Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

16 Aug 2018

Pengertian dan Asal-Usul Permainan Sepak Bola

Setiap laki-laki memang menggemari olahraga yang satu ini, yaitu sepak bola. Ada juga wanita yang ikut mencoba dan memainkan sepak bola, walau hanya diam dan menendang, karena memang belum paham benar akan cara bermainnya.

Akan tetapi, bagi laki-laki, sepak bola bukan menjadi hal yang asing lagi. Ada banyak yang akan dibicarkan di sini tentang sepak bola. Mulai dari pengertian, hingga asal-usul permainan sepak bola yang begitu digandrungi oleh anak mudah, hingga dewasa.

Pengertian Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola
Sepak Bola, via stmed.net

Sepak bola, dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Football atau Soccer, merupakan salah satu cabang olahraga dengan menggunakan bola, pada umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing tim memiliki 11 anggota pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Memasuki abad yang ke-21, olahraga ini sudah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang yang berada di 200 negara, dengan menjadikannya sebagai olahraga yang paling populer di dunia.

Sepak bola memiliki prinsip atau tujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya, dengan cara memasukkan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan di lapangan yang terbuka, memiliki bentuk persegi panjang, bisa itu di atas rumput atau rumput sintetis.

Secara umum, hanya penjaga gawang saja yang memiliki hak untuk menyentuh dan memegang bola dengan menggunakan tangan dan lengan di daerah gawangnya sendiri. Sedangkan 10 pemain lainnya, diperkenankan menggunakan seluruh tubuh, kecuali tangan.

Beberapa bagian tubuh yang biasa digunakan oleh 10 pemain lainnya, kecuali penjaga gawang :
  • Kaki, untuk menendang bola
  • Dada, untuk mengontrol bola
  • Kepala, untuk menyundul bola

Tentunya, tim yang mencetak gol paling banyak saat pertandingan berakhir menjadi pemenangnya. Apabila hingga waktu berakhir masih imbang, maka kedua tim berbagi angka.

Kecuali, jika dalam kompetisi penting, seperti sudah memasuki fase 16 besar, 8 besar, semifinal atau bahkan final, apabila imbang, akan ditentukan melalui babak perpanjangan waktu, atau adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kompetisi tersebut.

Di sebuah pertandingan resmi, maka pembagian poinnya seperti berikut :
  • 3 poin, untuk tim yang menang
  • 1 poin, untuk masing-masing tim yang imbang
  • 0 poin, untuk tim yang kalah

Walaupun demikian, ternyata pemenang dari sebuah pertandingan tersebut juga sewaktu-waktu bisa dibatalkan atas tindakan kriminal yang mana terbukti di kemudian hari. Bahkan, dalam laga sepak bola, bisa dimenangkan secara otomatis oleh sebuah tim dengan skor akhir 3-0, apabila tim lawan sengaja mengundurkan diri dari pertandingan, biasa disebut dengan walk out. Akan tetapi, kejadian tersebut jarang terjadi.

Sementara itu, peraturan pertandingan secara umum diperbaharui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional, yaitu FIFA, yang juga menyelenggarakan ajang bergengsi Piala Dunia, yang dihelat setiap 4 tahun sekali.

Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola
Timnas Indonesia, via highriskstandards.info

Sejarah olahraga atau permainan sepak bola dimulai di abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi, di Cina. Di masa Dinasti Han itu, masyarakat berusaha untuk menggiring bola kulit dengan cara menendangnya ke jaring kecil.

Permainan atau olahraga yang sama juga dimainkan di Jepang dengan dinamakan Kemari. Di Italia sendiri, permainan menendang dan membawa bola begitu digemari, terutama di abad ke-16.

Setelah itu, sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan beberapa peraturan dasar dan kian digemari oleh begitu banyak kalangan.

Untuk beberapa kompetisi, permainan ini ternyata banyak menimbulkan kekerasaan saat pertandingan berlangsung, sehingga pada akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini untuk dimainkan di tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung upaya larangan bermain sepak bola.

Di tahun 1815, suatu perkembangan besar menyebabkan sepak bola kian terkenal di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi. Lahirnya sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern, tepatnya di tahun 1863, saat 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku terhadap permainan tersebut. Bersamaan dengan hal itu, terjadi pemisahan yang cukup jelas antara rugby dengan sepak bola.

Tepat pada tahun 1869, membawa bola dengan menggunakan tangan mulai dilarang dari sepak bola. Selama tahun 1800-an tersebut, olahraga itu dibawa oleh para pedagang, pelaut, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.

Sementara itu, di tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia, yaitu FIFA, dibentuk dan pada awal tahun 1990-an, berbagai macam ajang atau kompetisi dimainkan di berbagai negara. Olahraga ini sendiri juga kian digemari, terutama di abad ke-16.

Sepak Bola secara Singkat

Sepak Bola secara Singkat
Timnas Indonesia di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, via faktualnews.co

Sepak bola menjadi permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola kian kemari yang diperebutkan oleh pemain, yang memiliki tujuan dalam memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri, agar tidak kemasukkan bola oleh lawan.

Dalam permainan ini, setiap pemain hanya boleh menggunakan seluruh anggota badan, kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan di daerah gawang. Lebih jelasnya begini :
  • 10 pemain, menggunakan seluruh anggota badan, kecuali tangan, bisa dilakukan di daerah sendiri maupun lawan.
  • 1 pemain (kiper), menggunakan seluruh anggota badan, tangan atau memegang bola hanya boleh dilakukan di area kiper saja.

Sepak bola menjadi permainan antara ke-2 regu dengan terdiri atas 11 pemain, dimainkan dalam 2 babak (2x45 menit) dengan waktu jeda istirahat 10 menit antara kedua babak itu.

Pada tanggal 21 Mei 1904, berdiri Federation International de Football Association (FIFA). Sementara itu, di tanggal 19 April 1930 dibentuk Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Solo.

Pengurus PSSI pertama kali diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Pada tahun 1966, dimulai kejuaraan sepak bola tingkat taruna remaja, di mana kompetisi tersebut dinamai dengan "Piala Soeratin" atau Soeratin Cup.

0 Komentar Pengertian dan Asal-Usul Permainan Sepak Bola

Post a Comment

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top