Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

23 Apr 2015

Keunggulan Iklim di Indonesia

Keunggulan Iklim di Indonesia - Indonesia merupakan salah satu Negara yang tergabung di dalam Benua Asia, tepatnya di Asia Tenggara. Indonesia ini juga terlintasi langsung oleh matahari atau berada dalam Garis Khatulistiwa. Maka dari itu, Indonesia merupakan negara yang memiliki Iklim tropis.

Keunggulan Iklim di Indonesia

Indonesia terletak di daerah yang memiliki Iklim tropis. Indonesia ini juga terletak diantara 2 buah benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, dengan adanya keadaan tersebut, maka Indonesia memiliki pola arah angin yang berganti setiap setengah tahun sekali yakin adalah Angin Musim Barat dan Angin Musim Timur. Maka berakibat pada Indonesia memiliki iklim muson.

Keberadaan Indonesia ini terletak di daerah yang beriklim tropis juga dipengaruhi oleh angin musim, maka Indonesia mempunyai iklim muson tropis.

Keunggulan Iklim Muson Tropis ini diantaranya temperatur yang tidak cukup ekstrim alias tidak terlalu panas, namun juga tidak terlalu dingin. Di samping itu, iklim muson tropis juga menyebabkan terjadinya musim hujan dan musim kemarau yang selalu berganti setiap 6 bulan atau setengah tahun sekali. Dengan keadaan ini, tentu akan menyebabkan masyarakat Indonesia melakukan kegiatan ekonominya sepanjang tahun. Ini berbeda dengan beberapa negara lain seperti contohnya di Benua Eropa dan Australia. Pada saat mereka mengalami musim dingin, masyarakat akan kesulitan untuk melaksanakan kegiatan ekonominya masing-masing.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top