Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

2 Apr 2015

Cara Merancang Karya Kerajinan Limbah Tekstil


Ads

Ads
Bagaimana Cara Merancang Kerajinan dengan Bahan Limbah Tekstil? - Di dalam merancang sebuah karya kerajinan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Merancang Kerajinan ini juga merupakan proses yang sangat penting sehingga konsumen dapat tertarik dengan hasil karya/kerajinan yang telah kita buat dan kita miliki. Maka, ada beberapa tahap yang harus ditempuh, yakni :

Merancang Karya Kerajinan Limbah Tekstil


  1. Dapat dengan mengamati kebutuhan masyarakat, yakni dengan melihat jeli kebutuhan yang tengah diperlukan masyarakat pada saat ini atau sekarang. Sebagai salah satu contohnya, saat ini para professional memiliki telefon genggam/ponsel lebih dari 1 buah ponsel sehingga dibutuhkan adanya dompet kecil yang dapat berguna menjadi bawaan sejumlah alat komunikasi yang mereka miliki. Sehingga, dari hasil pengamatan dapat ditemukan bahwa kebutuhan masyarakat adalah dengan adanya dompet kecil untuk meletakkan alat komunikasi mereka.
  2. Mencari sebuah ide/inspirasi, yakni bagaimana dan seperti apa bentuk, corak, warna dan bahan yang tepat digunakan untuk merancang dan membuat sebuah dompet kecil yang berguna untuk menyimpan alat komunikasi itu.
  3. Mengolah berbagai ide/inspirasi yang untuk dijadikan sebuah inspirasi yang tepat kemudian mencatat dalam bentuk sketsa sebagai salah satu bahan dokumentasi dan dapat mengembangkan desain alternatif.
  4. Merancang proses produksi, menetapkan langkah-langkah yang harus atau wajib untuk dilakukan untuk memproduksi karyanya.
  5. Proses produksi yakni dengan mewujudkan ide menjadi salah satu benda dengan menggunakan bahakn baku yang ada, dan dapat diolah sesuai dengan fungsi serta ukuran yang tengah dibutuhkan.


Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top