Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

1 Apr 2015

Adab Seorang Murid kepada Guru

Adab seorang Murid/Siswa/Pelajar kepada Guru - Terhadap Guru, kita layaknya Siswa harusnya menghormatinya. Jasa yang telah diberikan Guru kepada muridnya, selayaknya murid/sebagai pelajar menerapkan segala perilaku/adab yang baik terhadap guru.

Sesuai dengan tingginya martabat seorang guru, maka para ulama juga menghormati guru mereka. Diantara cara mereka memperlihatkan penghormatan mereka terhadap guru ialah seperti :

Adab seorang Murid kepada Guru


  • Bersikap merendah diri terhadap ilmu dan guru juga senantiasa menuruti perintah serta nasihat-nasihat yang diberikan guru, dan senantiasa untuk meminta pendapat serta pandangan guru dalam setiap urusan mereka.
  • Memandang guru dengan perasaan dengan penuh hormat, dan takzim serta mempercayai ilmu di dalam bidangnya.
  • Senantiasa untuk mengamalkan segala ilmu yang telah diberikan oleh guru sehingga ilmu dari guru menjadi ladang pahala bagi guru kita.
  • Memanggil guru dengan santun dan kesopanan.
  • Tidak melakukan debat dengan guru, apalagi hanya sekedar debat yang kusir. Sesungguhnya berbantah-bantah itu pada umumnya merupakan sesuatu perbuatan yang keji terlebih dengan guru.
  • Berterima kasih kepada guru atas segala bimbingan dalam kebaikan dan teguran atas segala kekurangan yang ada.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top