Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

27 Aug 2015

Faktor Internal yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan


Ads

Ads
Faktor Internal yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan - Organisme yang tengah tumbuh maka ukurannya akan bertambah. Dengan bertambahnya ukuran suatu organisme yang tak bisa kembali ke ukuran semula itulah yang dinamakan dengan pertumbuhan. Sedangkan itu, tahapan perubahan selama masa pertumbuhan disebut dengan perkembangan.

Faktor Internal merupakan faktor yang timbul dari dalam tubuh yang mempengaruhi proses dan mekanisme pertumbuhan suatu organisme. Faktor internal terdiri atas Faktor Intrasel dan Faktor Intersel.

Faktor Internal yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

Faktor Intrasel atau Faktor Turunan (Hereditas)

Faktor intrasel memegang peranan yang penting dalam tiap fase perkembangan, terutama pada masa awal pertumbuhan. Setiap jenis makhluk hidup memiliki sifat yang khusus guna membedekan dari makhluk yang lainnya.

Sifat-sifat makhluk hidup sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa dan dibawa oleh substansi pembawa sifat yang biasa disebut dengan gen atau gene.

Gen ada di dalam kromosom. Suatu gen membawa sifat-sifat tertentu. Susunan gen yang ada di dalam kromosom menentukan sifat suatu organisme. Jumlah kromosom pada inti sel menentukan ciri jenis dari suatu organisme.

Salah satu sifat khusus dari gen merupakan kemampuannya untuk menggandakan diri sesuai dengan dirinya. Di dalam pembelahan sel, terjadi penggandaan kromosom beserta dengan susunan gennya sehingga terbentuklah sel anakan dengan susunan gen yang sama persis dengan induknya.

Maka dari itu, setiap organisme memiliki ciri-ciri jenisnya sendiri. Ciri-ciri itu akan diwariskan kepada keturunannya dalam perkembangbiakan.

Faktor Intersel (Hormon)

Hormon pertumbuhan memacu dan mengendalikan pertumbuhan tubuh dengan normal. Jika kekurangan hormon pertumbuhan maka akan menyebabkan terjadinya pertumbuhan yang terhambat dan menjadi kerdil, sedangkan jika kelebihan akan mengakibatkan tumbuh kembang menjadi raksasa.
  • Hormon Pertumbuhan pada Tumbuhan
Hormon di tumbuhan berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan. Tiap hormon berpengaruh terhadap bagian tubuh yang berbeda. Hormon yang hampir terdapat dalam semua tumbuhan adalah auksin dan giberelin.

Hormon ini penting dalam pembelahan sel, pertumbuhan kecambah dan pemanjangan batang. Di lain itu, adapula hormon yang lain meski tidak semua tumbuhan memilikinya, seperti sitokinin, etilen dan asam absisat.
  • Hormon Pertumbuhan pada Hewan
Hormon yang ada pada hewan memiliki fungsi untuk merangsang serta mengendalikan pertumbuhan hewan dengan normal. Seekor hewan mungkin tidak akan mencapai pertumbuhan normal jika terjadi kekurangan hormon pertumbuhan.

Beberapa hormon pertumbuhan pada hewan vertebrata antara lain seperti teroksin dan somatimedin. Sementara itu, pada hewan invertebrata hormon yang mempengaruhi metamorfosis dari fase larva ke fase dewasa antara lain adalah eksidon dan juvenile.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top