Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

15 Apr 2015

Letak Wilayah dan Pengaruhnya Bagi Keadaan Alam Indonesia

Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia - Letak tempat di dalam permukaan bumi tidak hanya sekadar posisi obyek pada permukaan bumi, namun juga memiliki karakteristik yang ada di dalam tempat itu. Setiap tempat pasti akan menunjukkan perbedaan-pernedaan dengan tempat lain di dalam permukaan bumi.

Lalu, bagaimana dengan letak wilayah Indonesia? Apa letaknya Indonesia ini mempengaruhi juga dengan keadaan alamnya? Gambaran yang umum mengenai pengaruh letak Indonesia terhadap keadaan alamnya akan diuraikan dengan sebagai berikut.

Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia

Letak Astronomis

Letak Astronomis ini merupakan suatu letak suatu tempat berdasar garis lintang dan garis bujur. Garis Lintang adalah garis khayal uang melintang melingkari bumi. Sedangkan Garis Bujur adalah garis khayal yang menjadi penghubung antara Kutub Utara dan Kutub Selatan. Berdasarkan astronomis, Indonesia terletak antara 95 derajat BT - 141 derajat BT dan 6 derajat LU - 11 derajat LS. Dengan letak astronomis tersebut, Indonesia termasuk wilayah yang Tropis. Wilayah tropis ini dibatasi oleh Lintang 23,5 derajat LU dan 23,5 derajat LS.

Keadaan suhu yang terjadi di dalam daerah tropis ini berbeda dengan suhu di berbagai negara yang terletak dalam lintang sedang yang memiliki 4 musim, yakni musim dingin, musim semi, musim panas dan musim gugur. Pada musim dingin, udara yang sangat dingin dapat mencapai puluhan derajat di bawah nol celcius, sehingga sangat diperlukan penghangat ruangan.

Letak Geografis

Letak Geografis ini merupakan letak suatu negara pada permukaan bumi. Berdasar letak geografisnya, Indonesia terletak diantara 2 buah benua dan 2 buah samudera. Benua yang mengapit Indonesia yakni Benua Asia dan Benua Australia. Sementara itu, Samudera yang mengapit Indonesia adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Wilayah Indonesia juga berbatasan dengan beberapa wilayah lain. Batas-batas wilayah Indonesia dengan wilayah lain adalah sebagai berikut :
  • Batas Sebelah Utara : Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Palau, Filipina dan Laut Cina Selatan.
  • Batas Sebelah Selatan : Indonesia berbatasan dengan Timor Leste, Australia dan Samudera Hindia.
  • Batas Sebelah Barat : Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia.
  • Batas Sebelah Timur : Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudera Pasifik.
Letak Geografis Indonesia yang strategis ini menjadikan jalur perdagangan dunia antara negara dari Asia Timur dengan negara lain di Eropa, Afrika, Timur Tengah dan India. Kapal dagang yang mengangkut berbagai komoditas dari Cina, Jepang dan negara lain melewati Indonesia menuju negara Tujuan di Eropa. Indonesia juga dilewati jalur perdagangan yang dari Asia menuju ke arah Australia dan Selandia Baru.

Manfaat letak geografis Indonesia juga memberikan dampak yang terkesan sangat merugikan. Budaya dari negara lain yang biasanya tidak selalu sesuai dengan budaya Indonesia yang kemudian masuk dan mempengaruhi budaya Bangsa Indonesia, misal seperti salah satu halnya pergaulan bebas, dan sebagainya. Selain itu, Indonesia juga sangat rentan terhadap masuknya barang terlarang seperti salah satu contohnya Narkoba sehingga Indonesia menjadi sasaran yang empuk.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top