27 Jul 2015

Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Pengertian RAM, fungsi RAM dan jenis RAM (random access memory) - RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang merupakan salah satu bagian terpenting di dalam sebuah komputer. Lalu, apa itu sebenarnya RAM?

RAM (Random Access Memory) merupakan tempat penyimpanan sementara saat komputer tengah dijalankan dan bisa diakses secara random alias dengan acak. Fungsi dari RAM itu sendiri untuk mempercepat pemrosesan data di dalam komputer. Maka jika semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepatlah kinerja pada komputer. Berikut ini beberapa jenis-jenis dari RAM :

Random Access Memory (RAM)

  1. DRAM (Dynamic Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang menyimpan setiap bit data terpisah pada kapasitor di dalam satu sirkuit terpadu.
  2. SRAM (Static Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang tidak menggunakan kapasitor, yang menyebabkan SRAM tidak perlu lagi untuk disegarkan secara berkala seperti halnya DRAM.
  3. EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang  mampu menyimpan dan mengambil isi dari memori secara bersama, sehingga kecepatan baca dan tulis akan menjadi lebih cepat.
  4. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) merupakan jenis RAM dinamis yang kecepatannya lebih cepat dibandingkan EDORAM.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!

Wah! Orang-orang di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 850 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berpendapat!

Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

 
Admin - FAQ - Kontak Kami - Perjalanan - Privacy Policy - Tentang HabibullahURL
Back To Top