Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

4 Aug 2015

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Ciri-ciri Makhluk Hidup - Ciri-ciri dari makhluk hidup itu sendiri memang bisa ditampakkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Seperti halnya mereka bernafas, memerlukan makanan dan lain sebagainya. Tanpa itu semua, makhluk hidup tidak bisa hidup dengan baik dan nyaman.

Makhluk hidup ini terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Semua itu memang makhluk ciptaan dari Tuhan. Ciri-ciri makhluk hidup yang membedakan dengan makhluk tak hidup adalah dengan mengeluarkan zat sisa.

Makhluk hidup di bumi ini begitu beragam. Keanekaragaman makhluk hidup ini yang membuat para ilmuwan sangat ingin mempelajari tentang makhluk hidup dengan lebih lanjut dengan membuat suatu sistem yang biasa disebut dengan klasifikasi.

Klasifikasi ini bertujuan sebagai mempermudah para ilmuwan untuk memilah perbedaan dan persamaannya yang ada pada makhluk hidup sendiri yang satu dengan yang lain.

Makhluk Hidup, Semut memerlukan makanan

1. Bernafas

Semua makhluk hidup yang ada di bumi ini semua melakukan pernafasan. Bernafas ini merupakan proses mengambil oksigen dari luar dan mengeluarkan karbondioksida dari dalam tubuh. Oksigen tentunya sangat diperlukan oleh makhluk hidup untuk membakar makanan pada tubuh dan menghasilkannya energi yang diperlukan bagi tubuh.

Energi inilah yang bisa mendorong makhluk hidup untuk tetap berkegiatan. Dan yang perlu kita ketahui, proses pernafasan dari makhluk hidup berbeda-beda, dibedakan dari tempat hidup mereka dan jenis-jenisnya.

Dan coba bayangkan saja jika kita tidak bernafas selama 10 detik, maka kita akan merasakan sesak itulah tanda bahwa kita sedang kekurangan oksigen.

2. Bergerak

Gerak tentu juga salah satu ciri makhluk hidup. Gerak yang diperagakan oleh manusia dan binatang tampak jelas sekali terlihat. Bisa berjalan, berlari, menggerakan tangan dan lainnya. Begitu pula hewan, berlari, ada yang terbang dan masih banyak lainnya.

Dalam melakukan gerak, makhluk hidup dibantu dengan adanya alat gerak misal tangan dan kaki.

Selain manusia dan hewan, tumbuhan pun melakukan gerakan, akan tetapi gerakan ini tidak mudah dilihat. Contoh seperti daun petai cina yang menutup di sore hari, arah tumbuh tanaman selalu ke arah datangnya matahari, serta bunga matahari yang selalu menghadap matahari.

3. Membutuhkan Makanan dan Minuman

Seluruh makhluk hidup pasti memerlukan makan dan minum. Makanan yang dibutuhkan mengandung zat yang diperlukan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Karbohidrat memiliki peran penting karena bisa menghasilkan energi.

Makhluk hidup ada yang bisa membuat makanan sendiri yakni tumbuhan hijau daun yang melewati sebuah proses yang dinamakan proses fotosintesis.

4. Peka terhadap Rangsang/Iritabilitas

Kemampuan makhluk hidup dalam memberikan respon/tanggapan terhadap rangsang disebut dengan iritabilitas. Contohnya seperti :
  • Mata untuk melihat
  • Hidung untuk mencium
  • Lidah untuk mengecap
  • Telinga untuk mendengar
  • Kulit untuk meraba
Jika dalam kehidupan sehari-hari, andaikan kamu melihat sorotan lampu tepat di depan kalian, maka secara langsung akan merespon bahwa kalian merasa silau dan mulai menutup mata.

5. Tumbuh dan Berkembang Biak

Makhluk hidup pasti akan tumbuh. Contoh saja jika kamu menanam benih-benih tumbuhan. Maka jika dirawat, kelamaan akan mulai tumbuh dari kecil menjadi besar.

Selain itu adapula berkembang biak alias reproduksi yang berguna untuk mendapat keturunan. Perkembangbiakan ini juga berguna untuk melestarikan jenisnya.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top