Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

17 Apr 2015

Pengertian dan Objek Menggambar

Pengertian Menggambar dan Objek (Obyek) Menggambar/Gambar - Menggambar memang bagi seorang seniman merupakan salah satu kegiatan yang tidak dapat dihindari. Terlebih menggambar yang memiliki nilai seni yang tinggi dan dapat dijual dengan harga tinggi pula. Tidak sedikit orang yang pintar menggambar. Lalu, sebelum kita membahas lebih dalam mengenai Menggambar, pahami dulu arti Menggambar dan Objeknya yuk!

Pengertian dan Objek Menggambar

Pengertian Menggambar

Gambar adalah bahasa universal yang dikenal jauh sebelum manusia saat itu mengenal tulisan. Gambar sudah dikenal oleh masyarakat sejak zaman purba. Pada masa itu, gambar sering dihubungkan dengan berbagai aktivitas/kegiatan manusia dan roh leluhur yang dianggap memberikan berkah dan perlindungan. Bagi manusia purba, gambar tidak sekadar alat komunikasi saja, melainkan juga memberi kekuatan serta motivasi agar dapat bertahan hidup.

Menggambar juga tidak hanya melibatkan kegiatan fisik semata akan tetapi mental juga. Kegiatan fisik ini berhubungan dengan keterampilan dengan peralatan menggambar sedangkan mental ini memiliki hubungan dengan rasa, karsa serta daya cipta untuk sebagai pemenuh kebutuhan hidup.

Manusia dalam melakukan segala aktivitas menggambar memerlukan adanya media, alat dan bahan yang senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Jika pada zaman purba, manusia menggambar menggunakan bahan yang ada di alam, maka pada zaman sekarang ini peralatan menggambar sudah diproduksi pabrik sebagai salah satu komoditas ekonomi. Manusia lewat menggambar dapat menyampaikan gagasan, ide, dan simbol sebagai salah satu bentuk ekspresi.

Objek Menggambar

Menggambar ini tidaklah hanya mengandalkan imajinasi saja, akan tetapi juga kadang memiliki objek yang akan digambar. Alam semesta ini merupakan objek yang tidak akan pernah habis untuk dapat digambar. Kekayaan alamnya (flora dan fauna) serta benda-benda di sekitarnya juga merupakan objek yang dapat digambar.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top