Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

6 May 2015

Tips NgeBlog dari Admin Kizeh-AnythingYourSearch

Tips NgeBlog dari Admin Kizeh-AnythingYourSearch - Bagi Pemula, untuk bermain blog memang membutuhkan panduan-panduan atau tips yang dilakukan untuk menjadi Blog yang lebih sempurna. Ada sedikit wawancara antara saya (Admin HabibullahURL.com) dan Rizki Heryandi (Admin Kizeh.com). Ada 6 buah pertanyaan yang saya ajukan, dan inilah Tips Ngeblog dari Wawancara bersama Admin Kizeh.com.

Tips NgeBlog dari Admin Kizeh-AnythingYourSearch

1. Mas, NgeBlog itu Sebenarnya Mudah atau Sulit sih?
Sebenarnya segala sesuatu itu tidak ada yang sulit, asal kita memang bersungguh-sungguh dan konsisten. Termasuk juga NgeBlog, menurut saya yang dibutuhkan dalam NgeBlog itu yang pertama adalah kemauan. Nah kalau sudah ada kemauan, barulah yang kedua yaitu konsisten. Percuma ada kemauan tapi tidak dengan konsisten, maka kemauan hanya kemauan saja, tidak akan ada hasil untuk kedepannya.

Kalau untuk segi teknisnya, NgeBlog itu sebenarnya tidak perlu butuh banyak skill dalam teknologi, seperti coding dan lain contohnya. Sebenarnya, semua itu sudah ada banyak di Internet, semisal seperti Template sudah banyak yang menyediakan. Tutorial juga banyak, contohnya Blog saya (Kizeh.com) menyediakan tutorial NgeBlog mulai dari dasar dan hingga optimasinya. Jadi, tidak akan ada alasan kalau akan NgeBlog itu "Saya Gaptek dan tidak pandai coding" karena sudah banyak tutorial dan template yang gratis dan bagus.

2. Sebelum kita NgeBlog, apa yang kita perlukan?
Sebelum NgeBlog, yang harus kita perhatikan yakni topik pembahasan atau niche yang akan kita bahas di dalam blog milik kita. Kita harus menentukan terlebih dahulu Blog kita itu berbahasa apa dan spesialis di bidang apa agar kita nantinya bisa fokus dan konsisten.

Orang-orang juga akan lebih mudah untuk menentukan tujuan kalau ingin mencari sesuatu. Contohnya si A mencari informasi mengenai ternak, ya haruslah blog kita fokus mengenai pembahasan ternak pasti menjadi kunjungannya si A dan si A pun pasti akan mengunjungi blog kita secara berkali-kali untuk menunggu update terbaru.

Lalu, satu lagi keunggulan kalau Blog kita fokus di dalam 1 topik, kita nanti akan lebih mudah mengoptimasi di bidang SEO. Bedan dengan yang memiliki banyak topik atau yang seringkali dikenal dengan istilah Blog Gado-Gado, orang akan bingung dengan Blog kita dan jarang akan kembali lagi malahan biasanya Blog Gado-Gado tersebut memiliki Bounce Rate yang tinggi  atau Visitnya sedikit. Ada sih Blog Gado-gado yang memiliki traffic tinggi dan terkenal, tetapi itu semua tergantung adminnya. Kalau adminnya advanced di bidang SEO, ya bukan masalah. Nah, kalau yang masih pemula dan sudah mencoba Gado-Gado, dan tidak pandai optimasi, hasilnya bakalan kabur (abu-abu).

3. Lalu, membutuhkan berapa lama jika ingin Blog kita memiliki Reputasi baik di mata Pembaca?
Sebenarnya bukan persoalan lama atau barunya kalau untuk masalah Reputasi Blog. Blog yang dari awal memang diawali dengan bagus dan rapi, maka pada pertama kali kunjungan si pengunjung, akan langsung mendapat respon yang positif dan akan lebih cepat mendapatkan Reputasi baik di mata pembaca.

4. Mengapa mas Rizki Heryandi (Admin Kizeh.com) lebih memilih Niche Blogging?
Nah ini pertanyaan yang bagus. Banyak orang yang salah dalam mengartikan kata "blogging" itu. Ada yang menganggap Blogging hanya sebuah Niche, padahal Blogging itu adalah salah satu istilah kita NgeBlog, yakni blog-ing, kalau bahasa inggris itu istilahnya Continues Sentence yang menggunakan ing di akhirnya.

Kalau untuk Niche dari blog saya itu sebenarnya lebih fokus dalam SEO, tapi saya tambahkan seperti Belajar Blogger, Komputer dan Ebook itu hanya sebagai tambahan dan sebagai selingan. Akan tetapi, berbeda lho dengan gado-gado, kalau tentang selingan saya itu masih berhubungan dengan yang namanya dunia Internet Marketing, karena Blogger juga termasuk salah satu CMS untuk kegiatan Blogging.

Dan kalau blog Gado-Gado itu contohnya :
Blog si A memiliki kategori mengenai SEO dan Internet Marketing dan ternyata dalam satu Blog si A yang sama ada juga artikel yang termasuk kategori Anime, ya sangat jauh berbeda, Anime itu tidak ada unsur Internet Marketingnya.

Jadi, tidak apa-apa kalau kita memiliki topik lain selain topik utama tapi harus saling terkait atau memiliki hubungan, biasanya disebut selingan hehehe. Kalau kalian lebih tau cara menentukan topik Blog ada di Blog saya, cek saja langsung.

5. Selama ini, banyak Blogger yang Putus Asa dengan membuat lebih banyak Blog Baru dan cenderung meninggalkan Blog lamanya. Bagaimana pendapat mas Rizki Heryandi mengenai Hal tersebut?
Memang banyak sekali, saya juga sering melihat seperti itu. Sangat disayangkan sekali, yang A belum selesai, malah membuat si B, nah si B belum selesai juga terus membuat si C, terus kapan selesainya?

Ini memang sering terjadi dengan Blogger yang baru mulai dan mereka kurang puas dengan Blog sebelumnya atau kurang memahami Topik Blog yang dipilihnya awal. Itulah sebabnya saya katakan pada salah satu artikel saya tentang memilih Topik Blog untuk memulai NgeBlog kita harus menentukan Niche atau Topik Blog yang memang sesuai dengan keahlian kita. Lalu, kita juga harus memiliki yang namanya konsisten, kita harus konsisten dulu dengan Topik yang dikuasai, pasti akan lancar deh!

Kemudian saya akan menambahkan mengenai Monetize Blog, ini salah satu kesalahan besar pemain baru Blog. Banyak yang tidak konsisten juga, contohnya :
Si A main PPC lokal dan masih dalam proses, gara-gara lihat si B sukses main Amazon, lalu si A ikut-ikutan untuk main Amazon dan PPC lokalnya alah ditelantarkan dan tidak berjalan. Tidak lama menjalankan Amazon, dan tidak ada yang laku, lalu melihat si C sukses di Google AdSense, si A ikutan juga main Google AdSense sehingga Amazonnya ditelantarkan dan begitu seterusnya, akhirnya tidak ada yang jalan dan sukses. Makanya, inti dari itu semua haruslah konsisten karena tidak ada yang namanya sukses dengan instan.

6. Lalu, Motivasi untuk Para Blogger untuk kedepannya bagaimana Mas Rizki Heryandi?
Motivasi saya dan pesan saya adalah semoga para Blogger yang memang ingin serius NgeBlog dan sukses dari Blog, coba terapkan yang namanya konsisten. Karena semua memanglah membutuhkan yang namanya proses, blog besar dan sukses seperti yang kita lihat sekarang semua itu pasti berawal dari konsisten dan pengalaman yang didapat dari konsisten itu sendiri.

Jadi motivasinya,
Terus Konsisten, tidak ada sukses yang instan. Bubur instan saja perlu direbus dahulu baru bisa dimakan.
Dan untuk lebih lanjut belajar tentang Tips NgeBlog, bisa mengunjungi Kizeh.com Tips dan Trik Membuat Blog yang Menarik. Sekian wawancara kali ini, semoga Blogger yang membaca dan Blogger di seluruh Indonesia bisa belajar NgeBlog dengan baik.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top