bisa memperolehnya dengan usaha yang keras dan tentunya berdoa.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top