Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

1 May 2015

Limbah Organik Basah dan Limbah Organik Kering

Limbah Organik Basah dan Limbah Organik Kering - Sebenarnya, limbah organik yang digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat dasar kerajinan ternyata dibedakan menjadi 2 yakni Basah dan Kering. Beberapa contoh yang akan diberikan antara 2 limbah tersebut ada di artikel ini.

Limbah Organik Basah dan Limbah Organik Kering

Limbah Organik Basah

Sampah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Contohnya seperti : kulit buah dan kulit sayuran atau dedaunan. Limbah Organik Basah yang dapat dijadikan karya kerajinan adalah seperti kulit jagung, kulit bawang, kulit buah atau biji-bijian, jerami dan sebagainya.

Pengolahan limbah organik basah ini tentu dapat dilakukan dengan cara pengeringan dengan menggunakan sinar matahari secara langsung ini hingga kadar air yang ada dalam limbah organik habis. Bahan yang telah kering merupakan salah satu bahan baku yang nantinya akan dan dapat dibuat berbagai macam kerajinan. Proses bahan baku menjadi bahan yang siap pakai ini ditentukan oleh si pengrajin.

Limbah Organik Kering

Sampah yang memiliki kandungan air cukup rendah. Seperti contohnya ialah kertas, kardus, kerang, tempurung kelapa, kayu, kulit telur dan sebagainya. Hampir semua jenis limbah organik kering ini dapat diolah kembali sebagai salah satu karya kerajinan karena memiliki sifat yang kuat serta tahan lama.

Dalam pengolahan limbah organik kering ini tidak memerlukan berbagai macam persiapan, karena ini bersifat kering menjadi limbah ini dapat langsung untuk digunakan. Akan tetapi yang perlu untuk diantisipasi ialah jika bahan limbah organik kering ini terkena oleh air, maka yang nantinya dapat dilakukan adalah dengan mengeringkan menggunakan sinar matahari secara langsung atau menggunakan alat pengering sehingga kadar air di dalam limbah organik tersebut dapat kembali sesuai kondisi semula. Bahan limbah organik yang kering ini merupakan salah satu bahan baku yang nantinya bisa dibuat untuk berbagai macam produk kerajinan.

Sama halnya dengan bahan organik yang basah, proses bahan baku menjadi bahan yang siap pakai juga ditentukan oleh si pengrajin.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top