Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

15 Aug 2015

Alat dan Media Gambar

Alat dan Media Menggambar - Sebagai sarana untuk belajar menggambar, alat dan media memiliki peran penting serta ada banyak variasi beserta macamnya. Kita bisa menggunakan pensil, pensil warna, bolpoin. Setiap alat dan media pasti memiliki karakter yang berbeda-beda. Beberapa macam alat dan media gambar adalah sebagai berikut :

Pensil, Pensil Warna, Crayon, Bolpoin, Kertas Gambar

  • Pensil
Pensil dibedakan menjadi 2 jenis, yakni pensil dengan bertanda "H" dan dengan bertanda "B". Pensil H ini memiliki sifat yang keras dan cocok digunakan untuk membuat garis yang tipis. Sedangkan Pensil B memiliki sifat lunak dan cocok digunakan untuk membuat garis tebal atau hitam pekat.

Pensil H dan Pensil B dibedakan dari segi tingkat kekerasan dan kepekatan hasil. Pensil H dan Pensil B diberikan tanda angka untuk membedakan jenisnya.

Untuk Pensil B, semakin besar angkanya, maka semakin lunak sifatnya dan semakin pekat pula hasilnya. Untuk Pensil H, semakin besar angkanya, maka akan semakin keras sifatnya dan semakin tipis hasil goresannya.
  • Pensil Warna
Pensil warna memiliki banyak variasi warna yang bisa menghasilkan warna lembut. Kita bisa menggunakan pensil warna untuk mewarnai gambar dengan cara gradasi, yakni pemberian warna dari arah gelap yang berlanjut ke arah yang lebih terang, begitupun sebaliknya.
  • Krayon
Bentuk krayon ada 2 jenis yakni dalam bentuk pensil dan dalam bentuk batangan. Kedua jenis tersebut ada yang berbahan keras dan lunak.

Krayon yang berbagan lunak tidak begitu banyak mengandung minyak sehingga bisa dibaurkan dengan menggunakan tangan. Kesan warna yang dihasilkan dari kedua jenis krayon ini bisa menimbulkan kesan yang lembut dan cerah.
  • Bolpoin
Selain digunakan untuk menulis, bolpoin juga bisa digunakan untuk menggambar. Gambar yang dihasilkan memiliki karakter yang kuat dan umumnya berupa arsiran.
  • Kertas Gambar
Menggambar pada dasarnya adalah membutuhkan kertas berwarna netral seperti putih, abu-abu atau coklat dan bisa menyerap atau mengikat bahan pewarna.

Kertas gambar yang bisa digunakan dengan berbagai alat gambar misalnya kertas Padalarang. Pastel khususnya memerlukan kertas dengan permukaan kasar, seperti kertas karton.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top