Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

19 Aug 2015

Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi - Ilustrasi adalah gambar yang memperjelas ide dari cerita ataupun narasi. Tujuan dari gambar ilustrasi ini untuk memperkuat, memperjelas, memperindah, mempertegas dan memperkaya cerita maupun narasi.

Fungsi dari gambar ilustrasi ini bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan cerita. Gambar ilustrasi yang baik merupakan ilustrasi yang bisa merangsang serta membantu pembaca untuk berimajinasi tentang ceirta, ilustrasi memang sangat membantu mengembangkan imajinasi dalam memahami narasi.

Jenis-jenis Gambar Ilustrasi

Jenis-jenis Gambar Ilustrasi

A. Kartun
Bentuk kartun bisa berupa dengan tokoh manusia ataupun hewan yang berisikan cerita humor yang bersifat menghibur. Indonesia memiliki beberapa tokoh kartun seperti Petruk dan Gareng karya dari Tatang S. dan sebagainya.

Penampilan gambar kartun bisa dilihat dalam bentuk hitam putih atau berwarna.

B. Karikatur
Gambar karikatur menampilkan berbagai karakter yang dilebih-lebihkan, unik lucu, dan terkadang mengandung kritikan dan sindiran. Objek dari gambar karikatur bisa diambil dari tokoh manusia atau hewan.

C. Komik
Gambar ilustrasi dalam bentuk komik terdiri atas rangkaian gambar yang saling melengkapi dan memiliki alur cerita. Bentuk komik bisa berupa buku maupun lembaran gambar singkat (Comic Strip).

D. Ilustrasi Karya Sastra
Karya sastra berupa cerita pendek, puisi, sajak dan akan tampak lebih menarik minta orang untuk membaca apabila disertai dengan gambar ilustrasi. Fungsi gambar ilustrasi di sini memiliki tujuan untuk memberi penguatan dan mempertegas isi atau narasi di dalam materi.

E. Vignette
Sebagai pengisi dari sebuah cerita ataupun narasi, bisa disisipkan dengan gambar ilustrasi yang berupa vignette. Vignette merupakan gambar ilustrasi berbentuk dekoratif yang berfungsi sebagai pengisi bidang kosong dalam kertas narasi.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top