Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

21 Aug 2015

Bentuk Muka Bumi & Aktivitas Penduduk Indonesia : Dataran Rendah

Bentuk Muka Bumi & Aktivitas Penduduk Indonesia : Dataran Rendah - Indonesia memang merupakan negara yang sangat beragam. Bahkan tidak hanya beragam, Indonesia juga salah satu negara yang kaya raya.

Hanya saja, dalam mengolah Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) kita sangatlah kurang untuk mengolahnya.

Dataran Rendah

Dataran rendah merupakan bagian dari permukaan bumi dengan letak ketinggian berkisar antara 0-200m di atas permukaan laut. Di daerah dataran rendah ini, aktivitas yang dominan adalah aktivitas permukiman dan pertanian.

Dataran Rendah

Di Pulau Jawa, penduduk memanfaatkan lahan dataran rendah untuk menanam padi, sehingga Pulau Jawa menjadi sentra penghasil padi terbesar di Indonesia. Ada beberapa alasan mengenai terjadinya aktivitas pertanian dan permukiman di daerah dataran rendah, seperti :
  1. Daerah dataran rendah penduduk dengan mudah melakukan pergerakan atau mobilitas dari 1 tempat ke tempat lain.
  2. Daerah dataran rendah banyak dijumpai oleh lahan yang subur karena biasanya berupa tanah hasil endapan yang subur/tanah alluvial.
  3. Dataran rendah berdekatan dengan pantai sehingga banyak penduduk yang bekerja menjadi nelayan.
  4. Dataran rendah merupakan daerah yang memudahkan penduduk untuk berhubungan dengan dunia luar melalui jalur laut.
Aktivitas pertanian yang terjadi di dataran rendah umumnya merupakan aktivitas pertanian lahan basah. Aktivitas pertanian lahan basah dilakukan di daerah yang sumber airnya tersedia untuk mengairi lahan pertanian. Lahan basah biasanya umum digunakan untuk tanaman padi atau biasa dikenal pertanian sawah.

Dataran rendah juga memiliki potensi bencana alam. Bencana alam yang berpotensi terjadi ialah banjir, tsunami dan gempa.

Banjir di dataran rendah terjadi dikarenakan aliran air sungai yang sudah tak mampu lagi ditampung oleh air sungai.

Pantai merupakan bagian dataran rendah yang berbatasan dengan laut. Di daerah pantai ancaman bencana yang mengancam ialah Tsunami. Selain tsunami, ada juga yang mengancam yakni gempa. Sebenarnya, tidak semua wilayah pantai di Indonesia memiliki potensi gempa.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top