Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

15 Jun 2015

9 Penyebab Ponsel Android Cepat Panas

Penyebab Ponsel (HP) Android Cepat Panas - Handphone Android kadangkala cepat panas apabila sering kita gunakan dalam batas waktu yang tidak wajar. Memang benar salah satu kelemahan Ponsel Android ini adalah Ponsel yang cepat panas, namun hal berikut tidak berlaku bagi semua Android. Ponsel yang cepat panas, jangan dibiarkan begitu saja karena akan mengakibatkan bahaya bagi pengguna ponsel itu sendiri.

Ponsel Panas

Alangkah baiknya, apabila Ponsel milik Anda telah panas, sebaiknya diamkanlah terlebih dahulu. Jangan digunakan hingga Android sudah kembali mendingin. Kadangkala, panas yang dihasilkan karena adanya kinerja beban ponsel yang terlalu berat sehingga memungkinkan lebih cepat panas.

Beberapa Penyebab Ponsel Android Cepat Panas

1. Mencharge (Mengecas) tidak menggunakan Charge Asli
Bila Anda mengecas Ponsel Android milik Anda, sebaiknya gunakan charge asli yang diberikan pabrik kepada Anda, karena ini akan membuat voltage maupun ampere asli. Jadi pada charge dan ponsel dapat saling mendukung dan keterkaitan sehingga tidak ada beban pada ponsel saat tengah dicharge.

2. Cerahnya Layar
Salah satu hal ini memang merupakan faktor yang membuat Ponsel cepat panas. Apabila cahaya yang dikeluarkan dari HP terlalu terang, maka akan semakin cepat pula baterai habis dan mudah mengeluarkan panas. Sedangkan jika kita mengurangi kecerahan layar pada Ponsel Android, maka Panas di dalam Ponsel akan datang dengan lambat.

3. Menjalankan Beberapa Aplikasi Sekaligus
Tipe orang ini merupakan orang yang sudah kecanduan terhadap Android. Di mana mereka tidak segan-segan untuk menjalankan beberapa program aplikasi sekaligus tanpa mementingkan sisi lain yang dapat mengakibatkan kefatalan.

Seperti halnya apabila Anda tengah browsing, lalu Anda dengan enaknya menyambi chattingan, memutar musik dan sebagainya akan sangat mudah membuat Android panas karena kinerjanya yang begitu berat untuk melakukan beberapa peran dalam satu waktu.

4. Berinternet
Adanya penggunaan Internet terlebih dalam penggunaan data untuk browsing akan memungkinkan terjadinya sumber daya yang lebih besar. Apabila sumber daya yang dikeluarkan besar, maka akan sangat mudah Ponsel untuk kembali memanas.

Tidak hanya penggunaan untuk Berinternet, saat Anda berada dalam kawasan yang memiliki Sinyal rendah, maka memungkinkan Android akan mencoba untuk mencari sinyal sehingga sumber daya juga akan termakan dan ini juga salah satu penyebab ponsel panas.

5. Terlalu Banyak Aplikasi yang Diinstal
Aplikasi yang identik memakan sumber daya adalah aplikasi yang berjalan di belakang layar. Seperti halnya Facebook, Facebook Messenger, Blackberry Messenger (BBM), Instagram, WhatsApp, Line dan masih banyak lagi.

Aplikasi tersebut akan aktif apabila Ponsel terhubung dengan Internet dan mereka melakukan hal yang di luar batas kewajaran. Selalu memunculkan notifikasi (pemberitahuan) saat terhubung dengan Internet. Dengan hal ini, kinerja Ponsel akan semakin berat dan mengakibatkan cepat panas.

6. Spesifikasi Ponsel yang Pas-Pasan
Spesifikasi yang pas-pasan ini memungkinkan dalam penggunaannya tidak terlalu berlebihan. Tidak menggunakan metode multitasking (Menjalankan beberapa aplikasi dalam satu waktu) dan sebagainya. Penggunaan yang penting ini haruslah menggunakan sebijak mungkin, semisal dalam satu hari menggunakan hanya 3 jam saja itu sudah cukup. Dan apabila pemakaian lama dan jangka waktu yang panjang, maka tentu akan mengakibatkan Android yang mudah panas.

7. Debu yang Berlebihan
Debu yang berlebihan menempel pada ponsel Android Anda, memungkinkan terhambatnya proses keluar masuk udara, sehingga Ponsel akan mudah panas. Dan apabila debu tidak dibersihkan, maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan Ponsel cepat rusak.

8. Pemakaian dalam Suhu Ekstrim
Suhu yang tidak biasa atau tidak dalam kondisi yang normal akan menyebabkan Ponsel cepat panas. Semisal penggunaan Ponsel langsung di bawah terik matahari akan lebih cepat panas ketimbang penggunaan dalam ruang yang memiliki suhu normal. Alangkah baiknya, gunakan Ponsel di saat suhu ruangan sedang normal.

9. Rusaknya Baterai
Salah satu penyebab rusaknya baterai pada Ponsel Android ini adalah penggunaan Ponsel saat sedang di charge. Kegiatan ini akan menyebabkan rusaknya baterai dan sangat mungkin perangkat juga akan ikut rusak akibat perbuatan ini. Dan sebaiknya, saat di charge, biarkan terlebih dahulu dan apabila sudah terisi penuh dapat digunakan kembali.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top