Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

19 Aug 2015

Identifikasi Negara Maju dan Berkembang


Ads

Ads
Identifikasi Negara Maju dan Berkembang - Negara maju adalah sebutan bagi negara yang menikmati standar hidup relatif tinggi dengan teknologi serta ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP perkapita tinggi dianggap sebagai negara maju.

Tetapi, beberapa negara yang telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (SDA) seperti halnya Nauru melalui pengambilan phosphorus, tanpa mengembangkan industri yang beragam dan ekonomi berdasar jasa tidak dianggap memiliki status negara yang maju.

Identifikasi Negara Maju dan Berkembang

Negara berkembang adalah negara dengan rata-rata pendapatan rendah, infrastruktur relatif terbelakang dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibanding dengan norma global. Istilah ini mulai menyingkirkan Dunia Ketiga, yang merupakan istilah digunakan pada masa perang dingin.

Keberhasilan pembangunan suatu negara bisa dijadikan acuan untuk menjadi penentu suatu negara sudah bisa dikatakan negara itu maju atau berkembang.

Negara yang telah berhasil dalam pembangunan biasa disebut dengan negara maju, sementara itu negara yang masih giat untuk melaksanakan pembangunan disebut dengan negara berkembang.

Untuk menentukan sejauh mana pembangunan suatu negara sudah berhasil ataukah belum, telah mendekati tujuan yang telah ditargetkan atau belum, maka digunakanlah acuan-acuan yakni berupa :
  1. Peningkatan pendapatan
  2. Penurunan masyarakat miskin
  3. Penurunan ketimpangan penerimaan pendapatan
  4. Penurunan kesenjangan hidup
  5. Penurunan kematian bayi
  6. Penurunan melek huruf
  7. Penurunan pertumbuhan penduduk

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top