Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

15 Apr 2015

Pengertian dan Asal-Usul Permainan Sepak Bola


Ads

Ads
Pengertian dan Asal-Usul Permainan Sepak Bola - Setiap laki-laki memang sangat menggemari olahraga sepak bola ini. Bahkan tidak sedikit wanita untuk mencoba memainkan sepak bola walau hanya berdiam dan menendang. Namun, bagi laki-laki sepak bola nampaknya bukanlah hal yang asing. Ada sedikit yang akan kita bicarakan di sini mengenai Sepak Bola, yaitu tentang Pengertian dan Asal-Usul permainan ini. Apa kalian penasaran? Simak saja langsung!

Pengertian dan Asal-Usul Permainan Sepak Bola

Sepak Bola merupakan salah satu permainan yang dilakukan dengan berjalan menyepak bola kian kemari untuk diperebutkan di antara para pemain yang memiliki tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan tetap mempertahankan gawang milik sendiri agar gawangnya tidak kemasukan/kebobolan bola. Dalam memainkan bola tiap pemain dibolehkan untuk menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Yang boleh memakai tangan dan lengan hanyalah penjaga gawang (keeper) dan memainkannya dengan kaki di daerah gawangnya.

Sepak bola ini merupakan permainan beregu yang masing-masing regunya terdiri atas 11 pemain. Biasanya, dalam permainan sepak bola ini dimainkan dalam 2 babak (1x45 menit) dengan waktu istirahat sebanyak 10 menit di antara dua babak itu.

Dari peninggalan sejarah, kita dapat mengenal beberapa sebutan sepak bola. Pada zaman Cina Kuno yanag pada masa pemerintahan Dinasti Han, Sepak Bola dikenal dengan istilah tanchu. Di Italia senditi pada Zaman Romawi,  dikenal sebagai haspartun, di Perancis yang seterusnya menyebar ke Normandia dan Britania Raya/Inggris, dikenal dengan nama choule. Pada Yunani Kuno, istilahnya adalah epishyros dan di Jepang dikenal dengan istilah kemari.

Dan pada tanggal 26 Oktober tahun 1863, didirikanlah sebuah badan yang disebut dengan "English Football Association". Kemudian pada tanggal 8 Desember 1863, lahir peraturan-peraturan permainan Sepak Bola modern yang disusun oleh badan tersebut yang di dalam perkembangannya mengalami perubahan. Atas inisiatif dari Guerin (Perancis) tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi Sepak Bola Internasional yang memiliki nama "Federation International de Football Association" atau sering disebut dengan nama FIFA. Berdasarkan inisiatif dari Julies Rimet, tahun 1930 diselenggarakanlah kejuaraan dunia Sepak Bola yang pertama kalinya di Montevideo, Uruguay. Kejuraan Sepak Bola Dunia ini diselenggarakan/digelar dalam 4 tahun sekali.

Tepat pada tanggal 19 April 1930 dibentuklah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Kota Yogyakarta dengan dukungan dari seluruh bond-bond. Pengurus PSSI pertama kalinya diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Pada tahun 1966, diadakanlah Kejuaraan Sepak Bola tingkat Taruna Remaja dengan nama "Piala Soeratin" atau disebut dengan Soeratin Cup.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top