Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

17 Jun 2015

Sejarah Perkembangan Generasi Komputer sebelum Tahun 1940

Perkembangan Generasi Komputer sebelum Tahun 1940 - Di era sebelum tahun 1940, penggunaan alat bantu hitung masih sangat sederhana dan manual. Ada 4 generasi perkembangan generasi saat sebelum tahun 1940. Yakni Abacus, Kalkulator Roda Numerik 1, Kalkulator Roda Numerik 2 dan Kalkulator Mekanik.

Generasi Komputer sebelum tahun 1940

1. Abacus
Muncul saat sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di berbagai tempat hingga saat ini, Abacus ini dapat dianggap sebagai salah satu awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan operasi perhitungan menggunakan biji-bijian yang dapat digeser, diatur dalam sebuah rak.

Para pedagang pada masa tersebut menggunakan Abacus untuk menghitung transaksi dalam perdagangan. Seiring dengan mulai munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus mulai kehilangan popularitasnya.

2.Kalkulator Roda Numerik 1
Setelah hampir 12 abad lamanya, muncullah penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Di tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662) yang pada waktu itu masih berumur muda yakni 18 tahun menemukan apa yang dia sebut sebagai kalkulator roda numerik untuk membantu sang ayah melakukan perhitungan pajak.

Kotak persegi kuningan ini dinamakan Pascaline, dengan menggunakan 8 buah roda putar bergerigi untuk menjumlah bilangan hingga 8 digit angka. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan yang memiliki basis 10. Kelemahan alat ini adalah alat yang masih terbatas dalam melakukan operasi penjumlahan.

3.Kalkulator Roda Numerik 2
Di tahun 1694, seorang matematikawan dan Filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang bisa berfungsi untuk mengalikan. Sama dengan pendahulunya, alat mekanik ini bekerja menggunakan roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar yang dibuat oleh Pascal, saat itu Leibniz dapat dengan mudah menyempurnakan alatnya.

4. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas di Colmar menemukan mesin yang mampu untuk melakukan empat fungsi aritmatika dasar. Kalkulator mekanik Colmar, Arithometer, mempresentasikan pendekatan yang menjadi lebih praktis di dalam kalkulasi karena alat tersebut bisa untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Dengan kemampuannya, Arithometer banyak digunakan hingga dalam masa Perang Dunia I. Bersama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top