Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

2 Jul 2015

Pengertian Bilangan Binary Code Decimal (BCD)

Pengertian Bilangan Binary Code Decimal (BCD) - Binary Code Decimal adalah sistem sandi yang umum digunakan untuk menyatakan angka desimal dalam bentuk digital. BCD juga merupakan sistem pengkodean bilangan desimal yang memiliki metode mirip dengan bilangan biner biasa, hanya saja di dalam proses konversi setiap simbol dari bilangan desimal dikonversikan menjadi satu per satu, bukan dengan keseluruhan seperti konversi bilangan desimal ke dalam biner biasa.

Pengeritna BCD

Binary Code Decimal ini kode biner yang digunakan hanyalah untuk mewakili nilai digit dari desimal saja, yakni nilai angka 0 hingga 9. BCD menggunakan kombinasi dari 4 bit, sehingga sebanyak 16 (24=16) kemungkinan maka kombinasi yang akan diperoleh dan hanya 10 kombinasi saja yang digunakan.

Kode BCD yang original sudah jarang digunakan untuk komputer generasi sekarang ini, karena apa, tidak bisa untuk mewakili huruf maupun simbol-simbol karakter khusus. BCD digunakan pada komputer generasi pertama.

BCD sangatlah umum dalam sistem elektronik di mana nilai numerik yang ditampilkan, terutama dalam sistem yang terdiri semata-mata logika digital serta tidak mengandung mikroprosesor. Dengan adanya pemanfaatan BCD ini, manipulasi data secara numerik pada layar dapat disederhanakan dengan memperlakukan setiap digit sebagai rangkaian tunggal yang terpisah sub. Maka dari itu, di dalam kasus perhitungan, relatif sederhana yang bekerja di seluruh dengan BCD dapat mengakibatkan sistem secara keseluruhan lebih sederhana daripada konversi ke dalam biner.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top