Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

3 Aug 2015

Contoh Hardware Komputer dan Fungsinya

Contoh hardware (perangkat keras) pada komputer dan fungsinya - Pada artikel yang sebelumnya, kita telah membahas mengenai dasar dari komponen komputer, yakni pengertian hardware, software dan brainware.

Untuk selanjutnya, di sini akan diberikan contoh lebih lengkap sebenarnya apa saja perangkat keras pada komputer itu?

Perangkat keras (hardware) di dalam komputer ini memiliki peran yang cukup penting. Tanpa perangkat keras, komputer tidak akan bisa untuk dijalankan oleh pengguna.

Dan sedikit mengulang kembali dari pengertian hardware itu sendiri, hardware merupakan komponen yang ada dan bersangkutan dengan komputer, dengan perangkat yang bisa dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik.

Contoh salah satu hardware, Harddisk

Banyak sekali contoh dari hardware, ada yang terletak di dalam casing CPU, dan adapula yang terletak di luar casing. Apa saja perangkatnya?

1. Motherboard (Perangkat Pemrosesan) : Biasa disingkat dengan kata "Mobo", merupakan papan utama tempat berbagai komponen elektronik bisa saling terhubung antar perangkat. Motherboard merupakan komponen utama dan penting dari sebuah komputer karena di dalamnya semua komponen komputer akan disatukan. Motherboard ini sebagai tempat lalu lintasnya data.

2. CPU/Central Processing Unit (Perangkat Pemrosesan) : Merupakan perangkat keras komputer berguna untuk melaksanakan perintah dan data yang diberikan oleh perangkat lunak

3. RAM/Random Access Memory (Perangkat Pemrosesan) : Merupakan penyimpanan komputer yang isinya bisa diakses dalam waktu yang tetap. RAM ini bisa ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (Read Only Memory), RAM biasanya memang digunakan sebagai penyimpan utama di dalam komputer untuk mengubah informasi dengan aktif.

4. VGA Card (Perangkat Pemrosesan): Atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kartu grafis berguna untuk penghubung pengiriman data grafis antar PC dan perangkat display. Seperti halnya proyektor, monitor dan lain-lain.

5. HDD (Harddisk Drive) : Merupakan komponen dari perangkat keras menyimpan data sekunder dan berisikan piringan magnetis. Data yang disimpan di dalam harddisk tidak akan hilang saat tidak diberikan tegangan listrik alias non volatile. Sesuai dengan perkembangan teknologi, kini harddisk dalam bentuk fisik menjadi semakin tipis nan kecil namun memiliki daya tampung yang lebih besar.

6. Power Supply : Suatu piranti elektronik yang berguna memberikan sumber daya kepada perangkat yang lainnya, seperti listrik. Dan secara garis besarnya, power supply dibagi menjadi 2 macam, yakni power supply yang tidak distabilkan maupun yang distabilkan.

7. Optical Disk Drive : Biasa dikenal dengan nama DVD Drive, CD Drive atau juga ODD. Fungsi dari perangkat keras ini bertugas membaca dan menyimpan data dari ataupun ke media cakram optik.

8. Mouse: Mouse ini berguna sebagai alat untuk memilah obyek di dalam layar, mengklik untuk memberikan perintah.

9. Keyboard : Keyboard merupakan perangkat keras yang berguna untuk memasukkan huruf, angka maupun karakter khusus lainnya didalam menjalankan perintah/tugasnya.

10. Scanner : Scanner berguna sebagai alat untuk memasukkan data berupa gambar maupun foto. Jika dilihat berdasarkan prinsip kerjanya, mirip dengan mesin fotocopy, akan tetapi hasil keluaran (output) akan disimpan ke dalam file.

11. Monitor: Berguna untuk menampilkan informasi grafis atau menayangkan video yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang biasa dinamakan dengan kartu grafis atau VGA Card.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top