Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

17 Jun 2015

Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya


Ads

Ads
Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaat Jaringan Komputer - Setiap komputer yang ditemui merupakan salah satu bagian dari jaringan komputer yang kompleks. Misal saja saat sebuah laptop atau komputer yang tadinya stand alone dan apabila kemudian kita tambahkan Modem sehingga bisa terhubung ke dalam Internet, maka komputer telah terhubung ke dalam jaringan yang sangat luas yakni WAN (Wide Area Network).

Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Dalam bentuk sederhana, pengertian dari Jaringan Komputer itu sendiri merupakan hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya.

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat utama dari Jaringan Komputer seperti :
  1. Dapat saling berbagi sumber daya peralatan dengan bersamaan, seperti halnya harddisk, printer, modem dan sebagainya. Dengan kondisi demikian, akan terjadi peningkatan efisiensi waktu di dalam operasi dan biaya pembelian perangkat keras.
  2. Dapat saling berbagi penggunaan file yang ada di dalam server atau dalam masing-masing workstation.
  3. Aplikasi yang dapat digunakan secara bersama-sama (Multiuser).
  4. Akses ke dalam jaringan menggunakan nama, kata sandi dan pengaturan hak untuk data yang rahasia, sehingga masing-masing pengguna memiliki otorisasi penuh.
  5. Komunikasi antar pengguna melalui email atau LAN Conference.
  6. Pengontrolan para pengguna atau pemakaian data secara terpusat dan oleh orang tertentu, sehingga dapat meningkatkan kinerja keamanan dan bisa untuk melakukan pendelegasian pekerjaan yang sesuai.
  7. Mudah untuk melakukan back up data yang disebabkan manakemen tersentral.
  8. Tidak tergantung kepada orang yang menyimpan data (apabila saat orangnya sedang tidak ada) karena penyimpanan data tersentral.
  9. Data yang selalu up to date karena server akan selalu senantiasa memutakhirkan data begitu ada data entry yang diterima.
  10. Seorang supervisor/administrator bisa untuk melakukan pengontrolan pengguna berdasarkan waktu akses, tempat akses, kapasitas pemakaian harddisk, memonitor pekerjaan setiap pengguna dan mendeteksi pengguna yang tidak berhak.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top