Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

24 Apr 2015

Pengertian Iman Kepada Kitab Allah SWT

Pengertian Iman Kepada Kitab Allah SWT dan Dalilnya - Iman kepada kitab-kitab Allah ini merupakan salah satu rukun iman yang ketiga. Tentu bagi Umat Islam sudah hafal dengan Rukun Iman ini. Alangkah baiknya, kita perdalam lagi Iman Kepada Kitab Allah ini di dalam artikel dan apa sebenarnya Iman Kepada Kitab Allah itu.

Pengertian Iman kepada Kitab Allah SWT

Iman Kepada Kitab Allah berarti mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitabNya kepada RasulNya. Ajaran yang ada di dalam kitab tersebut disampaikan kepada umat manusia sebagai salah satu Pedoman Hidup agar dapat meraih kebahagiaan yang ada di dunia serta di akhirat.

Allah SWT menurunkan kitab-kitabNya ini adalah salah satu anugerah bagi manusia. Manusia dikaruniai akal dan fikiran sehingga kita dapat mengkaji berbagai ilmu pengetahuan yang terdapat di dalamnya. Kitab Allah ini juga memberikan jalan keluar setiap masalah dan kesulitan yang tengah dihadapi manusia.

Dengan adanya Kitab Allah ini, manusia dapat membedakan mana yang haq (benar) dan mana yang batil (salah), mana yang bermanfaat dan mana yang mengandung mudarat.

Andaikata jika kita tidak memiliki pedoman yang datangnya dari Allah SWT, tentu kita tidak akan pernah mengetahui tentang keberadaan, keesaan, dan keagungan Allah SWT. Demikian juga halnya dengan orang-orang yang terdahulu, mereka mendapat informasi tentang keesaan Allah melalui Kitab Allah tersebut. Tanpa dibimbing Kitab Allah, kita pastinya akan menyembah yang sesat dan tindakan yang sesuka hati atau semena-mena.

Tanpa Kitab Allah, kita pasti akan berada di dalam kegelapan. Ibarat dengan orang berjalan, kita berjalan tanpa mengetahui arah mana yang akan kita tuju alias tidak memiliki tujuan sama sekali. Jika terjadi hal yang demikian, tentu akan membuat kita tersesat.

Perhatikan arti firman Allah dalam QS Al Maidah/5:16 berikut ini :
"Dengan kitab itulah Allah memberi petunjuk kepada orang yang mengukuti keridlaanNya ke jalan keselamatan dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang itu dari gelap gulita kepada cahaya dengan izinNya dan menunjukkan ke jalan yang lurus." (QS Al-Maidah/5:16)
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top