Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

14 Aug 2015

Hikmah dan Perilaku Amanah dalam Kehidupan Sehari-hari


Ads

Ads
Hikmah Perilaku Amanah dan Perilaku Amanah dalam Kehidupan Sehari-hari - Orang yang berbuat baik terhadap orang lain, sesungguhnya ia telah berbuat baik terhadap diri mereka sendiri. Begitu pula dengan sikap amanah, memiliki dampak yang positif bagi diri sendiri.

Hikmah Perilaku Amanah

  • Dipercayai oleh orang lain, ini bisa menjadi modal yang sangat berharga dalam menjalin suatu hubungan atau berinteraksi antar sesama manusia.
  • Mendapat simpati dari berbagai pihak, baik itu kawan maupun lawan.
  • Hidupnya akan sukses dan dimudahkan jalannya oleh Allah SWT.

Amanah (Bisa dipercaya)

Perilaku Amanah dalam Kehidupan Sehari-hari

Perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari bisa diwujudkan melalui berbagai kegiatan seperti :
  1. Menjaga titipan dan mengembalikannya dalam keadaan semula. Apabila kita dititipi sesuatu dari orang lain, misal barang berharga seperti emas, rumah ataupun barang lainnya, maka kita haruslah menjaga barang tersebut dengan sebaik mungkin. Pada saat barang titipan tersebut diambil kembali oleh pemiliknya, maka kita pun harus mengembalikannya seperti sedia kala.
  2. Menjaga rahasia. Apabila kita dipercayai oleh orang lain untuk menjaga rahasia, baik itu rahasia pribadi, keluarga, organisasi maupun rahasia negara maka kita wajib untuk menjaganya sehingga tidak bocor kepada orang lain.
  3. Tidak untuk menyalahgunakan jabatan. Jabatan merupakan amanah yang wajib untuk dijaga. Apabila kita diberikan jabatan dalam bentuk apapun, maka kita harus menjaga amanah tersebut. Segala bentuk penyalahgunaan jabatan untuk kepentingan pribadi, keluarga, maupun kelompok termasuk perbuatan apapun itu yang melanggar amanah.
  4. Memelihara semua nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT berupa umur, harta benda, ilmu, kesehatan dan lainnya. Semua nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada umat manusia merupakan bentuk amanah yang harus dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top