Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

28 Jul 2015

8 Tips Aman Belanja Online


Ads

Ads
Tips Aman berbelanja online di Internet - Belanja secara online memang banyak sekali diaplikasikan kebanyakan masyarakat di Indonesia ketimbang mereka harus mendatangi toko itu, lebih baik tinggal klik, klik dan bayar, selesai. Dengan adanya toko online, secara positif memang dapat membantu menunjang penjualan melalui internet sehingga lebih mudah dan tampak seperti nyata.

Akan tetapi, yang menjadi permasalahan saat ini adalah, semakin maraknya toko online, semakin beredar luas pula penipuan yang dilakukan si penjual kepada calon pembeli. Hal ini sangat merugikan dari website toko online itu yang akan di "cap" jelek dari pembeli yang merasa merugi, membeli namun akhirnya ditipu. Sebenarnya, agar Anda nyaman saat berbelanja dan tidak ditipu itu mudah, ada beberapa tips tergolong aman sehingga Anda bisa terhindar dari potensi penipuan.

Tips Aman Belanja Online


1. Perhatikan bahwa Situs Toko Online menggunakan SSL

Jika Penjual memiliki Toko Online, sebaiknya cek poin berikut. Sebelum Anda memulai melihat, memilah barang, ada baiknya untuk memperhatikan terlebih dahulu situs tersebut sebelum nantinya Anda tidak akan menyesal terkena penipuan. Hal ini bisa dilakukan apakah Situs Toko Online tersebut memiliki sertifikat TSL (Transport Layer Security)/SSL  (Secure Sockets Layer) atau tidak? Harap perhatikan bidang gambar ini secara baik-baik.

Secure Sockets Layer (SSL)

Gambar tersebut secara sengaja diambil dari Situs Toko Online Tokopedia. Lalu, seberapa penting itu SSL? SSL ini berperan penting kepada pengguna/pengunjung untuk membuktikan bahwa situs tersebut benar-benar diklaim oleh Chrome. Di sini browser yang digunakan memang Google Chrome, di Mozilla Firefox pun ada namun ada sedikit perbedaan yang intinya sama. Pastikan di chrome, tampak ikon kunci berwarna hijau tepat di sebelah alamat situs toko online tersebut. Dan biasanya jika ikon tersebut Anda klik, maka akan muncul pesan singkat yakni Identitas Terverifikasi. Sertifikat Online ini biasanya dari DigiCert, Verisign, Go Daddy dan sebagainya.

Jika Anda menemukan situs toko online yang tak memiliki SSL, harap hati-hati atau Anda bisa pindah ke situs toko online lainnya yang menawarkan keamanan berbelanja.

2. Perhatikan bagian kecil namun penting : Tentang Kami/Tentang Situs

Ada baiknya untuk lebih mempercayai toko online itu palsu atau asli, Anda bisa melihat link-link yang diberikan toko online kepada penggunanya. Dan biasanya link ini berderet menjadi satu kesatuan untuk menginformasikan mengenai toko, dan sebagainya.

Di link "tentang kami" yang disediakan, Anda akan melihat beberapa informasi penting seperti :
  • Tahun berdiri
  • Tim beserta Anggota
  • Video singkat
  • Alamat
Video singkat dalam situs toko online bersifat jarang dan hanya disediakan toko online besar di Indonesia.

Jika situs toko online kecil-kecilan, harap untuk menghafalkan dan mengingat alamat karena ini penting. Mengapa? Toko Online kecil belum memiliki jaminan kepercayaan penuh sehingga perlu Anda catat informasi penting tersebut.

3. Mulai mengecek Website tersebut

Saat Anda menginginkan sebuah barang dan menemukan situsnya, apakah Anda ingin langsung membelinya? Hilangkan kebiasaan buruk tersebut. Untuk ancang-ancang, lebih baiknya cek terlebih dahulu websitenya!

Di sini kita memang menguji ketelitian apakah website itu diurus, rapi atau berantakan? Jika rapi, dan terawat, maka jangan Anda ragu untuk bertransaksi.

Namun, saat Anda menemukan toko online rapi namun tidak pernah update selama 1 tahun atau bahkan lebih, direkomendasikan untuk tidak berbelanja di sana, websitenya juga tidak dirawat, apalagi Anda sebagai calon konsumen, pasti tidak akan dilayani.

4. Catat Kontak dan Hubungi

Hal ini merupakan menjadi bagian yang sangat penting untuk melakukan transaksi maupun hanya sekadar berkomunikasi. Catat kontak penting seperti :
  • Email
  • Nomor telepon
  • Nomor HP
  • Alamat
  • BBM (jika ada)
  • Instagram (jika ada)
  • dan kontak yang lain
Hal ini sangat penting apakah si penjual masih memperjualbelikan barangnya atau mungkin sudah tidak aktif. Rugi apabila Anda sudah mentransfer uang sekian ke rekening sebanyak sekian rupiah, namun ternyata stok habis atau bahkan penjual sudah tidak mengurus toko online itu.

5. Catat setiap Percakapan dan Simpan bukti transaksi

Setiap Anda memulai percakapan dan menginginkan barang tersebut, alangkah baiknya untuk mencatat percakapan.

Anda bisa menggunakan metode screenshot yang bisa digunakan pada ponsel Android maupun Laptop bisa melakukan screenshot pada percakapan yang tengah Anda jalankan.

Hal ini sangat bagus, karena kejahatan bisa timbul kapan saja bukan karena niat, melainkan karena kesempatan. Maka, jika Anda tertipu, Anda bisa melaporkan bukti-bukti itu kepada pihak yang berwenang.

6. Gunakan Mesin Pencari

Selain Anda mengamati faktor dari dalam, Anda juga harus cerdas untuk mengamati faktor luarnya dengan menggunakan Mesin Pencari, seperti Google.

Anda bisa mengetikkannya dengan kata kunci seperti :
Toko ini menipu
Nama ini menipu
Toko ini terpercaya
Catatan! Ganti kata "ini" dengan toko atau nama penjualnya

Atau Anda bisa gunakan dengan lebih bijak. Seperti dengan mengetikkan nomor ponsel penjual di Google, dan lihat apa yang muncul. Jika ada beberapa konten penelusuran muncul, silakan klik dan amati apakah penjual tersebut menipu atau bisa dipercaya.

7. Tanyakan di Sosial Media/Forum/Teman Anda

Jika ada teman yang sudah pernah berbelanja dengan toko online yang sama dengan yang akan Anda beli, sebaiknya bertanyalah kepada teman apakah itu aman atau ternyata hanya penipuan.

Untuk lebih aman dan menambah pengalaman Anda, bisa tanyakan kepada forum maupun Sosial Media karena tentu akan ada banyak yang merespon. Sehingga jika sudah ada kerabat kita yang tertipu membeli barang di penjual tersebut, maka kita tidak perlu bersusah payah membelinya karena sudah jelas penjual itu asli penipu.

8. Lihat harga!

Terkadang orang yang 'gila' berbelanja online tidak memandang harga demi kebutuhan mereka. Padahal kebiasaan ini bukan hal yang efektif, melainkan akan menjadi boomerang bagi mereka sendiri.

Misal saja :
  • Baju dengan model HV di Toko Online Terpercaya, dijual seharga Rp. 255.000,-
  • Baju dengan model HV di Penjual/Toko Online belum pasti, dijual dengan harga Rp. 190.000,-

Nah hal tersebut yang wajib Anda curigai. Semakin murah dari harga yang sesungguhnya, maka akan semakin besar pula penipuannya.

8 Tips Penting tersebut bisa Anda lakukan sebagai bekal sebelum membeli, jika Anda memiliki informasi lebih lengkap untuk membekali diri, selain dari 8 hal di atas, silakan kemukakan di kolom komentar. Dan yang terakhir, teliti sebelum membeli!

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top